Sukses

100 Kata-Kata Islami Menyentuh Hati dan Sarat Makna, Jadi Motivasi dan Pembelajaran Hidup

Kata-kata Islami menyentuh hati, sering kali mengandung makna spiritual.

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata Islami menyentuh hati tentu mengandung makna spiritual, keagamaan, dan nilai-nilai agama yang dapat menginspirasi, menguatkan iman, serta merangsang perasaan kedamaian dan ketenangan dalam hati seseorang. Kata-kata semacam ini memiliki kekuatan untuk meresap ke dalam jiwa, dan membawa perubahan positif dalam cara seseorang memandang dunia. 

Kata-kata Islami menyentuh hati juga membantu Anda sebagai pembaca untuk bisa menghadapi tantangan, dan berinteraksi dengan sesama makhluk Allah. Kata-kata ini kerap mengajarkan tentang tawakkal (bertawakal) kepada Allah, di mana sebagai hamba Allah mampu melepaskan kekhawatiran, dan meyakini bahwa rencana-Nya adalah yang terbaik.

Kata-kata Islami menyentuh hati memiliki daya tarik emosional dan spiritual, sehingga Anda bisa mengunggah di media sosial sebagai pengingat untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Bahakan setiap kalimatnya memiliki kaitan dengan ajaran agama Islam, nilai-nilai keimanan, dan panduan moral yang berasal dari Al-Qur'an, Hadis (ucapan dan tindakan Nabi Muhammad), serta tradisi-tradisi Islami.

Berikut ini kata-kata Islami menyentuh hati yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/8/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kata Cinta Islami Menyentuh Hati

1. "Jika kau mencintai seseorang, biarkan ia pergi. Kalau ia kembali, ia adalah milikmu. Bila tidak, ia memang tidak pernah jadi milikmu." - Khalil Gibran

2. "Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintainya, agar saat sedih tidak berlebihan."

3. "Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis tetapi orang yang terus istikamah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan."

4. "Tak pernah terlupa, selalu ku sebut namanya dalam setiap do'aku. Ya Allah jagalah hatinya hanya untukku, meski ada jarak yang memisahkan kita."

5. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya adalah cinta kepada sesama." - Nabi Muhammad SAW

6. "Cinta pada Allah sama seperti cahaya terang. Tanpanya, kamu bagaikan terombang-ambing di lautan kegelapan." - Ibnu Qayyim

7. "Temukan pasangan hidup yang bisa membimbingmu, bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat."

8. "Dalam diam, aku memperjuangkan cintamu dalam doaku."

9. "Lelaki yang baik tidak akan bermain-main dengan cinta, sebab dia tahu kata cinta menuntut tanggung jawab."

10. "Mencintai Allah adalah setinggi-tingginya cinta. Sempurnakan cintamu pada Allah sebelum engkau melabuhkan cintamu pada makhluk-Nya."

11. "Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis tetapi orang yang terus istikamah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan."

12. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu "padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. - QS. Al Baqarah ayat 216

13. "Tugasmu bukan sekadar mencari cinta, tapi mencari semua penghalang dalam diri yang kau bangun untuk melawannya."

14. "Kalau aku mencintai karena Allah, cintamu tak akan pernah mati."

15. "Seseorang di tanya apa itu cinta? Cinta itu di kala akhir hayat Rasulullah memohon ampun untuk meringankan rasa sakit sakaratul maut yang dirasakan umatnya."

16. "Seperti halnya kamu menginginkan untuk bisa melihat mutiara yang berharga maka kamu harus diam saat kamu tidak mengetahui tanpa mengucapkan sepatah kata yang tidak berarti."

17. "Memang benar cinta tidak akan membuat dunia berputar tetapi cinta yang berputar di dunia bisa membuat perjalanan di dunia sangat berharga."

18. "Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah."

19. "Belajarlah untuk memaafkan, dirimu yang pertama dan kemudian yang lain."

20. "Ayah adalah cinta pertama anak perempuannya."

21. "Hal terindah di dunia ini adalah ketika melihat kedua orangtua tersenyum dan mengetahui bahwa kamu adalah alasan di balik senyuman itu."

22. "Uang bisa dicari, ilmu bisa digali, tapi kesempatan untuk mengasihi orangtua takkan terulang kembali."

23. "Cinta seorang ibu itu menenangkan, cinta seorang ayah itu menguatkan."

