Sukses

3 Resep Es Laksamana Mengamuk, Minuman Segar dengan Asal-usul Menarik

Resep Es Laksamana Mengamuk cukup mudah untuk dibuat.

Liputan6.com, Jakarta Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman segar yang berasal dari Provinsi Riau. Minuman tradisional yang menggugah selera ini memiliki cita rasa khas, karena menggunakan buah kuweni (mangifera odorata) sebagai bahan utama. Buah ini dikenal juga dengan sebutan kueni atau kuini.

Es Laksamana Mengamuk biasanya disajikan pada acara perjamuan, berbuka puasa, serta perayaan hari besar lainnya di Riau. Minuman ini juga bisa kamu jumpai di berbagai rumah makan atau restoran khas Melayu.

Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman yang terbuat dari buah kuweni yang dipadu dengan legitnya santan dan gula merah.  Buah kuweni memiliki kandungan nutrisi berupa serat, vitamin A, hingga zat besi yang baik untuk kesehatan. Jadi, minum Es Laksamana Mengamuk tidak hanya menyegarkan tenggorokan, tapi juga baik untuk untuk menjaga kesehatan.

Resep Es Laksamana Mengamuk cukup mudah untuk dibuat. Kamu bisa membuat Es Laksamana Mengamuk di rumah dengan membeli kuweni dan berbagai bahan-bahan lainnya. Langkah-langkah pembuatannya juga tidak begitu sulit. Berikut Liputan6.com rangkum dari laman indonesia.go.id dan Merdeka, Rabu (1/11/2023) tentang Es Laksamana Mengamuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Asal-usul Es Laksamana Mengamuk

Sebelum mengenal resep Es Laksamana Mengamuk, kamu tentu tertarik mengenali asal-usul minuman segar ini. Apalagi, menilik namanya yang cukup unik. Konon, Es Laksamana Mengamuk lahir dari sebuah cerita tentang terjadinya konflik dalam keluarga. Dahulu seorang laksamana dikisahkan mengamuk di perkebunan kuweni. Perkebunan tersebut milik seorang tuan tanah.

Laksamana sampai mengamuk akibat istrinya dibawa lari pemilik kebun kuweni itu. Akhirnya sang laksamana menebaskan pedangnya ke seluruh penjuru, sampai puluhan buah kuweni hancur oleh kemarahannya. Usai Laksamana selesai meluapkan kemarahannya, orang di sekitar kebun tersebut mengambil buah kuweni yang telah tercincang dan terhampar di rumput.

Saat mengambilnya orang-orang tersebut jadi bingung, akan diapakan buah yang telah terpotong itu. Sampai kemudian ada seorang wanita yang mencampurkan potongan buah kuweni dengan santan serta gula merah. Maka, jadilah Es Laksamana Mengamuk dan langsung dinikmati seluruh kampung. Itulah asal-usul kenapa minuman yang berasal dari Riau ini dinamakan Es Laksamana Mengamuk.

3 dari 5 halaman

Resep Es Laksamana Mengamuk Sederhana

Resep Es Laksamana Mengamuk tidak sulit untuk dibuat. Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahan yang cukup mudah ditemukan sebelum mengikuti langkah-langkah resep Es Laksamana Mengamuk ini. Berikut resep Es Laksamana Mengamuk:

Bahan-bahan:

- Buah kuweni, bersihkan dan potong dadu

- Santan

- Gula pasir atau gula merah

- Daun pandan

- Es secukupnya

Cara membuat Es Laksamana Mengamuk:

1. Didihkan santan dan masukkan gula pasir/merah sesuai selera.

2. Tambahkan daun pandan untuk memberi aroma harum pada santan.

3. Diamkan santan supaya dingin.

4. Kemudian masukkan potongan kuweni ke dalamnya.

5. Bila suka dingin, tambahkan beberapa potongan es ke dalam gelas.

4 dari 5 halaman

Resep Es Laksamana Mengamuk Istimewa

Resep Es Laksamana Mengamuk yang istimewa juga bisa kamu praktikkan di rumah. Melansir Merdeka, berikut resep Es Laksamana Mengamuk Istimewa:

Bahan Isian:

- 2 buah mangga kweni matang

- 1 buah kelapa muda

- 1 sendok makan selasih es batu secukupnya

Sirup Vanili:

- 200 gram gula pasir

- 200 ml air 1/2 sendok teh vanili bubuk

Kuah Santan:

- 700 ml santan cair

- 1/2 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula

- 2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat Es Laksamana Mengamuk:

1. Kupas mangga kweni dan potong dadu, kemudian sisihkan terlebih dahulu. Keruk daging buah kelapa muda, lalu sisihkan.

2. Rendam selasih dengan air panas sampai mengembang, lalu tiriskan. Masak santan hingga hangat, kemudian masukkan pandan, garam, dan gula sambil diaduk-aduk agar tidak pecah.

3. Jika sudah panas, segera matikan api. Letakkan mangga, kelapa muda, selasih, dan es batu secukupnya. Tuang kuah, kemudian lanjutkan dengan sirup vanili.

4. Sajikan es laksamana mengamuk dalam keadaan dingin.

 

5 dari 5 halaman

Resep Es Laksamana Mengamuk Khas Riau

Resep Es Laksamana Mengamuk khas Riau bisa kamu buat dengan cukup mudah. Terkadang, orang-orang mengganti kuweni dengan mangga bila tidak bisa mendapatkan buah tersebut. Berikut resep Es Laksamana Mengamuk khas Riau:

Bahan-bahan:

- 2 buah kuweni matang, kupas potong dadu

- 1 sendok makan biji selasih, rendam air panas

- 400 ml santan

- Gula pasir sesuai selera

- 1 lembar daun pandan

- Es batu secukupnya

Cara membuat Es Laksamana Mengamuk:

1. Rebus santan, daun pandan, dan gula hingga larut.

2. Kemudian, matikan kompor dan dinginkan.

3. Setelah itu, tata es batu, kuweni, kemudian siram dengan kuah santan.

4. Tambahkan biji selasih.

5. Sajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.