Sukses

7 Cara Menghitung Kata di Word dengan Mudah dan Cepat, Penulis Wajib Tahu

Cara menghitung kata di Word juga berguna untuk mengetahui berapa banyak kata di sebuah dokumen.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitung kata di Word penting diketahui oleh penulis. Hal ini untuk memudahkan anda dalam mengetahui tolak ukur kesesuaian artikel dengan standar panjang tulisan yang ditentukan, seperti ketika menulis esai atau laporan.

Cara menghitung kata di Word juga berguna untuk mengetahui berapa banyak kata di sebuah dokumen. Selain itu, menghitung kata juga dapat memberikan gambaran tentang berapa banyak informasi yang dapat disampaikan dalam sebuah artikel. 

Dengan mengetahui dan memahami cara menghitung kata di Word, maka anda akan lebih dipermudah dalam melakukan kegiatan menulis di Microsoft Word. Sebab dalam suatu kondisi, setiap dokumen tersebut memiliki ketentuan berupa batasan jumlah kata yang harus dicapai.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara menghitung kata di Word dengan mudah dan cepat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cara Menghitung Kata di Word dengan Mudah dan Cepat

Ada beberapa cara mudah dan cepat untuk menghitung kata di Word, antara lain sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, pastikan dokumen atau artikel yang ingin anda hitung katanya sudah terbuka, lalu klik tab 'Review'.
  2. Setelah itu, klik tombol opsi 'Word Count' di bagian 'Proofing'. Nantinya, kotak dialog penghitung kata muncul di layar dengan detail informasi jumlah halaman, kata, karakter tanpa dan dengan spasi, paragraf, dan informasi lainnya.
  3. Kemudian, artikel atau dokumen yang ingin anda ketahui jumlah katanya akan muncul dengan sendirinya di layar laptop maupun PC.

2. Cara Menghitung Kata di Word HP

Selain di laptop dan PC, Microsoft Word juga dapat dibuka melalui HP android maupun iPhone. Bagi anda yang ingin mengetahui jumlah kata pada artikel atau dokumen yang sedang anda tulis, dapat mengetahui langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka dokumen melalui Microsoft Word yang terdapat di HP.
  2. Kemudian, klik menu "Edit" pada logo huruf A dengan simbol pensil.
  3. Setelah itu, klik menu "Home" dan pilih opsi "Review" untuk me-review dokumen.
  4. Terakhir, pilih "Word Count" maka akan tampil jumlah kata, huruf, paragraf dan baris.
3 dari 4 halaman

3. Cara Menghitung Kata di Word Mac

Ada cara mudah untuk mengetahui jumlah kata artikel maupun dokumen yang sedang kamu tulis di Microsoft Word Mac, antara lain sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, aktifkan aplikasi Microsoft Word pada laptop Mac.
  2. Setelah itu, buka dokumen melalui tampilan Recent Document, atau klik "Open Other Document."
  3. Apabila dokumen sudah terbuka, klik "Tools" dan menu dropdown yang muncul, pilih Word Count.
  4. Terakhir, anda bisa lihat jumlah kata, karakter, paragraf dan baris yang ditampilkan.

4. Cara Menghitung Kata di Word Windows

Sama seperti cara menghitung jumlah kata pada Word Mac, bagi anda yang menggunakan Word Windows juga tidak jauh berbeda. Berikut ini langkah-langkah menghitung kata di Word Windows, yakni:

  1. Langkah pertama, buka dokumen Word yang ingin dilihat jumlah katanya.
  2. Kemudian pada toolbar atas, pilih menu "Review" maka terdapat beberapa pilihan me-review dokumen.
  3. Selanjutnya, klik "Word Count" di sub menu "Proofing" supaya menampilkan pop up jumlah kata.
  4. Terakhir, anda bisa lihat total keseluruhan jumlah kata, karakter, spasi, baris dan paragraf pada dokumen.

Perlu diingat bahwa cara menghitung kata di Word ini dapat digunakan pada semua versi Microsoft Word seperti Word 2007, 2010, 2013 dan 2016.

4 dari 4 halaman

5. Cara Menghitung Kata di Word Online

Cara menghitung kata di Word ini sebenarnya Microsoft Word dalam keadaan laptop online. Caranya yakni kamu hanya perlu melihat di bagian bawah kiri. Tertulis Word (jumlah keseluruhan kata), akan tetapi tidak sedetail ketika membuka menu "Review". Pada bagian halaman utama (Home) hanya terlihat total kata saja, tanpa jumlah karakter, baris dan paragraf. Tools ini sudah secara otomatis menghitung keseluruhan jumlah kata dalam artikel atau laporan yang sedang anda buat di Microsoft Word.

6. Cara Menghitung Kata di Word Mac dan Windows

Selain penjelasan di atas terkait cara menghitung kata di Word bagi pengguna Mac dan Windows, ada cara mudah dan sederhana untuk melihat jumlah kata dalam Word. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, anda perlu memblok sebagian tulisan atau paragraf yang ingin dilihat jumlah katanya.
  2. Setelah itu, buka tab Review untuk Windows, sedangkan Tools bagi pengguna Mac.
  3. Terakhir, anda bisa pilih opsi Word Count, lalu lihat pop up yang memperlihatkan jumlah keseluruhan kata, karakter, spasi, paragraf dan baris. Di situ akan ditulis secara jelas jumlah kata yang ingin anda lihat.

7. Cara Mengetahui Jumlah Kata di Word untuk Bagian Tertentu

Bagi anda yang ingin mengetahui jumlah kata tertentu dalam sebuah artikel ataupun laporan yang sedang anda tulis, bisa menggunakan cara berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah dengan menyorot kalimat, paragraf, atau bagian tertentu di dokumen Word yang akan dicek jumlah katanya sesuai dengan keinginan anda.
  2. Kemudian cek Word Count di sebelah kiri bilah status.
  3. Dengan begitu, jumlah kata untuk bagian tertentu yang telah diblok tersebut akan muncul di Word Count. Hal ini akan lebih memudahkan anda dalam melihat jumlah kata pada bagian tertentu dalam sebuah dokumen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.