24. "Walaupun kamu dapat memberikan bulan dan bintang , dunia dan seluruh isinya, namun itu semua belum cukup untuk membalas kasih sayang, cinta dan pengorbanan seorang ibu."

25. "Hal terindah ketika engkau jatuh cinta, akan tetapi lebih indah jika orang yang kau cintai menyadari cintamu."

 

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Islami Romantis juga Penggalan Bahasa Arab

1. "Saat aku kehilanganmu, maka aku tidak akan jauh-jauh mencarimu. Tapi cukuplah aku mencarimu di dalam lubuk hatiku yang engkau selalu berada di sana."

2. "Aku selalu menghawatirkanmu dari setiap kesedihan yang akan mencuri senyummu."

3. "Aku mencintaimu sepanjang waktu dalam hidupku."

4. "Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya." - Tariq Ramadan

5. "Fakartu an uhdika uyunie walaakin khiftu an asytaaq ilaiki falaa aroki." (Aku berpikir untuk menghadiahkan mataku untukmu, tapi aku takut jika aku merindukanmu. Aku tidak akan bisa melihatmu.)

6. "Arwa'ul qulub qolbuk, wa ajmalul kalaam himsuk, wa ahla maa fie hayaatie hubbuk." (Hati yang paling menakjubkan adalah hatimu, suara yang paling indah adalah bisikanmu, dan hal termanis dalam hidupku adalah mencintaimu.)

7. "Laukanatiln najma tatakalam, arsaltu ma'a kulli najmah kalimatun bihubbik." (Kalau saja bintang-bintang bisa bicara, maka aku akan kirimkan lewat semua bintang kata aku cinta kamu.)

8. "Minas sahl an tathruda jaisyul isti'mar min wathonika, walakin minas sho'b an tathrudal hubba ista'maro qolbaka." (Mengusir tentara penjajah dari negaramu itu perkara yang mudah, yang lebih sulit adalah mengusir cinta yang telah menjajah hatimu.)

9. "Aarif ayyatal farku baina shoutika wa shoutur rososoh? Ar rososotu ta'khudur ruh wa shotuka tui'edur ruh." (Tahukah kamu apa perbedaan suaramu dan suara senapan? Suara senapan mencabut nyawa sedangkan suaramu mengembalikan nyawa.)

10. "Yas'alunani limaadza uhibbuki. Aghbiyaa kaannahum yas'aluni limadza atanafas." (Orang-orang bertanya padaku kenapa aku mencintaimu. Sungguh mereka itu sangat bodoh, karena mereka seakan-akan bertanya padaku untuk apa aku bernapas.)

11. "Qolbie laa yaro illaa habieban lahu." (Hati ini tidak akan melirik selain pada kekasihnya.)

12. "Akhofu alaika min ayyi huznin yasriku ibtisamataka." (Aku selalu menghawatirkanmu dari setiap kesedihan yang akan mencuri senyummu.)

13. "Laa adri kam yabqo lie minal umri al muhim, annal umro kulluhu abqo ma'aka." (Aku tidak tahu sisa umurku, tapi yang penting aku bersamamu sepanjang umur.)

14. "Laa uriedu syaian minad dunnya, fa anaa asyuru annanie akhotztu nashibie minanl farahi hiena uhibbuki." (Aku tidak mau sesuatu dari dunia ini, karena aku sudah merasa mengambil semua jatah kebahagiaanku saat aku mencintaimu.)

15. "Jadilah yang terbaik di mata Allah, jadilah yang terburuk di mata diri sendiri, jadilah sederhana di antara manusia."

16. "Dan sesungguhnya DIA lah yang menjadikan orang tertawa dan menangis." - (QS. 53 : 43)

17. "Cinta itu antara menghalalkan dan meninggalkan karena tuhan, atau tetap bertahan dalam sebuah kemaksiatan."

18. "Terkadang hati dan lisan kita tidak sejalan. Lisan kita meminta yang terbaik, tetapi hati kita meminta yang kita inginkan."

19. "Temukanlah kedamaian dalam diri sendiri dan kamu akan menemukan hubungan sejati dengan orang lain."

20. "Bahkan dalam keadaan gelap, kebahagiaan akan bisa ditemukan. Asal, tidak pernah lupa untuk menyalakan lampu."

21. "Bersabaralah karena Allah SWT mencintai golongan orang-orang yang bersabar."

