Sukses

Ada Apa Dengan Cinta 1 Sampai 2, Berikut Sinopsis Lengkapnya

Simak sinopsis dari film Ada Apa Dengan Cinta 1 sampai 2 yang lengkap dengan para pemerannya.

Liputan6.com, Jakarta Film Ada Apa Dengan Cinta 1 sampai 2 adalah film remaja Indonesia yang rilis pada tahun 2002 dan 2016. Film Ada Apa Dengan Cinta 1 sangatlah fenomenal yang dinanti-nantikan kelanjutannya oleh penggemar.

Pada film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang merupakan lanjutan kisah Cinta dan Rangga menjadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa. Bahkan film AADC 2 berhasil meraih 3,6 juta penonton dan menjadi film Indonesia terlaris kedua tahun 2016. Selain itu kesuksesan ini juga melampaui pencapaian film pertamanya.

Hal ini karena para pemerannya yang digandrungi penonton seiring makin sering tampil di layar kaca. Bahkan Dian Sastrowardoyo yang berperan sebagai Cinta dan Nicholas Saputra sebagai Rangga, mampu menjadi pasangan kekasih yang meledenda.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai sinopsis dari film Ada Apa Dengan Cinta 1 sampai 2 yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sinopsis Film Ada Apa dengan Cinta 1

Film Ada Apa dengan Cinta 1 merupakan  film drama Romantis Indonesia karya Rudi Soedjarwo yang dirilis pertama kali pada tanggal 7 Februari 2002. Film ini sukses besar di layar kaca Indonesia menyusul film Petualangan Sherina (2000) yang booming terlebih dahulu. Kesuksesan kedua film ini menandai kebangkitan kembali dunia perfilman Indonesia. Selain di Indonesia, film kisah cinta remaja anak SMA ini juga tayang di berbagai negara termasuk Malaysia, Brunei, Filipina dan Singapura. Berikut sinopsis dari film Ada Apa dengan Cinta 1, yakni:

Ada Apa dengan Cinta 1 dimulai dari pertemuan antara Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra). Keduanya merupakan siswa di Sekolah Menengah Atas yang sama. Cinta merupakan sosok  gadis yang cantik, pintar, dan periang. Sementara Rangga adalah seorang pria yang pendiam, penyendiri dan dingin.

Keduanya mulai menjalin kedekatan pada saat lomba puisi di sekolah. Pada perlombaan itu, banyak orang yang yakin bahwa Cinta-lah pemenangnya. Namun diluar dugaan, ternyata Rangga-lah yang menang. Meski yang mengirim puisi tersebut bukanlah Rangga.

Dikarenakan Cinta dan sahabatnya yakni Alya (Ladya Cheryl), Carmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan Milly (Sissy Priscillia) adalah pengurus mading sekolah,  ia harus mewawancarai Rangga. Sayangnya Rangga menolak dan justru berkata ketus. Hal tersebut menyulut amarah Cinta dan membuat Cinta dan Rangga bertengkar hingga Rangga tak sadar menjatuhkan buku puisi kesayangannya.

Cinta segera memungut buku tersebut dan membawanya pulang untuk dibaca. Cinta mengembalikan buku tersebut pada saat Rangga kebingungan mencarinya. Rangga pun berterima kasih pada Cinta. Sejak saat itu, hubungan mereka menjadi dekat. Dua orang dengan kepribadian yang berbeda ini tentu sulit untuk bertemu. Bahkan mereka seringkali bertengkar di awal-awal dan terlihat adanya ketidakcocokan. Dalam alur cerita film Ada Apa dengan Cinta 1 ini, penonton akan dibawa ke suasana cinta anak remaja yang penuh warna dan hambatan. Sehingga, penonton akan merasakan perasaan sedih, kecewa hingga berbunga-bunga.

