Sukses

Komika Asal Pontianak Ini Buka Jasa Dengar Curhatan, Tarifnya Mulai Rp 50 Ribu

Tommy membuka usaha jasa dengar curhat.

Liputan6.com, Jakarta Curhat menjadi salah satu upaya meredakan emosi, mengungkapkan perasaan, atau mencari dukungan dari orang lain. Curhat sering kali dilakukan ketika seseorang merasa terbebani dengan masalah, stres, atau kesulitan dalam hidup mereka. Sayangnya, menemukan seorang pendengar yang baik bukanlah hal mudah untuk dilakukan.

Melihat hal tersebut sebagai suatu peluang, Tommy Utama, seorang Komika asal Pontianak membuat jasa mendengarkan curhat dengan tarif cukup terjangkau. Ide ini bermula saat ia membuka sesi tanya jawab di akun Instagram pribadinya. Alih-alih mendapat pertanyaan, Tommy malah mendapati para follower curhat kepadanya.

Tommy pun membuka usaha jasa dengar curhat yang dapat diakses dengan menghubungi akun Instagram @panaskuping. Berikut kisah Tommy Utama yang merintis usaha dengar curhat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tarif Mulai 50 Ribu Sampai 200 Ribu Rupiah

"Saya jadi tong sampahnya mereka. Pelan-pelan jadi makin melebar, mulai banyak yang tidak saya kenal ngajak buat bertemu dan bercerita," ungkap Tommy yang dilansir dari laman Merdeka.com.

Membuat jasa dengar curhat menjadi usaha profesional adalah upaya Tommy agar orang-orang tidak salah mempersepsikan apa yang dilakukan. Pria asal Pontianak ini mematok tarif mulai dari 50.000 rupiah hingga 200.000 rupiah. Sepuluh persen dari tarif yang dibayarkan akan dialokasikan untuk disumbangkan.

Dalam satu sesi, Tommy bersedia mendengarkan curhatan maksimal 2 jam. Pada tiap sesi pria berusia 33 tahun ini hanya bertindak sebagai pendengar, sehingga ia tidak akan memberikan solusi penyelesaian atas cerita mereka. Tommy pun menjamin cerita para kliennya.

 "Sejauh ini saya lakukan bertemu (dengan klien) harganya Rp50.000 sampai Rp200.000, karena memang awalnya untuk area Pontianak. Baru berbayar juga beberapa pekan terakhir ini," terang Tommy.

3 dari 3 halaman

Belum Berencana Buka di Luar Pontianak

Melalui bisnis jasa dengar curhat, Tommy bisa menghasilkan uang hingga 300.000 rupiah per hari dengan mendengarkan curhatan dari 2 atau 3 klien. 

"Biasanya, dalam sehari ada dua hingga tiga orang, tidak lebih dari itu," tambahnya.Tommy belum berencana untuk membuka jasa mendengar curhat di luar Pontianak. Dia hanya menerima pelanggan yang tinggal dekat dengan tempat tinggalnya.Sebelum terjun ke bisnis ini, Tommy adalah seorang pelawak tunggal di daerahnya dan seorang penulis buku dengan latar belakang pendidikan dari Universitas Tanjungpura Pontianak, jurusan Farmasi.

Bagi yang tertarik menjadi pelanggan Tommy, dapat mendaftar melalui DM di Instagram dengan mengikuti cara dan ketentuan berikut.

  1. Reservasi melalui direct message (DM) Instagram @panaskuping.
  2. Satu sesi hanya berlangsung maksimal 2 jam.
  3. Hanya boleh dilakukan di tempat umum dan terbuka.
  4. Melakukan transfer pembayaran saat melakukan Reservasi.
  5. Tarif Rp 50.000 - Rp 200.000/ sesi (bebas pilih dan 10 persen akan didonasikan).
  6. Uang yang sudah ditransfer tidak bisa dikembalikan jika terjadi pembatalan sepihak.
  7. Panaskuping hanya jasa curhat, jangan menuntut penyelesaian masalah, sengketa dan keributan lain.
  8. Dilarang membawa senjata tajam dan tumpul, karena kita hanya akan saling berbicara jadi tidak perlu membawa alat peraga.
  9. Hal-hal yang bersifat pribadi akan tetap pribadi. Rahasia cerita terjaga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.