Sukses

4 Fakta Menarik Threads Instagram, Raih 5 Juta Pengguna dalam 4 Jam

Hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang Threads Instagram

Liputan6.com, Jakarta Dalam persaingan sengit di dunia media sosial, Instagram, yang dimiliki oleh Meta dan dipimpin oleh Mark Zuckerberg, meluncurkan aplikasi baru bernama Threads. Aplikasi ini menjadi pembicaraan hangat karena berhasil meraih 5 juta pengguna dalam waktu empat jam setelah peluncurannya. 

Threads didukung oleh basis pengguna Instagram yang luas, menciptakan persaingan langsung dengan Twitter yang saat ini dimiliki oleh Elon Musk. Setelah berbulan-bulan melakukan pengembangan, aplikasi pesaing Twitter yang dibuat oleh Mark Zuckerberg akhirnya dirilis dengan sejumlah fitur menarik.

Threads Instagram telah mencuri perhatian dengan mencapai 5 juta pengguna dalam waktu empat jam setelah peluncurannya. Dengan desain yang menyerupai Twitter dan dukungan dari basis pengguna Instagram yang sangat besar, Threads telah mendapat julukan sebagai "pembunuh Twitter" di berbagai media sosial dan berita.

Jadi pesaing berat Twitter, berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang Threads Instagram, yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (6/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa itu Threads dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Setelah berbulan-bulan masa pengembangan, aplikasi pesaing Mark Zuckerberg yang telah lama dikabarkan untuk Twitter telah dirilis. Aplikasi baru, Threads, diluncurkan pada hari Rabu sebagai pendamping Instagram, jaringan berbagi foto populer yang dibeli perusahaan Zuckerberg, Meta, lebih dari satu dekade lalu. Peluncuran Threads meningkatkan persaingan antara Tuan Zuckerberg dan Elon Musk, yang membeli Twitter tahun lalu.

Threads adalah aplikasi yang dibangun oleh Instagram dan merupakan aplikasi tempat orang dapat melakukan percakapan publik secara real-time satu sama lain. Dibangun sebagai pendamping Instagram, Threads dirancang untuk menciptakan ruang yang terbuka dan ramah bagi komunitas. 

Pengguna dapat memposting pesan berbasis teks, foto, dan video ke feed bergulir. Threads memiliki kesamaan dengan Twitter dalam hal pengiriman pesan publik, tetapi saat ini tidak mendukung fitur pesan langsung seperti yang ditawarkan oleh Twitter.

 
3 dari 5 halaman

Persaingan dengan Twitter Dan Dukungan dari Meta

Peluncuran Threads meningkatkan persaingan antara Mark Zuckerberg dan Elon Musk di dunia media sosial. Dengan membeli Twitter, Elon Musk telah mengubah pengalaman Twitter dengan mengutak-atik algoritma dan fitur lainnya. Namun, Elon Musk mengklaim bahwa dia tidak terkesan dengan Threads dan telah membatalkan akun Instagram-nya.

Threads didukung oleh Meta dan memanfaatkan basis pengguna Instagram yang sangat besar dengan lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Pendaftaran Threads mencapai 5 juta dalam waktu empat jam setelah peluncurannya, menunjukkan minat yang besar dari pengguna Instagram.

Instagram telah melakukan upaya untuk menyederhanakan aplikasinya selama beberapa tahun terakhir. Threads dipisahkan sebagai aplikasi terpisah agar Instagram tidak terlalu berantakan dengan mencoba membuat percakapan publik berfungsi di dalam aplikasi utama.  

Instagram ingin Threads bekerja di beberapa aplikasi dalam apa yang disebutnya Fediverse, yang memungkinkan interaksi antara platform yang berbeda. Hal ini dapat memberikan fleksibilitas bagi pembuat konten dan pemberi pengaruh.

4 dari 5 halaman

Bagaimana Cara Masuk ke Threads?

Untuk masuk ke Threads, Anda perlu memiliki akun Instagram. Setelah itu, Anda dapat mengunduh aplikasi Threads dari App Store untuk pengguna iOS atau Play Store untuk pengguna Android. Saat menggunakan aplikasi untuk pertama kalinya, Anda akan diminta untuk memilih akun Instagram yang ingin dihubungkan dengan Threads. Nama pengguna Anda di Threads akan sama dengan nama pengguna Instagram Anda.

Threads dirancang untuk memfasilitasi percakapan publik berbasis teks. Anda dapat membuat "utas" atau postingan teks dengan batasan 500 karakter. Anda dapat menyebut orang lain dengan menggunakan simbol @ di depan nama pengguna mereka, dan Anda dapat membalas postingan orang lain atau me-retweet (posting ulang) utas mereka. Perbedaan utama dengan Twitter adalah bahwa Threads tidak memiliki fungsi perpesanan langsung terpisah dan tidak ada fitur tagar atau topik yang sedang tren.

5 dari 5 halaman

Apa Saja Fitur Menarik di Threads?

Umpan Threads terdiri dari akun yang Anda ikuti dan saran yang dihasilkan secara algoritma. Namun, saat ini tidak ada cara untuk memfilter atau menghapus akun dari layar beranda Utas. Umpan tidak diatur secara kronologis, tetapi berdasarkan preferensi algoritma Threads. Anda juga dapat mengontrol privasi pengaturan utas, memilih siapa yang dapat membalas pada postingan Anda (semua orang, hanya akun yang Anda ikuti, atau akun yang Anda sebutkan).

Anda dapat menyertakan foto dan video di utas Anda, tetapi mereka tidak muncul sebagai postingan atau dalam bentuk Gulungan Instagram. Anda juga dapat membagikan foto dan video dari Instagram di Threads, tetapi sebagai tautan biasa, bukan integrasi asli antara kedua aplikasi.

Seperti halnya dengan Instagram, akun Threads dapat bersifat publik atau pribadi. Saat menggunakan akun publik, Anda dapat mengatur siapa yang dapat membalas pada postingan Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa Threads mengumpulkan data pribadi Anda, seperti lokasi dan aktivitas di aplikasi, seperti yang dilakukan oleh Instagram dan Meta secara umum.

Threads Instagram berhasil meraih 5 juta pengguna dalam waktu empat jam setelah peluncurannya. Aplikasi ini diposisikan sebagai pesaing Twitter dengan tujuan menciptakan ruang percakapan publik yang terbuka dan ramah. Dukungan dari Meta dan basis pengguna Instagram yang besar menjadi keunggulan Threads. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.