Sukses

Jelaskan Arti Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir dalam Asmaul Husna

Arti Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir dalam Asmaul Husna tentunya harus dipahami oleh setiap umat Islam.

Liputan6.com, Jakarta Arti Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir dalam Asmaul Husna tentunya harus dipahami oleh setiap umat Islam. Asmaul Husna berjumlah 99 dan setiap nama Allah SWT ini memiliki makna tersendiri.

Asmaul Husna adalah nama-nama yang baik yang dimiliki Allah SWT yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Contoh Asmaul Husna di antaranya yaitu Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir, yang juga perlu kamu pahami penjelasannya.

Asmaul Husna perlu kamu pahami agar mendapatkan keutamaannya. Seperti yang terdapat dalam hadis Bukhari dan Muslim:

“Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa yang memahaminya akan masuk surga.” (HR Bukhari dan Muslim).

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/9/2023) tentang arti Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Al-Alim dalam Asmaul Husna

Jelaskan arti Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir bisa dimulai dengan mengenal Al-Alim terlebih dahulu. Arti Al-Alim adalah Allah Maha Mengetahui. Al-Alim artinya Allah SWT maha mengetahui segala sesuatu, baik sebelum atau sesudah sesuatu itu ada. Tiada sesuatu pun di langit dan di bumi yang tidak diketahui Allah SWT.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, arti Al-Alim menjelaskan bahwa Allah SWT maha mengetahui segala sesuatu, baik sebelum atau sesudah sesuatu itu ada. Al-Alim juga menjelaskan bahwa Allah SWT maha mengetahui apa pun yang terjadi di alam semesta, baik yang tampak ataupun yang gaib. Sebagai salah satu Asmaul Husna, arti Al-Alim sangat istimewa. Nama Al-Alim tercantum dalam Surat Saba’ ayat 26, Al Hijr ayat 86, dan Al Baqarah ayat 32.

3 dari 5 halaman

Arti Al-Khabir dalam Asmaul Husna

Jelaskan arti Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir berikutnya yaitu berkaitan dengan Al-Khabir. Arti Al-Khabir adalah Yang Maha Mengenal. Al-Khabir artinya Allah Maha Mengetahui segalanya, selalu memperhatikan, dan tidak ada yang luput dari pengawasan-Nya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, arti Al-Khabir berasal dari akar kata kh-b-r dalam bahasa Arab Klasik diartikan sebagai mengetahui, atau sadar makna sejati dari sesuatu hal, memahami kebenaran dari sesuatu hal, mengetahui rahasia bathin dari sesuatu untuk dibuktikan, dicoba oleh pengalaman (hasil dari pengetahuan bathin).

Jelaskan arti Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir, khususnya Al-Khabir bisa dimaknai bahwa Allah mengetahui segala keberanan, serta memiliki pengetahuan yang luas terhadap makna dan kualitas segala hal. Al-Kahbir yaitu Allah mengetahui dan mengerti rahasia yang paling tersembunyi. Allah SWT mengetahui semua kebenaran dalam setiap situasi. Jadi, arti Al-Khabir adalah zat yang Maha Mengetahui perkara yang tersembunyi.

4 dari 5 halaman

Arti As-Sami dalam Asmaul Husna

Jelaskan arti Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir berikutnya terkait As-Sami. Dalam Asmaul Husna, As-Sami artinya sebagai Yang Maha Mendengar. As-Sami juga dapat dimaknai sebagai mendengar, memperhatikan, dan memahami. As Sami mengacu pada kesempurnaan dan totalitas pendengaran Allah yang tidak dapat dibandingkan dengan apapun.

Pendengaran Allah meliputi semua suara yang ada di alam semesta ini, bahkan bisikan sekalipun. Allah dapat mendengar segala sesuatu di seluruh muka bumi ini, baik itu manusia, jin, hewan, tumbuhan, maupun suara air bergemericik di ujung sungai. Baik itu diucapkan secara lisan, berbisik, maupun yang masih terbesit di dalam hati dan pikiran.

Pendengaran Allah tidak terbatas dan sangat berbeda dengan pendengaran yang dimiliki manusia. Manusia mendengar memerlukan alat yakni telinga. Alat tersebut sangat terbatas kemampuannya, bila suaranya terlalu kecil atau keras, manusia tidak dapat mendengar, dan gendang telinganya pun bisa rusak kapan saja. Jelaskan arti Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir, khususnya As-Sami menyadarkan muslim bahwa Allah Maha Mendengar setiap doa hamba-Nya dan menjawabnya dengan mengabulkannya.

5 dari 5 halaman

Al-Basir Artinya Allah Maha Melihat

Jelaskan arti Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir selanjutnya yaitu tentang Al-Basir. Al-Basir artinya yaitu Yang Maha Melihat. Melansir dari laman resmi Al-Qur’an Indonesia, Al-Bashir artinya berasal dari akar kata b-s-r dalam bahasa Arab Klasik diartikan sebagai: melihat, menatap, memperhatikan agar paham, mengetahui memahami, berwawasan menjadi sadar sepenuhnya.

“Dia melihat semua hal sepanjang waktu. Dia memahami apa yang telah dan akan terjadi. Dia memiliki wawasan terhadap segala hal dan tidak pernah salah dalam berbagai detail. Penglihatan-Nya tidak terbatas hanya pada apa yang ada di luar tapi juga apa yang ada di dalam hati mahkluk-Nya,” seperti dijelaskan.

Hal ini juga dijelaskan dalam buku berjudul Rahasia Keajaiban Asmaul Husna oleh Syafi'ie el-Bantanie, Al-Bashir berasal dari kata “Bashara” yang berarti pengetahuan terhadap sesuatu. Kemudian Al-Bashir artinya berkembang menjadi melihat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwa Al-Bashir bisa kamu imani dengan memperhatikan kejadian dan peristiwa-peristiwa yang terjadi sebagai bahan renungan. Allah SWT melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil di langit dan bumi, bahkan seluruh alam semesta ini.

Jelaskan arti Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir ini tentu perlu kamu pahami. Apalagi kamu juga perlu memahami Asmaul Husna ini agar mendapatkan keutamaannya. Seperti yang terdapat dalam hadis Bukhari dan Muslim:

“Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa yang memahaminya akan masuk surga.” (HR Bukhari dan Muslim).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.