Sukses

VAR dalam Sepak Bola, Peran, dan Cara Kerjanya

VAR adalah singkatan dari Video Assistant Referee.

Liputan6.com, Jakarta VAR dalam sepak bola perlu diketahui, terutama oleh pencinta sepak bola. Pasalnya, teknologi VAR ini menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan hasil sebuah pertandingan sepak bola. VAR membantu wasit mengambil keputusan yang lebih akurat.

VAR dalam sepak bola berfungsi sebagai alat pendukung untuk wasit dalam menentukan keputusan. Penggunaan teknologi VAR ini memungkinkan seorang wasit yang memimpin sebuah pertandingan memberikan keputusan yang akurat, adil, dan mengurangi kesalahan manusia dalam mengambil keputusan.

VAR adalah singkatan dari Video Assistant Referee. Kemunculan VAR tentunya dilakukan untuk mengatasi kesalahan manusia dalam mengambil keputusan dalam pertandingan sepak bola, terutama pada permainan yang berjalan cepat.

Dunia sepak bola perlahan mulai melakukan inovasi dengan teknologi, hingga akhirnya muncul lah VAR ini. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (5/11/2023) tentang VAR dalam sepak bola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

VAR dalam Sepak Bola

VAR adalah singkatan dari Video Assistant Referee. Melansir laman resmi FIFA, VAR adalah alat pendukung untuk panitia membuat keputusan, dalam hal ini merujuk pada wasit. VAR adalah teknologi video yang digunakan untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan selama pertandingan sepak bola.

VAR adalah teknologi yang menggunakan kamera dan teknologi video untuk merekam dan memantau peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam lapangan. VAR akan menyajikan tampilan pertandingan dari berbagai sudut, hingga melakukannya dalam gerakan lambat. Wasit dapat menggunakan VAR untuk memeriksa keputusan terkait gol, penalti, kartu merah, dan peristiwa lainnya dalam pertandingan.

Jika wasit memiliki keraguan ketika mengambil keputusan, ia dapat meminta bantuan dari tim VAR yang terdiri dari wasit-wasit yang memantau permainan melalui layar video. VAR adalah teknologi yang melibatkan empat orang asisten wasit yang ditempatkan di ruang kontrol, meninjau kembali situasi yang dianggap kontroversial dan memberikan saran kepada wasit utama di lapangan tentang keputusan yang harus diambil. Pada akhirnya, keputusan akhir tetap ada di tangan wasit utama.

VAR hanya dapat digunakan setelah wasit utama membuat keputusan awal, artinya wasit tidak dapat tunduk pada VAR jika tidak membuat keputusan. Namun, VAR dapat digunakan untuk memeriksa apakah keputusan wasit untuk mengizinkan permainan dilanjutkan adalah benar.

Penggunaan video match officials (VMOs) dalam sepak bola terdapat dalam 2018/2019 edition of the Laws of the Game dan berhasil diterapkan pada FIFA World Cup 2018. Sejak saat itu, teknologi ini digunakan pada hampir semua kompetisi sepak bola teratas di Eropa.

3 dari 4 halaman

Cara Kerja VAR

Fungsi VAR sangat mirip dengan tayangan ulang instan di olahraga lain seperti bola basket. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa wasit membuat keputusan yang benar di atas lapangan. Tim VAR (Video Assistant Referee) turut membantu dalam keputusan penting wasit dalam pertandingan.

Setidaknya terdapat 4 kondisi yang bisa mengubah ditinjau dengan VAR, yaitu gol dan pelanggaran yang berujung pada gol, keputusan penalti dan pelanggaran yang berakibat pada keputusan penalti, insiden kartu merah (bukan kartu kuning atau peringatan), identitas yang keliru. Selama pertandingan, tim VAR selalu mengecek secara berkala seputar 4 kondisi tersebut. Tim VAR hanya berkomunikasi dengan wasit jika terlihat kesalahan jelas atau insiden serius yang terlewatkan. 

Cara kerja VAR yaitu, VAR dioperasikan oleh AVAR (assistant video assistant referee). AVAR mengawasi VAR, mencatat insiden yang perlu ditinjau, dan mengomunikasikan hasil tinjauan VAR kepada komentator dan staf terkait. VAR memantau setiap keputusan yang dibuat oleh wasit. Jika AVAR yakin ada sesuatu yang terlewatkan atau ada keputusan yang salah dibuat, dia akan mengomunikasikannya kepada wasit kepala melalui alat komunikasi mereka.

Setelah kesalahan teridentifikasi dan permainan dihentikan, ada tiga kemungkinan cara wasit kepala dalam menanganinya. Ada beberapa hal yang tidak memerlukan peninjauan, seperti offside atau handball, sehingga wasit cukup mengubah atau membatalkan keputusan tersebut. Keputusan lain, seperti disiplin atau beratnya pelanggaran tertentu, lebih subjektif dan mungkin mengharuskan wasit kepala untuk melihat kembali hal-hal tersebut melalui tinjauan di lapangan. Wasit kepala juga bisa mengabaikan keputusan VAR jika mereka merasa keputusan itu salah atau terlalu berat.

4 dari 4 halaman

Peran VAR dalam Sepak Bola

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, VAR diizinkan untuk meninjau empat jenis keputusan. Melansir Merdeka, hal-hal yang dapat ditinjau VAR yaitu sebagai berikut:

1. Keputusan gol

VAR dapat meninjau apakah sebuah gol benar-benar sah atau tidak. Ini akan meninjau keseluruhan permainan dan mencatat faktor apa pun yang mungkin membuat gol tersebut jadi tidak sah. Jika ada beberapa kejadian sebelum gol terjadi, maka wasit bisa menganulir gol tersebut, dan jika tidak maka akan tetap dihitung sebagai gol.

2. Keputusan penalti

Jika pelanggaran terjadi di dalam atau di sekitar kotak penalti, VAR diperbolehkan meninjau permainan untuk memverifikasi apakah penalti harus diberikan. Ini bukan hanya apakah pelanggaran dilakukan atau tidak, tetapi juga di mana potensi pelanggaran dilakukan, atau apakah bola keluar dari permainan sebelum pelanggaran dilakukan.

3. Keputusan memberi kartu merah langsung

Setiap kali seorang pemain menerima kartu merah secara langsung, permainan tersebut akan segera ditinjau. Keputusan dapat dibiarkan, atau pelanggaran dapat diturunkan menjadi kartu kuning atau pelanggaran biasa.

4. Keputusan identitas yang salah

Terkadang wasit menghukum atau mengeluarkan pemain yang salah karena terlalu banyak kekacauan di lapangan. Contoh yang bagus adalah jika ada perkelahian di antara para pemain hingga mengakibatkan sekelompok orang terlibat kekacauan. VAR meninjau keputusan tersebut untuk memastikan bahwa pemain yang tepat menerima tingkat disiplin yang tepat atas tindakan dan/atau keterlibatan mereka dalam permainan tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.