22. "Jangan terlalu bersedih karena pertolongan akan selalu datang bersama dengan kesabaran." - HR. Ahmad

23. "Jangan pernah menyerah ketika doa doamu belum terjawab karena untuk orang-orang yang bersabar, Allah SWT bahkan akan memberikan yang lebih."

24. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

25. "Allah selalu menjawab doamu dengan 3 cara. Pertama, langsung mengabulkannya. Kedua, menundanya. Ketiga, menggantinya dengan yang lebih baik untukmu."

 

 

 

4 dari 5 halaman

Kata Islami Bijak dan Sarat Makna

1. "Aku ingin cinta yang akan berkata: 'Bahkan kematian pun tidak akan memisahkan kita, karena kelak kita akan dipertemukan kembali di surga, Insyaallah."

2. "Berhentilah mencari orang yang sempurna, tetapi carilah orang yang juga bisa memperbaiki keturunanmu."

3. "Karena hidup itu sudah seperti mengendarai sepeda. Untuk tetap menjaga keseimbangan, kamu harus tetap bergerak." - Albert Einstein

4. "Karena hidup sungguh terlalu singkat untuk membiarkan orang lain ikut memutuskan apa yang membuat kita bahagia." - Ernest Prakasa

5. "Tidak peduli bagaimana kejam dan kerasnya kehidupan masa lalumu, kamu harus punya keyakinan untuk memulainya kembali."

6. "Perubahan memang memiliki awal yang berat, bisa kacau di pertengahan namun akan indah pada akhirnya."

7. "Kehidupan yang baik merupakan sebuah proses, bukanlah suatu keadaan yang bisa ada dengan sendirinya. Kehidupan adalah arah dan bukanlah tujuan."

8. "Karena kedamaian yang hilang disebabkan oleh lupa bahwa masih memiliki orang lain."

9. "Setiap orang lebih kuat dari yang mereka bayangkan hanya saja mereka tidak cukup memiliki keyakinan."

10. "Jika kamu merasa tidak bisa mengucapkan kata-kata yang baik, perkataan yang sopan dan juga tidak menyakiti hati maka pilihan terbaik adalah diam."

11. "Kunci kedamaian hidup sebenarnya sederhana ialah dengan menjalaninya, menikmatinya dan mensyukuri setiap perihal yang ada."

12. "Sebenarnya kehadiran jodoh itu sangat sederhana. Jika sampai saat ini jodohmu belum juga datang maka itu artinya kamu belum benar siap dan membutuhkannya."

13. "Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis tetapi orang yang terus istiqomah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan."

14. "Sa adhzillu uhibbuka wa in thoola intidhzor fa in lam takun qodri faqod kunta ikhtiyaari." (Aku akan selalu mencintaimu walaupun penantian itu begitu lama jika engkau memang bukan takdirku, maka aku bahagia telah memilihmu.)

15. "Uhibbuki fie kulli lahdzotin tamuuru fie hayati." (Aku mencintaimu sepanjang waktu dalam hidupku.)

16. "Laa uriedu siwa an akuuna Syaian jamielan fi hayatika yarsumu a'laa syafataika al ibtisamah kullamaa khotortu alaa baalika." (Aku tidak ingin kecuali menjadi sesuatu yang indah dalam hidupmu yang dapat melukiskan senyum di atas kedua bibirmu tatkala engkau mengingatku.)

17. "Laukaanal hubbu kalimat tuktabu lantahat aqlamie… walakinal hubbu riehun tahub." (Kalaulah cinta itu kata yang harus ditulis, niscaya penaku sudah habis. Tapi untunglah cinta itu adalah udara yang terus berembus.)

18. "Qad la akun rafiq maw iduk al-awwal, qublatuka al-ula, aw ubbuka al awwal, ulakinni uridu an akun al-ahir." (Aku mungkin bukan kekasih pertamamu, ciuman pertamamu, atau cinta pertamamu, tetapi aku ingin menjadi yang terakhir.)

19. "Lau jama'tu ayyaama umri min farohin maa tusaawie lahdzota min wakti ma'aki." (Kalaulah aku kumpulkan saat-saat gembira dalam hidupku, semuanya tidak akan dapat menyamai indahnya waktu yang aku habiskan denganmu.)

