Sukses

Waxing Adalah Metode Menghilangkan Bulu di Kulit, Pahami Langkah yang Aman

Waxing adalah perawatan untuk menghilangkan bulu di tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Waxing adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Hal ini berkaitan dengan bulu yang tumbuh di berbagai bagian tubuh, yang perlu dirawat secara teratur. Kamu bisa melakukan perawatan dengan melakukan waxing atau mencukur bulu pada tubuh tersebut.

Waxing adalah perawatan untuk menghilangkan bulu di tubuh. Waxing ini disebut juga sebagai prosedur perawatan kulit, yang sedang digandrungi oleh para wanita. Perawatan menggunakan waxing ini membuat kulit terlihat lebih mulus dan bersih.

Waxing biasanya dilakukan pada kulit kaki, ketiak, lengan, dada, hingga di sekitar kemaluan yang disebut juga Brazilian waxing. Melakukan waxing secara mendiri di rumah bisa dilakukan, namun sebaiknya kamu perlu memahami langkah-langkah yang tepat agar menghindari kesalahan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (26/8/2023) tentang waxing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Serba Serbi Waxing

Waxing adalah prosedur perawatan tubuh yang membuat kulit terlihat lebih mulus dan bersih. Waxing adalah sebuah metode yang dilakukan dengan cara menarik menarik bulu-bulu pada tubuh hingga ke akarnya menggunakan lilin khusus, yang disebut wax. Tujuan waxing adalah untuk menghilangkan bulu di tubuh agar kulit terlihat lebih mulus dan bersih.

Terbukti, waxing adalah cara yang cukup efektif untuk menyingkirkan bulu-bulu tersebut dan membuat tubuh lebih mulus bebas bulu. Waxing biasanya dilakukan pada ketiak, kaki, lengan, sekitar dada, dan di sekitar kemaluan, yang disebut dengan Brazilian waxing. Waxing adalah metode yang bisa bertahan selama 3–4 minggu sampai nantinya rambut atau bulu mulai tumbuh kembali.

Waxing adalah perawatan yang biasanya dilakukan di klinik kecantikan. Namun, tidak jarang juga kamu menemukan orang-orang melakukannya secara mandiri di rumah. Namun, melakukan waxing adalah prosedur yang tidak sembarangan, kamu perlu memahami cara-caranya.

3 dari 5 halaman

Persiapan Sebelum Waxing

Waxing adalah metode cepat dan terjangkau untuk menghilangkan rambut tubuh, tetapi juga sedikit menyakitkan. Jadi, jika kamu berencana untuk wax sendiri di rumah untuk menghilangkan semua rambut yang tidak diinginkan pada tubuh, sangat penting untuk mengikuti instruksi dengan tepat untuk hasil terbaik. Pasalnya, melakukannya dengan sembarangan bisa berisiko menimbulkan efek samping yang merugikan bagi tubuh kamu.

Sebelum menerapkan cara waxing, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal, di antaranya yaitu melakukan eksfoliasi terlebih dahulu. Eksfoliasi penting untuk mempersiapkan kulit sebelum waxing. Cara terbaik untuk mengelupas kulit adalah dengan menggunakan scrub gula.

Kamu bisa membuat scrub gula sendiri dengan mencampurkan gula dan minyak zaitun. Oleskan scrub ke kulit dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air hangat. Selain itu, pastikan kamu juga memangkas atau mencukur area yang akan di-wax. Ini akan membantu wax menempel pada rambut lebih baik dan membuat prosesnya lebih halus.

 

4 dari 5 halaman

Cara Waxing yang Aman

Cara waxing tentunya perlu dilakukan dengan benar. Pasalnya, jika tidak hati-hati bisa menyebabkan iritasi kulit, rambut tumbuh ke dalam, bekas luka bakar, lecet dan efek buruk lainnya. Untuk menghindari efek samping tersebut dan membuat waxing  di rumah jauh lebih efisien dan tidak terlalu menyakitkan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Langkah 1: Pastikan kulit bersih dan kering sebelum mulai.
  2. Langkah 2: Oleskan wax dalam jumlah yang cukup ke kulit yaitu ke arah pertumbuhan rambut setelah mengeluarkannya dari pemanas wax setelah wax panas. Gunakan aplikator wax untuk mengaplikasikannya. Catatan: Oleskan lapisan tipis wax ke area yang akan kamu waxing.
  3. Langkah 3: Setelah mengoleskan wax, ambil strip wax dan gosokkan pada area tersebut sehingga wax akan menempel padanya.
  4. Langkah 4: Kemudian, lepaskan dengan cepat dari kulit kamu ke arah pertumbuhan rambut, sekaligus. Jangan terlalu menekan saat melepas strip wax.
  5. Langkah 5: Untuk menghilangkan rasa sakit, segera tekan telapak tangan kamu ke kulit yang di-wax. Catatan: Kamu juga bisa mengoleskan krim atau losion yang menenangkan ke area tersebut setelah waxing.

Di bagian tubuh lain yang ingin kamu waxing, ikuti langkah yang sama. Setelah selesai, gunakan kain hangat untuk menyeka tubuh (kemudian dengan kain dingin). Berikan waktu pada tubuh kamu untuk mengering. Ulangi proses ini setiap dua hingga empat minggu.

5 dari 5 halaman

Tips Melakukan Waxing

Kesalahan yang biasa dilakukan saat waxing harus kamu hindari. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar waxing yang kamu lakukan berhasil dengan baik, yaitu sebagai berikut:

  1. Jangan lewatkan exfoliation atau pembersihan kulit karena itu sangat penting untuk kulit kamu siap sebelum waxing.
  2. Jangan mengoleskan terlalu banyak wax, wax harus cukup tipis.
  3. Jangan mengupas wax sebelum benar-benar kering karena dapat menyebabkan iritasi kulit.
  4. Jangan wax area yang sama lebih dari sebulan sekali.
  5. Jangan buat wax terlalu panas. Sebelum mengaplikasikannya simpan di suhu ruangan.
  6. Waktu yang tidak diperbolehkan melakukan wax yaitu saat kamu mengalami sunburn atau iritasi kulit lainnya, saat sedang hamil atau menyusui, saat kamu memiliki luka terbuka, dan saat kamu sedang menstruasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.