Sukses

Viral Momen Petani Panen Timun Raksasa, Penampakannya Bak Cerita Dongeng

Viral penampakan timun raksasa yang sedang dipanen, ukurannya mengingatkan warganet dengan cerita dongeng.

Liputan6.com, Jakarta Beredar di media sosial, video penampakan timun raksasa yang sedang dipanen. Video yang diunggah oleh laman Instagram @viralges itu menampilkan sejumlah petani yang sedang berada di perkebunan. Tampak perkebunan hijau nan luas membentang yang banyak ditumbuhi beragam tumbuhan. Terlihat dari bentuk daun yang berbeda. 

Para petani itu tampak sibuk memindahkan hasil panennya. Namun, bukan buah biasa yang sedang dipanen, melainkan timun yang ukurannya anti mainstream. Ukuran timun yang dipanen tidak seperti biasanya. Normalnya, buah timun yang biasa ditemui memiliki ukuran panjang 15-25 cm, serta diameter 5 cm.

Timun yang terlihat dalam video viral tersebut tampak berukuran raksasa. Panjangnya saja bisa sampai 1 meter dengan diameter 20-30 cm. Satu orang petani pun membawanya dengan cara dipanggul. Melihat hal ini, banyak warganet yang teringat dengan cerita dongeng Timun Mas.

"Seperti cerita dongeng, timun pas dibelah isi bayi, ada juga yang isi emas," tulis salah satu warganet dalam kolom komentar, dikutip Liputan6.com pada Senin (19/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ukurannya besar bak cerita dongeng

Timun yang dipanen dalam video viral tersebut tampak jauh berbeda dari ukuran normal. Meski berukuran raksasa, namun bentuknya masih sama menyerupai buah timun pada umumnya. Ia memiliki kulit berwarna hijau dengan bentuk yang memanjang.

Dalam video, timun-timun raksasa yang sudah selesai dipanen dipindahkan dengan cara dipanggul satu per satu oleh para petani. Kemudian, dijajarkan rapi di sebuah truk. Di akhir video, timun raksasa itu sudah memenuhi truk dan siap dibawa. Melihat timun tertata rapi dengan ukuran tak biasa itu pun membuat takjub.

Melihat komentar warganet, banyak dari mereka yang teringat dengan cerita dongeng Timun Mas, di mana ada timun raksasa yang di dalamnya berisi bayi. Dikisahkan seorang janda bernama Mbok Sirni yang menginginkan seorang anak. Suatu hari, ia didatangi raksasa yang memberinya biji timun agar ditanam dan dirawat.

Beberapa minggu berselang, salah satu dari mentimun yang ditanamnya berbuah paling besar dan berkilau keemasan. Dari situ lah bayi Timun Mas berasal.

3 dari 3 halaman

Komentar warganet

Meski banyak yang mengatakan ukuran timun seperti pada cerita dongeng, namun tidak sedikit pula yang masih terheran-heran dan baru mengetahui ada timun sebesar itu.

"Itu segede guling," tulis akun @winarsari.

"Curiga dalemnya ada bayi/emas batangan," canda akun @rasyania15 diikuti emotikon tertawa.

"Buset baru tau ada segede gitu," tulis akun @momochidong.

"Warung makan: bang, timunnya di pisah aja ya, gak muat soalnya," tulis akun @ns.dhyka.

"Timun raksasa," tulis akun @anitafathurfathar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.