Sukses

Doa Al Waqiah untuk Rezeki, Berikut Waktu Terbaik Mengamalkannya

Doa Al Waqiah untuk rezeki biasanya dibaca setelah selesai membaca seluruh ayat surat ini.

Liputan6.com, Jakarta Al Waqiah dikenal sebagai salah satu surat yang memiliki keutamaan bagi siapa pun yang rutin mengamalkannya. Salah satu keutamaan membaca Surat Al-Waqiah adalah bahwa surat ini dianggap sebagai pembuka pintu rezeki. 

Banyak umat Muslim yang percaya membaca surat ini secara rutin akan membawa berkah dan keberlimpahan dalam hal rezeki. Baik dalam bentuk kekayaan materi, keberkahan dalam usaha, atau rezeki yang melimpah dari berbagai sumber. Untuk mendapatkan keutamaan-kautaman ini, terdapat doa Al Waqiah untuk rezeki yang dianjurkan untuk dibaca setelahnya.

Al Waqiah adalah surat ke-56 Al-Quran yang terdiri atas 96 ayat dan termasuk golongan Makkiyah. Doa Al Waqiah untuk rezeki biasanya dibaca setelah selesai membaca seluruh ayat surat ini. Berikut urutan bacaan doa Al Waqiah untuk rezeki yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Al Waqiah untuk Rezeki

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثا) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta'thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a'thona wa nubtala bi zammi man mana'ana wa anta min wara-i zalika ahlul 'atho-i wal man-'i.

Allahumma kama shunta wujuhana 'anis sujudi illa laka fa shunna 'anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin wa shollallohu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya: Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Surat Al Waqiah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Al Waqiah merupakan salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan yang dijelaskan dalam berbagai hadits. Berikut keutamaan surat Al Waqiah.

1. Pembuka Pintu Rezeki

Membaca Surat Al-Waqiah dengan khusyuk dan pemahaman yang sungguh-sungguh diyakini akan menjadi pembuka pintu rezeki bagi mereka yang mengamalkannya. Dalam sebuah hadits, Rasulullah mengatakan, "Surat Al Waqiah adalah surat kekayaan maka bacalah dan ajarkanlah ia kepada anak-anakmu." (HR Ad Dailami)

Namun, penting untuk diingat bahwa keutamaan ini tidak berarti membaca surat Al Waqiah akanmemberikan rezeki atau kekayaan secara instan. Seorang Muslim tetap harus melakukan ikhtiar sebagai upaya memperoleh rezeki yang diinginkan.

2. Surat yang Disukai oleh Rasulullah

Dalam hadis yang disebutkan dalam teks tersebut, disebutkan bahwa Surat Al-Waqiah termasuk surat yang disukai dan dibaca secara rutin oleh Rasulullah. Hadis ini menunjukkan bahwa Surat Al-Waqiah memiliki nilai yang istimewa dan penting dalam ajaran Islam.

Dalam sebuah riwayat hadits yang dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani, Al-Hakim dan Adz-Dzahabi, menjelaskan,

عن ابنِ عبّاسٍ قالَ : قالَ أَبُو بَكْر رضي الله عنه: "يَا رَسُولَ الله قَدْ شِبْتَ. قالَ: شَيّبَتْنِي هُودٌ وَالْوَاقِعَةُ وَالمُرْسَلاَتُ و {عَمّ يَتَسَاءَلُونَ} و {إِذَا الشّمْسُ كُوّرَتْ}

Artinya: Seperti diceritakan Ibnu Abbas, Abu Bakar berkata, "Wahai Rasulullah, Engkau telah beruban." Nabi SAW menjawab, "Telah membuatku beruban (surat) Huud, Al Waqiah, Al Mursalat, Amma yatasaa aluun, dan Idzasy syamsu kuwwirat” (HR Tirmidzi)

3. Dijauhkan dari Kefakiran

Salah satu keutamaan yang dikaitkan dengan Surat Al-Waqiah adalah mencegah dari kefakiran atau kesempitan hidup. Dalam sebuah riwayat diceritakan, Abdullah ibn Mas'ud dan Utsman ibn Affan merupakan dua sahabat yang senantiasa taat kepada titah Rasulullah.

Satu hari ketika Abdullah ibn Mas'ud sedang dalam kondisi kurang sehat, Utsman bin Affan ingin membantunya menggalang dana. Namun, Abdullah ibn Mas'ud menolak dan berkata,  "Aku tidak takut putra-putraku akan terjatuh dalam lubang kemskinan. Aku sudah memerintahkan semua anakku untuk membaca surat Al Waqiah setiap malam. Dan itu yang aku dengan dari sabda Rasulullah, 'Barang siapa membaca surah Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan fakir.”

4 dari 4 halaman

Waktu Terbaik Membaca Al Waqiah

1. Malam Jumat

Imam Ja'far, dalam Khazinatul Asrar Kubra, menyebutkan bahwa membaca Surat Al-Waqiah pada malam Jumat memiliki berbagai keutamaan. Seseorang yang membaca Surat Al-Waqiah pada malam Jumat akan dicintai oleh Allah dan manusia, serta terhindar dari kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia. Surat ini juga disebutkan sebagai bagian dari sahabat Amirul Mukmin yang memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi. Oleh karena itu, malam Jumat dianggap sebagai waktu yang baik untuk membaca Surat Al-Waqiah.

2. Sebelum Tidur

Imam Muhammad Al-Baqir menganjurkan membaca Surat Al-Waqiah sebelum tidur. Dalam pendapat yang disebutkan, dikatakan bahwa seseorang yang membaca Surat Al-Waqiah sebelum tidur akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama. Hal ini mengindikasikan bahwa membaca surat ini sebelum tidur dapat memberikan keberkahan dan kehadiran Allah yang kuat dalam kehidupan seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.