Sukses

Viral Menu Makanan Jemaah Haji Indonesia 2023 Disorot, Disebut Tak Layak

Makanan jemaah haji tahun ini disebut netizen tak layak.

Liputan6.com, Jakarta Haji merupakan bagian dari rukun islam yang didambakan umat muslim di penjuru dunia. Tak terkecuali Indonesia yang rutin mengirimkan jamaahnya ke Tanah Suci Makkah. Haji dikenal sebagai ibadah fisik yang membutuhkan persiapan khusus, termasuk soal konsumsi harian selama beribadah.

Meski terdengar sepele, namun konsumsi jamaah haji belakangan tengah viral di media sosial. Bukan tidak mendapat jatah makan, namun jemaah haji Indonesia ada yang mengeluhkan menu makan yang disediakan pihak catering saat di Padang Arafah.

“Nggak perlu jadi ahli gizi untuk tau ini nggak layak. Ibadah haji kan butuh banyak energi. Masa iya makannya telat & menunya begini. Bayarnya puluhan juta loh,” cuit akun Twitter @indiratendi pada Kamis (29/6).

Pemilik akun tersebut mengutip unggahan akun @adyul93 yang menunjukkan sebuah foto menu makan haji jemaah haji Indonesia yang disediakan untuk hari Selasa 27 Juni 2023. Sebuah sajian makanan berupa nasi dengan lauk daging ayam yang dilembutkan ditambah potongan buncis yang disebut netizen tak layak. 

Secara terpisah, akun twitter @AlissaWahid membagikan infografis jadwal menu makanan jamaah haji Indonesia. Lengkap dengan makanan kemasan yang tak diketahui isi pastinya. 

Berikut selengkapnya liputan6.com merangkum menu makanan jamaah haji tahun 2023 yang viral melansir dari berbagai sumber, Kamis (29/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menu Makan Disebut Kurang Bergizi

Para jemaah haji fokus mengikuti tata cara berhaji yang menjadi syarat sahnya seseorang meraih haji yang mabrur. Bagi masyarakat Indonesia, iklim panas di Arab menjadi tantangan tersendiri. Tak heran jika makanan menjadi salah satu faktor utama agar tubuh tetap bugar selama ibadah.

Hal ini berkaitan dengan keluhan netizen yang membagikan menu makanan jemaah haji Indonesia tahun 2023 ini di media sosial. Netizen membagikan menu makanan jemaah haji berisi nasi dan lauk pokok. Mulai dari sayur buncis, dipadukan dengan ayam. Ada juga potongan wortel dengan daging, bahkan ada foto menu makanan jemaah haji dengan lauk tempe yang dihancurkan.

 

Selain itu, cara mengemas makanan jamaah haji Indonesia ini juga dinilai sederhana. Pihak panitia haji menggunakan alumunium foil yang apa adanya. Netizen juga menilai sayuran sederhana yang disediakan dimasak terlalu matang. 

“Sayuran overcooked begitu ya,” tulis akun @nisma_mokhtar  dalam komentar. 

Buat apa pakai aluminium foil? Emang pada punya oven disana?,” komentar akun @theforge8888.

“Bayar puluhan juta dapet makanannya begini?,” komentar akun @aditya_pwn.

3 dari 3 halaman

Perbandingan Menu Makanan Jemaah Haji Pada 2023 dengan 2017

Cuitan akun Twitter @indiratendi yang menunjukkan foto menu makanan jemaah haji Indonesia 2023 viral. Seorang pemilik akun @nasiudukbetawii lantas membalasnya dengan perbandingan menu makanan haji Indonesia tahun 2017 silam. 

Tak seperti menu makanan tahun 2023, menu makanan tahun 2017 terlihat memiliki 3 lauk. Bahkan sayurannya terlihat berwarna cerah tidak pucat efek memasak terlalu lama. Seketika netizen percaya dengan perbedaan menu makanan jamaah haji Indonesia tahun 2023 yang disebut tak layak.

“Ternyata beda banget,” komentar akun @keinun.

“2017 masih layak banget, di Mina masih dapat daging sapi potongan besar sampai ga bisa ditutup, sayur, dan nasi,”komentar akun @negron1an.

“bumi dan langit,” imbuh akun @CFCown.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.