Sukses

14 Manfaat Daun Jinten bagi Kesehatan Tubuh, Obati Demam hingga Diabetes

Daun jinten dipercaya sebagai obat herbal yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Daun jinten merupakan salah satu obat tradisional yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Daun yang memiliki nama latin Plectranthus amboinicus tumbuh subuh di tanah Nusantara, dan dapat ditemukan di daerah dataran rendah.

Daun jinten memiliki batang yang beruas dan mempunyai daun tunggal, berdaging, berbentuk bulat seperti telur serta tulang daunnya menyirip. Masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan daun jinten sebagai bumbu masakan.

Bukan hanya lezat digunakan sebagai bahan masakan, daun jinten juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat daun jinten bagi kesehatan dapat menyembuhkan sakit demam hingga diabetes.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat daun jinten bagi kesehatan tubuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (12/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mencegah Kanker

Manfaat daun jinten yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Dari sebuah penelitian juga terbukti bahwa daun jinten sangat efektif digunakan sebagai solusi penyakit kanker payudara. Hal ini karena di dalam daun jinten terdapat kandungan antioksidan, asam omega 6, gamma linoleat dan beberapa zat lain dalam daun herbal sangat efektif dalam menghambat penyebaran sel kanker payudara, bahkan mengatasi gejala awal kanker prostat.

2. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Manfaat daun jinten yang berikutnya adalah mengurangi stres dan kecemasan. Daun jinten mengandung senyawa organik serta mineral, sehingga di beberapa negara menggunakan daun ini dijadikan sebagai teh untuk menurunkan tingkat kecemasan dan stres yang tinggi karena dapat memberikan ketenangan pikiran, relaksasi dan juga membuat tidur lebih nyenyak.

3. Mengobati Demam

Manfaat daun jinten yang berikutnya untuk mengobati demam. Saat sedang mengalami pilek, gejala yang paling sering dialami penderita adalah demam. Kandungan pada daun jinten sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat merangsang keringat dan juga mempercepat proses pemulihan penyebab demam.

4. Mengobati Gangguan Pencernaan

Manfaat daun jinten yang selanjutnya adalah dapat mengobati gangguan pencernaan. Tanaman ini mampu meningkatkan aktivitas protein pencernaan. Maka dari itu, ia membantu mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar.

3 dari 5 halaman

5. Mengobati Diabetes

Beberapa komponen dalam daun jinten telah menjanjikan untuk dapat membantu mengobati diabetes. Satu studi klinis menunjukkan suplemen jinten pekat memperbaiki indikator awal diabetes pada individu yang kelebihan berat badan, dibandingkan dengan plasebo. Daun jinten juga mengandung komponen yang melawan beberapa efek jangka panjang penyakit diabetes.

6. Meningkatkan Kolesterol Darah

Manfaat daun jinten untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kolesterol darah. Dalam sebuah penelitian, 75 mg daun jinten yang diminum dua kali sehari selama delapan minggu bisa menurunkan trigliserida darah yang tidak sehat.

7. Membantu Mengurangi Lemak dalam Tubuh

Suplemen daun jinten pekat telah membantu menurunkan berat badan dalam beberapa studi klinis. Dikutip dari laman Healthline, satu studi terhadap 88 wanita yang kelebihan berat badan menemukan bahwa yogurt yang mengandung 3 gram jinten dapat menurunkan berat badan, dibandingkan dengan yogurt tanpa menggunakan daun jinten.

8. Mencegah Sariawan

Mengunyah daun jinten secara teratur setiap hari juga diketahui sangat baik untuk menyembuhkan sariawan dan juga beberapa jenis infeksi mulut lainnya, seperti bibir kering dan pecah, sakit gigi, radang gusi dan berbagai gangguan mulut lainnya.

4 dari 5 halaman

9. Menyembuhkan Gangguan Pernapasan

Manfaat daun jinten bagi kesehatan yang selanjutnya untuk menyembuhkan gangguan pernapasan. Seperti batuk, pilek, radang tenggorokan, sinus, dan hidung mampet merupakan beberapa gangguan pernapasan yang bisa diatasi dengan mengunyah atau menyeduh daun jinten.

Senyawa yang terkandung di dalam daun ini sangat bermanfaat sebagai ekspektoran yang ampuh untuk mengeluarkan lendir dan dahak sekaligus membersihkan sinus, mencegah bakteri, dan patogen yang berkembang di dalam saluran.

10. Mencegah Mimisan dan Pendarahan

Masyarakat sering memanfaatkan daun jinten ini untuk menghentikan pendarahan pada luka terbuka seperti mimisan. Cara menggunakan daun ini untuk mimisan adalah dengan dilumatkan dan disebarkan pada luka yang sudah dibersihkan. Atau bisa juga diminum sebagai rebusan daun jinten yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

11. Menyembuhkan Rematik

Daun jinten bermanfaat untuk penyembuhan rematik. Untuk menyembuhkan rematik sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan, Anda bisa menghaluskan 5 lembar daun jinten yang di campur dengan jeruk nipis secukupnya. Minumlah obat herbal tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5 dari 5 halaman

12. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat daun jinten untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengatasi perut kembung. Kondisi ini jika terjadi secara terus menerus akan menganggu aktivitas sehari-hari, untuk itu anda bisa meredakan dengan mencoba mengonsumsi daun jinten. Caranya yakni merebus sebagian daun jinten dengan segelas air hingga tersisa setengah gelas. Kemudian disaring dan diminum selagi masih hangat.

13. Mengatasi Sindrom Usus

Manfaat daun jinten untuk kesehatan tubuh yang lainnya adalah mengatasi sindrom usus. Daun jinten ini sering digunakan sebagai obat herbal menyembuhkan masuk angin sekaligus mengurangi sindrom iritasi usus besar dengan cara meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya peradangan di area perut. Cara mengonsumsinya yakni dengan menjadikannya teh.

14. Menangkal Radikal Bebas

Daun jinten memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan, sehingga bagus untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Penumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan liver, penuaan dini dan lain sebagainya dapat teratasi dengan  mengonsumsi daun jinten secara rutin karena kemampuannya mengeluarkan racun dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.