Sukses

Logo Unismuh Makassar, Beserta Sejarah dan Visi Misinya

Mengadaptasi dari logo Muhammadiyah yang lebih dulu ada, logo Unismuh Makassar mewakili entitasnya sebagai bagian dari organisasi Islam ini.

Liputan6.com, Jakarta Logo Unismuh Makassar merupakan lambang dari perguruan tinggi swasta yang ada di bawah naungan organisasi Muhammadiyah. Universitas ini merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta yang didirikan berdasarkan kesepakatan pada Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan.

Mengadaptasi dari logo Muhammadiyah yang lebih dulu ada, logo Unismuh Makassar mewakili entitasnya sebagai bagian dari organisasi Islam ini. Bentuknya yang menyerupai matahari menjadi simbol organisasi yang membawa visi pencerahan, termasuk melalui jalur pendidikan. 

Muhammadiyah memang dikenal sebagai organisasi Islam yang sangat baik dalam mengelola berbagai lembaga pendidikan, mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Berikut ulasan tentang logo Unismuh Makassar beserta sejarah dan visi-misinya yang Liputan6.com rangkum dari laman unismuh.ac.id, Senin (9/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Berdirinya Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tanggal 19 Juni 1963. Lembaga pendidikan setingkat perguruan tinggi ini merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta yang telah lebih dulu didirikan pada November 18, 1955.

Unismuh Makassar didirikan berdasarkan hasil dari Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan dan Tenggara ke-21 di Kabupaten Bantaeng. Pendirian Unismuh Makassar didukung oleh Persyarikatan Muhammadiyah, sebuah organisasi yang berfokus pada pendidikan dan dakwah amar ma'ruf nahi munkar. 

Pada awal berdirinya, Unismuh Makassar membina dua fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Seni dengan jurusan Bahasa Indonesia, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan jurusan Pendidikan Umum (PU) dan Pendidikan Sosial (PS). Pada tahun yang sama, Unismuh Makassar telah mampu berdiri sendiri dan dipimpin oleh seorang rektor bernama Drs. H. Abdul Watif Masri.

Selanjutnya, Unismuh Makassar mengalami perkembangan yang signifikan dengan pembukaan berbagai fakultas baru, seperti Fakultas Ilmu Agama dan Dakwah, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sosial Politik, Fakultas Kesejahteraan Sosial, dan Akademi Pertanian pada tahun 1965. 

Tahun 1987, universitas ini membuka Fakultas Teknik, dan tahun 1994, Fakultas Pertanian dibuka. Pada tahun 2002, Unismuh Makassar memulai program pascasarjana, dan pada tahun 2008, Fakultas Kedokteran juga dibuka. Saat ini, Universitas Muhammadiyah Makassar telah memiliki 7 Fakultas dengan 34 Program Studi, serta Program Pascasarjana yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pada tahun 2003, Unismuh Makassar mengalami perubahan kepemimpinan dengan bergabungnya generasi muda dan generasi tua. Pimpinan dan seluruh civitas akademika Unismuh Makassar berkomitmen untuk memelihara hasil capaian para pendahulu, mencapai keunggulan dalam kompetisi yang semakin ketat, dan mewujudkan kemandirian dalam pengelolaan dan pengembangan diri.

Melalui komitmen ini, mereka berharap Universitas Muhammadiyah Makassar dapat menjadi Perguruan Tinggi Islam Terkemuka yang memiliki kontribusi besar bagi agama, bangsa, dan negara.

3 dari 4 halaman

Visi Universitas Muhammadiyah Makassar

Menjadi Perguruan Tinggi Islam Terkemuka, Unggul, Terpercaya, dan Mandiri pada Tahun 2024. Visi ini merupakan panduan untuk mengarahkan aktivitas dan pencapaian Unismuh Makassar hingga tahun 2024.

Melaui visi ini Unismuh Makassar mengidentifikasi dirinya sebagai bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dengan fokus pada dakwah dan amar ma'ruf nahi munkar dalam konteks pendidikan. Sebagai bagian dari Muhammadiyah, Unismuh Makassar berkomitmen menjaga citra Muhammadiyah, terutama di bidang pendidikan, sehingga masyarakat memandangnya sebagai pilihan utama.

Unismuh Makassar berusaha mencapai keunggulan dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam semua aspek ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam enam bidang utama, yaitu Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kemahasiswaan, Kelembagaan, dan Al Islam Kemuhammadiyahan. Keunggulan ini diupayakan agar dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Modal utama dalam perjalanan mencapai kemandirian adalah kepercayaan masyarakat dan keunggulan dalam berbagai aspek. Unismuh Makassar berkomitmen menjadi lembaga yang mampu mandiri dalam pengelolaan dan pengembangan diri/institusi, sambil berupaya meningkatkan kesejahteraan bagi semua stakeholders, termasuk civitas akademika, alumni, masyarakat, bangsa, dan negara.

Visi ini juga mencakup upaya meraih keunggulan dalam pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah (pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan diri), serta mewujudkan kemandirian dalam pengelolaan dan pengembangan diri, dengan tujuan akhir memberikan kesejahteraan kepada semua yang terlibat dalam Unismuh Makassar.

Misi Universitas Muhammadiyah Makassar

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
  2. Mengembangkan proses pembelajaran yang kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan.
  3. Menumbuhkembangkan penelitian yang inovatif, unggul, dan berdaya saing.
  4. Mengembangkan kewirausahaan berbasis kemitraan dan ukhuwah (persaudaraan).
  5. Meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan civitas akademika, alumni, dan masyarakat.
4 dari 4 halaman

Tujuan Universitas Muhammadiyah Makassar

Berdasarkan visi dan misi, tujuan Unismuh Makassar dirumuskan sebagai berikut.

  1. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, cakap, profesional, bertanggung jawab, dan mandiri.
  2. Meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran yang bermuara pada kualitas lulusan.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian.
  4. Terwujudnya unit-unit usaha yang berbasis ekonomi syariah.
  5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat untuk mencapai kesejahteraan.

Strategi dan Nilai Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar

Dalam mencapai visi, misi, dan tujuan tersebut, Unismuh Makassar mengadopsi strategi dasar dengan prinsip-prinsip berikut sebagai nilai dasar,

  1. Keikhlasan: Mengutamakan niat dan tindakan yang tulus dan ikhlas.
  2. Ukhuwah: Memelihara persaudaraan dan kerjasama yang kuat antara anggota civitas akademika.
  3. Amanah: Menjunjung tinggi integritas, kepercayaan, dan tanggung jawab dalam setiap tindakan.
  4. Orientasi Tujuan: Menyelaraskan semua aktivitas dengan tujuan pencapaian visi dan misi.
  5. Efektif dan Efisien: Melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan cara yang efektif dan efisien.
  6. Keterbukaan: Terbuka terhadap ide-ide baru dan masukan dari berbagai pihak.
  7. Konsisten: Konsisten dalam menjalankan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang telah ditetapkan.

Nilai-nilai ini menjadi landasan bagi Unismuh Makassar dalam mencapai visi dan misi mereka untuk menjadi Perguruan Tinggi Islam Terkemuka, Unggul, Terpercaya, dan Mandiri pada tahun 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.