Sukses

Viral di TikTok, Ilusi Optik Ini Ungkap Ketakutan Terbesar Dalam Hidup

Apa yang pertama kali kamu lihat?

Liputan6.com, Jakarta TikTok, sebagai platform media sosial yang semakin populer, tidak hanya menjadi tempat hiburan ringan, tetapi juga menjadi wadah bagi tren psikologis yang menarik. Salah satu tren terbaru adalah partisipasi dalam ilusi optik yang mengklaim dapat mengungkap ketakutan terbesar seseorang. 

Dalam video yang dibagikan oleh akun @psychologylove100, pengguna diminta untuk melihat gambar dan menentukan apa yang pertama kali mereka lihat. Menurut klaim video tersebut, apa yang dilihat pertama kali dapat memberikan wawasan mendalam tentang ketakutan dan kepribadian seseorang.

Untuk hasilnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum makna di baliknya dari berbagai sumber, pada Minggu (26/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Hewan Pengerat

Jika pengguna pertama kali melihat hewan pengerat, seperti yang dijelaskan dalam video TikTok, klaimnya adalah bahwa orang tersebut mungkin memiliki ketakutan terbesar terhadap hinaan dan cemoohan. Video menyatakan, "Rasa kasihan dan cemoohan adalah hal terburuk bagimu. Hal ini sering kali merampas kepercayaan diri dan nilai Anda sebagai manusia."

Menurut psikologislove100, orang yang melihat hewan pengerat mungkin memiliki kesulitan untuk meminta bantuan dan bergantung pada orang lain. Mereka cenderung mandiri, berkomitmen terhadap pengembangan diri, dan tidak ingin kehilangan kendali atas hidup mereka. Di tempat kerja, mereka biasanya yang mengambil tanggung jawab dan sangat berinvestasi dalam tugas-tugas yang diemban.

3 dari 3 halaman

2. Wajah

Sebaliknya, jika pengguna melihat wajah pertama kali, klaimnya adalah bahwa ketakutan terbesar mereka adalah kesepian. Video tersebut menyatakan, "Kamu harus dikelilingi oleh orang-orang yang kamu cintai. Tanpa mereka, Anda merasa tanah di bawah kaki Anda runtuh." Mereka mungkin memperlakukan orang lain sebagai semacam asuransi dan merasa nyaman jika memiliki orang yang dapat diandalkan saat dibutuhkan.

Pendapat dari komentar pengguna TikTok menunjukkan reaksi yang beragam, dengan beberapa menyatakan bahwa klaim tersebut sangat akurat bagi mereka, sementara yang lain mengaku melihat keduanya sekaligus.

 

Trend ilusi optik ini memberikan elemen hiburan sekaligus refleksi diri bagi pengguna TikTok. Meskipun tidak ada dasar ilmiah yang kuat untuk klaim bahwa gambar yang dilihat pertama kali dapat mengungkap ketakutan terbesar seseorang, tetapi fenomena ini menunjukkan ketertarikan manusia pada upaya memahami diri mereka sendiri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.