Sukses

8 Cara Membasmi Kutu Busuk dengan Cepat dan Aman, Tanpa Efek Samping

Kutu busuk atau juga dikenal sebagai bedbugs merupakan serangga parasit yang termasuk dalam keluarga Cimicidae.

Liputan6.com, Jakarta Kutu busuk atau juga dikenal sebagai bedbugs merupakan serangga parasit yang termasuk dalam keluarga Cimicidae. Kutu busuk dikenal sebagai spesies yang meminum darah manusia dan hewan berdarah panas lainnya.

Kutu busuk suka tinggal di rumah dan sering menempati perabotan rumah tangga seperti kasur, sofa, dan bantal. Kutu ini dapat menggigit tanpa disadari oleh korbannya. Meski begitu, gigitan dari kutu busuk akan terasa setelah beberapa menit kemudian.

Kutu busuk akan menimbulkan bekas gigitannya yang berupa bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya. Hal ini membuat korbannya merasa terganggu dan tidak nyaman jika berbaring maupun duduk di tempat yang ada kutu busuknya. Untuk itu, banyak orang yang mencari cara untuk membasminya. Lantas bagaimana cara membasmi kutu busuk?

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara membasmi kutu busuk dengan cepat dan aman yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cari Tempat Bersembunyinya Kutu Busuk

Cara membasmi kutu busuk yang pertama adalah dengan mencari posisi kutu busuk bersembunyi di rumah anda. Tubuh kutu busuk yang kecil dan sempit memungkinkan mereka masuk ke titik-titik kecil, seperti lapisan kasur atau sofa dan lipatan tirai. Apabila kekusulitan, Anda bisa mengenali tanda-tanda kutu busuk dengan cara berikut:

  1. Kutu busuk berwarna kemerahan dan panjang sekitar 1/4 inci.
  2. Memiliki bintik hitam seukuran satu periode.
  3. Terdapat noda kemerahan pada kasur, sofa, atau tirai anda.
  4. Kutu busuk memiliki bau yang khas.
  5. Kutu busuk senang hidup berkelompok.

2. Jemur Kasur atau Sofa

Setelah anda menemukan titik atau posisi kutu busuk bersembunyi, anda bisa melakukan cara membasmi kutu busuk dengan menjemur kasur atau sofa atau tirai yang menjadi tempat persembunyiannya. Hal sederhana namun cukup berpengaruh pada kebersihan kasur maupun sofa. Jemur kasur, bantal, guling dan selimut maupun sofa di bawah sinar matahari langsung. Sebelum menjemur, sebaiknya pindahkan barang-barang yang ada di kamar agar debu dan kutu busuk tidak menyebar ke tempat lain saat proses penjemuran.

3. Taburkan Silika Gel

Selain cara membasmi kutu busuk di atas, ada cara lain yang bisa anda lakukan yakni dengan menaburkan silika gel. Silika gel bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kutu busuk. Pembasmi kutu ini digunakan dengan cara ditabur ke seluruh kamar, sofa, dan sebagian kasur. Maka, kutu akan menempel pada silica gel dan mati dengan sendirinya.

4. Menyedot dengan Penyedot Debu

Dikutip dari laman Health Line, Cara cepat dan mudah untuk menjebak kutu busuk adalah dengan penyedot debu. Jalankan penyedot debu ke semua tempat persembunyian yang memungkinkan, ini termasuk:

  1. Tempat tidur
  2. Meja rias
  3. Karpet
  4. Sofa
  5. Tirai

Tutup rapat isi yang telah disedot ke dalam kantong plastik dan buang. Kemudian bersihkan ruangan yang menjadi tempat persembunyian kutu busuk secara menyeluruh. Tutup semua linen dan pakaian yang terkena dampak dalam kantong plastik sampai Anda bisa mencucinya. Cuci bersih dengan menggunakan air panas dan detergen, agak kutu busuk benar-benar hilang.

3 dari 4 halaman

5. Gunakan Minyak Tanah dan Kapur Barus

Cara membasmi kutu busuk yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak tanah dan kapur barus. Campur minyak tanah dan kapur barus lalu semprotkan ke area-area yang menjadi sarang tungau, atau kutu busuk. Campuran ini dipercaya ampuh untuk membunuh kutu kasur dan sangat praktis karena bahannya mudah didapat. Setelah anda menyemprotkan cairan tersebut, pastikan semuana kering terlebih dahulu agar tidak terhirup oleh manusia.

6. Menggunakan Lilin

Cara membasmi kutu busuk yang berikutnya adalah dengan menggunakan lilin. Selain mudah di dapat, lilin dipercaya dapat mengusir kutu busuk dengan cepat dan mudah. Jika Anda memiliki lilin di rumah, bisa digunakan untuk menghilangkan kutu busuk. Cukup teteskan cairan lilin yang dibakar ke celah tempat kutu busuk berada. Untuk takarannya, bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan area tempat persembunyian kutu busuk. Cara alami ini dirasa cukup efektif untuk membasmi kutu busuk, hal ini karena cairan lilin memiliki suhu yang panas.

7. Menggunakan Kulit Durian

Setelah menikmati durian, maka jangan buang kulitnya. Kulit durian bisa digunakan untuk membasmi kutu busuk. Bau menyengat dari kulit durian bisa membantu menghilangkan tungau maupun kutu busuk yang mengganggu. Cara membasmi kutu busuk dengan menggunakan ukulit durian cukup sederhana yakni hanya tinggal meletakkan kulit durian di sarang kutu kasur tersebut.

8. Menggunakan Cuka

Cara membasmi kutu busuk yang lainnya adalah dengan menggunakan cuka. Cuka adalah salah satu bahan yang cukup multifungsi. Cukup semprotkan cuka ke tempat bersarang kutu busuk. Maka kutu busuk dan telurnya pun akan cepat mati. Untuk mendapatkan hasil yang cepat dan efektif, cuka tak perlu di campur dengan air untuk bahan yang satu ini. Cukup dengan pindahkan ke botol semprot saja, dan langsung digunakan untuk membasmi kutu busuk yang bersarang di sofa, kasur, bantal, maupun tirai.

4 dari 4 halaman

Cara Penyebaran Kutu Busuk dari Rumah ke Rumah

Kutu busuk tidak mempunyai sayap sehingga harus berjalan untuk bergerak sendiri. Artinya, dalam beberapa kasus, kutu busuk akan menyebar secara perlahan. Tapi mereka bisa bergerak di dalam dinding, melalui bukaan lantai dan langit-langit, dan di dalam pipa.

Namun sebagian besar kutu busuk menyebar dari satu tempat ke tempat lain ketika mereka menempel pada pakaian, seprai, atau furnitur orang, dan masuk ke dalam barangnya. Cara ini dipercaya akan memindahkan kutu busuk dari satu tempat ke tempat lain lebih cepat daripada kutu busuk dapat menempati area baru dengan sendirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.