Sukses

HT adalah Alat Komunikasi Memanfaatkan Gelombang Radio, Ketahui Cara Menggunakannya

HT adalah singkatan dari Handy Talkie, yaitu alat komunikasi dua arah yang menggunakan sinyal radio.

Liputan6.com, Jakarta HT adalah istilah yang mungkin masih belum familier di telinga sebagian orang. HT adalah singkatan dari Handy Talkie, yaitu alat komunikasi dua arah yang menggunakan sinyal radio. Namun, saat ini juga sudah ada HT digital yang menggunakan jaringan internet.

Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal HT sebagai alat komunikasi sementara dalam suatu kegiatan. Bentuknya seperti ponsel, namun penggunaannya hanya dapat dilakukan dalam jarak yang terbatas, tidak seperti ponsel.

HT adalah istilah yang kerap juga disamakan dengan walkie talkie. Namun, ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Hal ini terkait dengan perizinan dan frekuensi yang digunakan. Walaupun begitu, keduanya memiliki prinsip yang sama sebagai radio dua arah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/11/2023) tentang HT adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

HT adalah

HT adalah singkatan dari Handy Talkie. HT adalah alat komunikasi dua arah yang menggunakan sinyal radio. Handy talkie atau HT adalah radio dua arah atau Two Way Radio yang dapat melakukan pembicaraan dua arah, namun pengirim pesan dan penerima tidak dapat berbicara pada saat yang bersamaan. HT adalah alat yang menggunakan teknologi PTT atau push-to-talk, di mana pengguna hanya perlu menekan tombol “bicara” untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna. 

Mengutip laman SMAN 1 Dolopo, HT adalah sebuah alat komunikasi yang bentuknya mirip dengan telepon genggam yang dapat mengomunikasikan dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio. HT adalah alat komunikasi yang sifatnya sementara karena salurannya dapat diganti-ganti setiap saat. Handy talkie digunakan untuk melakukan kedua fungsinya yaitu berbicara ataupun mendengar secara bergantian.

Handy talky atau HT adalah alat komunikasi yang dikenal dengan sebutan Two Ways Radio ataupun radio dua arah. Hal ini karena penggunaannya menggunakan sinyal radio dan penggunaannya terbatas hanya mengirim atau menerima dalam satu waktu. Oleh karena itu, dalam penggunaan HT mungkin kamu sering mendengarkan di akhir kalimat seseorang mengatakan “ganti” atau “over” agar penerima pesan tahu bahwa pemberi pesan telah menyelesaikan kalimatnya.

Kelemahan handy talkie atau HT adalah jarak jangkauannya yang terbatas dan bergantung pada kualitas pancaran sinyal dari antena pengirim atau penerima data. Walaupun begitu, HT adalah alat yang masih kerap digunakan oleh tim SAR, pencinta alam, kepanitiaan acara, satpam, pekerja lapangan, hingga TNI dan polisi karena lebih efektif digunakan dalam jarak tertentu dan berkat ketahanannya pada gangguan sinyal dan medan. Apalagi, saat sinyal ponsel tidak dapat menjangkau suatu daerah atau sinyal yang sedang terganggu.

Handy talkie atau HT adalah alat komunikasi yang memiliki range frekuensi lebih besar dan bebas dibandingkan dengan walkie talkie. Pada awalnya jarak yang dapat ditempuh oleh alat ini hanya sejauh 2 mil, belakangan ini handie talkie dapat mencakup hingga jarak 12 mil.

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan HT

Setelah mengenali pengertian HT adalah handy talkie ini, kamu tentunya perlu mengetahui cara menggunakannya. Penggunaan HT tentunya tidak boleh sembarangan dan banyak hal perlu diperhatikan. Masih melansir laman SMAN 1 Dolopo, berikut cara menggunakan HT yang baik dan benar:

  1. Atur jarak radio HT.
  2. Radio HT harus dalam posisi tegak.
  3. Tekan tombol PTT terlebih dahulu kurang lebih 2 detik, kemudian baru berbicara.
  4. Setelah selesai berbicara, segera lepas tombol PTT.
  5. Berkomunikasilah secara bergantian dan tertib.
  6. Dahulukan hal-hal yang dianggap sangat penting.
  7. Gunakan isyarat yang sudah disepakati untuk menjaga kerahasiaan identitas. Hindari menyebutkan nama, senioritas, atau jabatan saat berkomunikasi.
  8. Berbicaralah dengan jelas, padat, dan singkat. Hindari berbicara yang panjang lebar dan bertele-tele.
  9. Berbicaralah dengan irama yang baik dan dalam kecepatan yang sedang.
  10. Ulangi atau eja kata-kata yang dianggap meragukan agar tidak terjadi miskomunikasi.
  11. Lakukan panggilan maksimal sebanyak 3 kali.
4 dari 4 halaman

Perbedaan HT Konvensional dan HT Digital

Sekarang ini, sudah ada pula HT atau handy talkie digital. HT digital adalah software yang dapat digunakan pada smartphone kamu dan bekerja dengan memanfaatkan jaringan internet. Jadi, untuk menggunakannya, kamu perlu menginstal aplikasinya dan jaringan wifi atau koneksi seluler. Melansir Gamatechno, berikut perbedaan HT konvensional dengan HT Digital:

  1. HT konvensional menggunakan sinyal radio, sedangkan HT digital menggunakan jaringan internet.
  2. HT konvensional membutuhkan perizinan penggunaan frekuensi pada regulator, sedangkan HT digital tidak membutuhkan izin sehingga jarak jangkauan lebih luas.
  3. HT konvensional tidak memiliki fitur tracking, sedangkan HT digital berbasis GPS sehingga memberi kemudahan monitoring anggota seperti melihat koordinat tim secara real-time.
  4. HT konvensional kebocoran informasi bisa saja terjadi jika setiap pengguna masuk dalam frekuensi yang sama, sedangkan HT digital lebih terjamin karena untuk dapat bergabung dalam saluran percakapan saja pengguna harus mendapat persetujuan dari operator atau admin.
  5. HT konvensional harus menggunakan device terpisah, sedangkan HT digital cukup diinstall di smartphone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.