Sukses

Sedekah adalah Salah Satu Amalan Baik yang Mendatangkan Pahala, Ini Keutamaannya

Sedekah adalah amalan yang tidak harus berupa pemberian harta kepada orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Sedekah adalah salah satu perbuatan yang dianjurkan untuk dilakukan dalam ajaran Islam. Berbeda dengan zakat, sedekah tidak terikat pada aturan besaran harta yang harus dikeluarkan maupun waktu pelaksanaannya. Seorang muslim diberi kebebasan bersedekah sesuai kemampuannya masing-masing. Orang yang meneruma sedekah juga tidak diatur seperti panarima zakat.

Meski begitu sedekah juga dapat mendatangkan pahala serta menghapus dosa. Sedekah adalah amalan yang tidak harus berupa pemberian harta kepada orang lain. Sedekah dapat dilakukan dengan menolong orang lain dengan tenaga dan pikirannya, tersenyum pada orang yang ditemui, serta membagikan ilmu yang dimiliki.

Sedekah adalah kata serapan dari bahasa Arab yang cukup familiar dalam masyarakat Indonesia. Mayoritas masyarakatnya yang beragama muslim, membuat kata-kata serapan dari bahasa Arab banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kata sedekah kemudian dipakai secara umum yang merujuk pada tindakan memberikan sesuatu kepada orang lain tanpa mengharap imbalan. 

Berikut ulasan tentang sedekah adalah salah satu amalan baik yang mendatangkan pahala, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (15/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Sedekah

Kamus Besar Bahasa Indonesia memaknai sedekah sebagai pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi. Dengan kata lain sedekah adalah tindakan yang tidak dibatasi oleh waktu atau jumlah tertentu. 

Sedekah berbeda dengan zakat yang terikat pada aturan-aturan jumlah, waktu pelaksanaan dan penerima yang ditetapkan Allah SWT. Meski begitu, sedekah dinilai lebih utama jika diberikan pada hari-hari yang dianggap mulia, seperti hari raya Idul Adha atau Idul Fitri, dan di tempat-tempat suci seperti Mekkah dan Madinah.

Sedekah dilakukan dengan mengharap ridha Allah SWT dan pahala semata. Sedekah dapat dilakukan dengan memberikan bantuan atau pertolongan dalam berbagai bentuk kepada mereka yang membutuhkan, tanpa memandang batasan waktu atau jumlah yang harus diberikan.

Secara etimologi, kata sedekah adalah serapan dari bahasa Arab "ash-shadaqah" yang berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”. Secara terminologi, sedekah adalah memberikan sesuatu tanpa mengharapkan imbalan, semata-mata karena mengharap pahala dari Allah SWT. dalam peraturan BAZNAS No.2 tahun 2016, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Dapat dikatakan, sedekah adalah bentuk pemberian harta atau manfaat kepada yang membutuhkan. Tindakan ini dijalankan dengan niat tulus dan sukarela, dengan tujuan utama mencari ridha Allah SWT dan pahala. Dalam ajaran Islam, sedekah dianggap sebagai amal baik yang sangat dianjurkan, yang tidak hanya mencakup pemberian dalam bentuk materi, tetapi juga bisa berupa berbagai bentuk manfaat lain yang bisa membantu sesama.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Sedekah

Sebagai amalan yang dicintai oelh Allah, Sedekah juga beberapa kali disebutkan dalam Al-Quran, salah satunya dalam QS Al-Baqarah ayat 271 yang menjelaskan cara paling utama bersedekah dan keutamaannya nya.

اِنْ تُبْدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِيَۚ وَاِنْ تُخْفُوْهَا وَتُؤْتُوْهَا الْفُقَرَاۤءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِّنْ سَيِّاٰتِكُمْ ۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Baqarah: 271).

Manfaat bersedekah lainnya juga dijelaskan dalam QS. Yusuf ayat 88,

فَلَمَّا دَخَلُوا۟ عَلَيْهِ قَالُوا۟ يَٰٓأَيُّهَا ٱلْعَزِيزُ مَسَّنَا وَأَهْلَنَا ٱلضُّرُّ وَجِئْنَا بِبِضَٰعَةٍ مُّزْجَىٰةٍ فَأَوْفِ لَنَا ٱلْكَيْلَ وَتَصَدَّقْ عَلَيْنَآ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ يَجْزِى ٱلْمُتَصَدِّقِينَ

Artinya: Maka ketika mereka masuk ke (tempat) Yusuf, mereka berkata: "Hai Al Aziz, kami dan keluarga kami telah ditimpa kesengsaraan dan kami datang membawa barang-barang yang tak berharga, maka sempurnakanlah sukatan untuk kami, dan bersedekahlah kepada kami, sesungguhnya Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bersedekah." (QS. Yusuf: 88)

Berikut keutamaan sedekah yang dilansir dari laman baznas.go.id,

1. Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Dalam salah satu riwayat hadits Rasulullah bersapda, “Sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda untuk mengingatkan kita dalam sebuah riwayat Muslim, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).

Meskipun tampak bahwa harta fisik berkurang saat seseorang memberikan sedekah, Allah SWT menjanjikan bahwa harta tersebut akan digantikan dan diberkahi-Nya. Dalam ayat dari surat Saba'  ayat 39, 

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗوَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚوَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Artinya: Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik. (QS. Saba:39).

2. Sedekah Menghapus Dosa

Sedekah memiliki keistimewaan khusus dalam menghapus dosa-dosa seseorang. Dalam kehidupan sebagai makhluk yang tak luput dari dosa, sedekah adalah salah satu cara yang Allah SWT berikan kepada umat Islam untuk bertaubat dan meraih penghapusan dosa. Rasulullah SAW pernah bersabda “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi). 

3. Sedekah Melipatgandakan Pahala

Sedekah bukan hanya memberikan manfaat kepada penerima, tetapi juga membuka peluang bagi pelakunya untuk memperoleh pahala yang melimpah. Allah SWT memberikan pahala berlipat ganda kepada mereka yang bersedekah. Dalam surat Al-Hadid ayat 18 Allah berfirman, 

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia. (QS Al-Hadid:18).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.