3 dari 5 halaman

Pemeran Ada Apa Dengan Cinta 1

Berikut ini beberapa pemeran film Ada Apa Dengan Cinta 1 yang tayang pada 2002 silam, yakni:

  1. Dian Sastrowardoyo sebagai Cinta
  2. Nicholas Saputra sebagai Rangga
  3. Ladya Cheryl sebagai Alya
  4. Adinia Wirasti sebagai Carmen
  5. Titi Kamal sebagai Maura
  6. Sissy Priscillia sebagai Milly
  7. Dennis Adhiswara sebagai Mamet
  8. Mang Diman sebagai Wardiman
  9. Fabian Ricardo sebagai Borne
  10. Frans Tumbuan sebagai ayah Cinta
  11. Rininta AK Boer sebagai ibu Cinta
  12. Joshua Pandelaki sebagai Pak Taufik
  13. Pramana Padmodarmaya sebagai Yusrizal
  14. Gito Rollies sebagai Limbong
  15. Edi Brokoli sebagai si Kribo
  16. Anda Perdana sebagai Rama
  17. Gary Iskak sebagai Cameo
4 dari 5 halaman

Sinopsis Ada Apa Dengan Cinta 2

Setelah sukses dengan sekuel pertamanya, Miles Film dan Legacy Pictures kembali memproduksi film Ada Apa Dengan Cinta 2. Film Ada Apa Dengan Cinta 2 merupakan lanjutan kisah Cinta dan Rangga yang sangat digemari oleh kebanyakan orang Indonesia. Film ini tayang di Indonesia pada 28 April 2016 dan berhasil meraih 3,6 juta penonton. Berikut sinopsis dari film Ada Apa Dengan Cinta 2, yakni:

Ada Apa Dengan Cinta 2 atau AADC 2 dibuka dengan pertemuan empat sahabat lama. Cinta (Dian Sastrowardoyo), Maura (Titi Kamal), Carmen (Adinia Wirasti), dan Milly (Sissy Priscilla), masing-masing membawa cerita baru. Maura telah bersuami dan memiliki beberapa anak, Milly tengah hamil besar, sementara Cinta akan menikah dengan kekasihnya, Trian (Ario Bayu).

Mereka menyambut Carmen yang baru keluar dari panti rehabilitasi narkoba, dan memutuskan untuk pergi liburan bersama ke Yogyakarta. Berempat saja, tanpa suami dan anak mereka.

Sementara itu, ribuan kilometer dari Cinta, Rangga ternyata mendirikan sebuah kedai kopi di tengah belantara beton kota New York. Tanpa diduga, seorang perempuan datang ke kedainya, mengaku sebagai adik tiri Rangga. Sang gadis muda membawa satu permintaan, agar Rangga menengok ibunya yang kini tinggal di Yogyakarta.

Setelah lama menimbang-nimbang, Rangga akhirnya pulang ke Tanah Air. Di Yogyakarta, Carmen dan Milly tak sengaja bertemu dengan Rangga. Setelah diskusi panjang, mereka akhinya memutuskan untuk memberitahu hal ini pada Cinta.

Semula menolak, Cinta akhirnya setuju untuk bertemu dengan Rangga. Niatnya, adalah untuk menamatkan semua urusan yang ada di antara mereka. Cinta butuh kejelasan, mengapa sembilan tahun sebelumnya, Rangga tiba-tiba menghilang begitu saja tanpa kabar berita.

Di luar plot utama mengenai cerita Rangga dan Cinta, penonton juga diberi banyak penjelasan mengenai perkembangan masing-masing karakter dalam Ada Apa Dengan Cinta 2 ini. Mengapa Carmen sampai terjerumus menggunakan narkoba, mengapa Alya tak lagi bersama mereka, juga kejutan siapa yang ternyata menjadi suami Milly.

5 dari 5 halaman

Pemeran Ada Apa Dengan Cinta 2

Berbeda dengan sekuelnya yang pertama, film Ada Apa Dengan Cinta 2 ini menggandengan beberapa pemeran atau tokoh yang baru. Berikut ini beberapa pemeran film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang tayang pada 2016 silam, yakni:

  1. Dian Sastrowardoyo sebagai Cinta
  2. Nicholas Saputra sebagai Rangga
  3. Adinia Wirasti sebagai Carmen
  4. Titi Kamal sebagai Maura
  5. Sissy Priscillia sebagai Milly
  6. Dennis Adhiswara sebagai Mamet
  7. Ario Bayu sebagai Trian
  8. Christian Sugiono sebagai Christ
  9. Sarita Thaib sebagai Ibu Rangga
  10. Dimi Cindyastira sebagai Sukma (adik Rangga)
  11. Chase Kuertz sebagai Roberto
  12. Pepeng sebagai Dirinya Sendiri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.