Sukses

7 Cara Mengatasi Tangan Belang Akibat Naik Motor, Gunakan Bahan-Bahan Alami

Tangan belang sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan sarung tangan dan sunscreen atau sunblock.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi tangan belang akibat naik motor tentunya menjadi perhatian banyak orang. Pasalnya, tangan belang menjadi salah satu risiko yang harus dihadapi pengendara motor. Hal ini terutama ketika tangan terpapar sinar matahari.

Tangan belang sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan sarung tangan dan sunscreen atau sunblock. Namun, terkadang mungkin kamu lupa menggunakannya atau ada juga orang-orang yang tidak nyaman berkendara menggunakan sarung tangan.

Cara mengatasi tangan belang akibat naik motor bisa menggunakan bahan-bahan alami. Hal ini juga bisa mengatasi rasa panas di tangan ketika terpapar sinar matahari. Saat sudah terlanjur terkena sinar matahari yang mengakibatkan tangan belang saat naik motor, kamu bisa melakukan beberapa perawatan di rumah dengan bahan alami.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/6/2023) tentang cara mengatasi kulit tangan belang akibat naik motor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menggunakan Masker Kunyit

Cara mengatasi tangan belang akibat naik motor yang pertama yaitu membuat masker kunyit. Kunyit memiliki kandungan senyawa aktif yang bersifat antioksidan dan mampu menurunkan produksi melanin, sehingga dapat mengontrol warna kulit.

Membuat masker kunyit bisa membutihkan kembali tangan yang belang karena terpapar sinar matahari. Kamu juga bisa mencampurkan kunyit dengan jeruk nipis dan susu agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

2. Menggunakan Pepaya Halus

Menggunakan pepaya halus menjadi salah satu cara mengatasi tangan belang akibat naik motor. Buah pepaya juga dapat membuat kulit tampak bercahaya secara alami. Agar kulit terlihat lebih bersinar, kamu bisa memanfaatkan pepaya dan lemon.

Cara mengatasi tangan belang akibat naik motor bisa dilakukan dengan menghaluskan pepaya matang dan mencampurkannya dengan 1 cangkir perasan lemon. Jika kedua buah ini telah tercampur rata, kamu bisa menggunakan campuran tersebut untuk memijat kulit tangan selama beberapa menit. Kemudian tinggal diamkan hingga 30 menit, lalu bilas sampai bersih.

3 dari 4 halaman

3. Menggunakan Masker Kulit Jeruk

Cara mengatasi tangan belang akibat naik motor selanjutnya adalah dengan menggunakan masker kunyit. Hal ini tidak terlepas dari manfaat jeruk dan kulit jeruk yang dapat mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C yang berada di dalam kulit jeruk dapat membantu mencerahkan kulit dan memutihkan kulit tangan yang belang akibat paparan sinar matahari.

Tidak hanya itu, kandungan asam sitrat juga dapat digunakan untuk mengeksfoliasi kulit sehingga kulit tampak cerah dan bersih. Cara mengatasi tangan belang akibat naik motor tentunya sangat mudah dipraktikkan.

4. Menggunakan Mentimun

Menggunakan mentimun secara rutin selama sekali dalam 2-3 Hari juga bisa dilakukan sebagai cara mengatasi tangan belang akibat naik motor. Hal ini karena kandungan vitamin A dalam mentimun dapat mengontrol produksi melanin. Tak hanya itu, mentimun juga berkhasiat untuk menghidrasi kulit dan membuat kulit tangan menjadi lembut sehingga awet muda tanpa kerutan. Mentimun bisa dimanfaatkan sebagai alat pembersih kotoran yang ada di kulit tangan sehingga kulit tangan akan tampak lebih cerah.

5. Menggunakan Campuran Lemon dan Madu

Lemon dan madu juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi tangan belang akibat naik motor. Hal ini disebabkan karena lemon memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi, sehingga bisa menjadi eksfoliator dalam mengangkat sel kulit mati. 

Lemon juga dapat mencerahkan kulit, termasuk kulit tangan yang belang karena naik motor. Kamu bisa mencampurkan lemon dengan madu, kemudian lakukan eksfoliasi. Oleskan campuran tersebut ke tangan selama 30 menit, lalu bilas. Kamu bisa melakukannya di malam hari agar lebih nyaman. 

4 dari 4 halaman

6. Menggunakan Campuran Pisang, Gula, dan Madu

Cara mengatasi tangan belang akibat naik motor berikutnya yaitu menggunakan campuran pisang, gula, dan madu sebagai scrub alami. Cara membuat scrub alami ini mudah saja, kamu tinggal mencampurkan semua bahan alami tersebut, yaitu pisang, madu, dan gula secukupnya. 

Saat telah tercampur dengan sempurna, oleskan campuran tersebut secara merata pada area tangan yang belang dan diamkan selama 30 menit. Apabila telah 30 menit, kamu tinggal membilasnya menggunakan air bersih. 

7. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi tangan belang akibat naik motor. Lidah buaya terkenal dengan manfaatnya untuk mengembalikan kecerahan kulit. Oleh karena itu, lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang menggelap karena paparan sinar matahari. Caranya mudah saja, tinggal oleskan gel lidah buaya sebelum tidur, kemudian biarkan semalaman dan bilas keesokan harinya. Kamu bisa menerapkannya secara rutin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.