Sukses

6 Artis Korea Terkenal yang Punya Agensi Sendiri, Lee Je Hoon Hingga Shin Min Ah

enam aktor Korea yang membangun agensi bakat mereka sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Di dunia hiburan Korea Selatan, tidak jarang melihat selebritas yang tidak hanya mengesankan penonton dengan bakat mereka di atas panggung atau layar, tetapi juga mengambil langkah lebih jauh dengan membangun agensi bakat mereka sendiri. 

Seperti para bintang K-Pop yang telah melakukannya sebelumnya, sejumlah artis Korea juga memilih untuk menjelajahi jalur kewirausahaan ini. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah nama terkenal dalam industri ini telah menciptakan perusahaan mereka sendiri.

Dalam langkah yang memungkinkan mereka memiliki lebih banyak kebebasan berkreasi dan menyalurkan jiwa wirausaha mereka, para aktor ini telah menciptakan perusahaan mereka sendiri yang sukses. 

Berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari Koreaboo.com pada Jumat (23/6/2023),  artis Korea yang membangun agensi bakat mereka sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Lee Byung Hun

Pada tahun 2006, Lee Byung Hun mendirikan BH Entertainment  dengan tujuan membina talenta muda juga mengelola aktor yang lebih tua dan mapan. Sekarang, agensinya telah menjadi salah satu agensi hiburan paling signifikan di Korea, dengan nama-nama seperti Kim Go Eun, Park Hae Soo, Park Bo Young , Go Soo , Lee Jin Wook , dan Han Hyo Joo di bawah manajemennya. Perusahaan juga memperluas pasar luar negeri, bergandengan tangan dengan Sony Pictures dan Hakuhodo .

3 dari 7 halaman

2. Lee Je Hoon

Pada tahun 2021, Lee Je Hoon meninggalkan agensi lamanya SARAM Entertainment, setelah kontrak awalnya dengan mereka berakhir. Dia mendirikan agensinya sendiri bernama COMPANY ON . Nama tersebut merupakan plesetan dari kata “teman”, yang menyiratkan bahwa tujuan agensi adalah untuk menyambut talenta yang memiliki minat yang sama dengan Lee. Selain Lee Je Hoon, agensinya juga menaungi Kim Eun Bi yang membintangi Taxi Driver 2, drama yang dibintangi oleh Lee Je Hoon.

4 dari 7 halaman

3. Shin Min Ah

Pada tahun 2012, Shin Min Ah bergandengan tangan dengan Hyun Bin , yang berada di agensi yang sama dengannya, untuk mendirikan usaha bersama yang disebut O& Entertainment . Dia akhirnya menandatangani kontrak kembali dengan agensi lamanya AM Entertainment , yang sekarang mengelola pacar dan aktor,  Kim Woo Bin .

5 dari 7 halaman

4. Hyun Bin

Dalam karirnya selama dua dekade, Hyun Bin telah pindah agensi sebanyak tiga kali. Setelah meninggalkan perusahaan pertamanya, AM Entertainment bergabung dengan SM Entertainment, dia pergi untuk pendaftaran wajib militernya. Setelah kembali, dia dan Shin Min Ah mendirikan O& Entertainment. Kontraknya dengan agensi berakhir pada tahun 2015, dan tahun berikutnya dia memulai agensi lain sendiri bernama VAST Entertainment. VAST melatih artis baru di bawah bimbingan bersama Hyun Bin dan mentor aktingnya Kang Kun Taek.

6 dari 7 halaman

5. Ha Ji Won

Ha Ji Won meninggalkan Wellmade STARM , agensi yang ia dirikan selama satu dekade, pada tahun 2013. Tak lama kemudian, aktris tersebut mendirikan agensi satu orangnya, Haewadal Entertainment. Selain Ha Ji Won, agensi saat ini juga menaungi aktor Moon Jin Seung dan Choi Dong Goo .

7 dari 7 halaman

6. So Ji Sub

Pada tahun 2011, So Ji Sub mendirikan agensi tunggal bernama 51K . Pada saat itu, aktor tersebut menjelaskan bahwa agensi tersebut semata-mata untuk mengatur aktivitasnya sendiri, dan dia tidak berpikir untuk menerima aktor yang lebih muda. Namun seiring berjalannya waktu, agensi tersebut semakin besar. Saat ini, ia mengelola talenta seperti N VIXX, Kim Doh Yon, Lee Seung Woo, Shin Ju Seop ¸dan Ok Taecyon .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.