20. "Indama nuhibbu tartabitu masyairina bil khouf, nakhoful faqda, nakhoful firoq, wa nakhofu an Nashib aktsar." (Ketika kita mencintai, perasaan kita akan merasakan ketakutan, takut kehilangan, takut perpisahan dan takut berbagi.)

21. "Arwa'u maa qad yakuunu an tasy'ura bil hubbi, wa laakinnal ajmala an yasy'ura bika man tuhibbu." (Hal terindah memang ketika engkau jatuh cinta, akan tetapi lebih indah jika orang yang kau cintai menyadari cintamu.)

22. "Biqadri maa nuhibbu nuhabbu." (Sebagaimana kita mencintai, begitulah kita dicintai.)

23. "Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih." - HR. Bukhari

24. "Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan." - HR. Ibnu Majah

25. "Jangan berhenti berdoa untuk yang terbaik bagi orang yang kau cintai." - Ali bin Abi Thalib

 

5 dari 5 halaman

Kata Islami Cinta Pada Allah

1. "Setiap hari Allah memikirkanmu, setiap jam Dia menjagamu, setiap menit Dia peduli kepadamu, karena setiap saat Dia mencintaimu."

2. "Saat kita jatuh cinta kepada Allah, maka dunia berubah menjadi surga."

3. "Jika Allah saja mencintaimu lebih dari cinta seorang ibu, seharusnya kamu tidak merasa malu untuk menangis kepada-Nya seperti seorang bayi."

4. "Saat Allah mencintaimu, Dia akan meletakkan cintamu di hati seseorang yang cintanya layak untuk kamu miliki."

5. "Betapa beruntungnya mereka yang mencintai Allah. Mereka tidak akan pernah berpisah dengan kekasih mereka. "

6. "Kamu mungkin telah kehilangan semua yang kamu miliki, kamu mungkin kehilangan orang yang kamu cintai, tapi selama kamu masih memiliki Allah, maka kamu masih memiliki semua yang kamu butuhkan."

7. "Cinta bisa berlangsung seumur hidup bagi sebagian orang, tapi cinta kepada Allah dan demi Allah akan bertahan kekal selamanya."

8. "Cinta adalah selalu terhubung kepada Allah di mana saja kamu berada."

9. "Ketika cinta dilandasi niat karena Allah, maka cinta itu tidak akan pernah sirna."

10. "Saat kamu jatuh cinta kepada Allah, maka semua kesulitan hidup akan menjadi mudah."

11. "Satu-satunya hubungan yang dijamin tidak akan membuatmu tersakiti adalah hubungan yang terjalin antara kamu dan Allah."

12. "Jadikan Allah yang pertama, maka kamu tidak akan menjadi yang terakhir."

13. "Jika kamu menginginkan agar Allah tetap gigih dalam memberikan hal yang kamu cintai, maka kamu juga harus gigih dalam melakukan hal-hal yang Dia cintai. "

14. "Hati itu seperti cangkir, makin banyak kamu isi dengan kecintaan kepada Allah, maka akan makin sedikit pula ruang yang tersisa untuk kecintaan terhadap dunia."

15. "Biarlah kematian menjumpaimu dalam kondisi cinta kepada Allah."

16. "Biarkan cinta Allah menyembuhkanmu dan membebaskanmu."

17. "Hanya karena kamu tidak bisa melihat udara, bukan berarti kamu berhenti bernapas. Hanya karena kamu tidak bisa melihat Allah, bukan berarti kamu berhenti percaya."

18. "Saat kita jatuh cinta pada seseorang, kita tidak bisa berhenti memikirkannya. Kita semua mengaku cinta kepada Allah, tapi seberapa sering kita mengingat-Nya."

19. "Jangan berharap pada orang lain. Gantungkan harapanmu hanya kepada Allah. Apa yang layak kamu miliki akan datang dari Allah."

20. "Raihlah cinta Allah, maka seluruh dunia akan tampak tidak penting dibandingkan dengan apa yang kamu miliki."

21. "Rahasia kebahagiaan itu ada dalam 3 hal: Bersabar, Bersyukur dan ikhlas."

22. "Dunia hanyalah tempat persinggahan, sedangkan yang abadi ialah hidup setelah kematian."

23. "Hidup kadang-kadang tak seindah yang diinginkan, tetapi janji Allah adalah pasti."

24. "Doa harusnya menjadi pembuka di pagi hari dan menjadi penutup di waktu malam hari."

25. "Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita menyesali apa yang belum kita capai."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.