Sukses

5 Bahan Alami Ini Bisa Mengobati Tangan Belang Akibat Naik Motor

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu risiko yang harus dihadapi pemotor adalah tangan terasa panas akibat terpapar sinar matahari. Hal ini bisa terjadi jika tidak menggunakan sarung tangan.

Akibatnya warna kulit tangan akan menjadi belang. Kondisi ini akan mengganggu penampilan dari Otolovers akibat warna kulit yang berbeda. Nah, meskipun kulit kalian menjadi kusam, namun tak perlu takut karena dapat diatasi dengan berbagai cara seperti skincare.

Selain itu juga ada cara alami yang dapat Otolovers lakukan di rumah. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara mengatasi tangan belang akibat naik motor.

Menggunakan Masker Kunyit

Kunyit memiliki kandungan senyawa aktif yang bersifat antioksidan dan mampu menurunkan produksi melanin sehingga dapat mengontrol warna kulit. Dengan menggunakan masker kunyit, kalian dapat memutihkan tangan yang belang. Agar hasil yang diperoleh lebih maksima, sebaiknya kunyit dicampur dengan jeruk nipis dan susu.

Membuat Kulit Jeruk Menjadi Masker

Tak hanya dikonsumsi saja, jeruk dan kulit jeruk juga memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C yang berada di dalam kulit jeruk dapat membantu untuk mencerahkan kulit dan memutihkan kulit tangan yang belang akibat paparan sinar matahari. Tidak hanya itu, kandungan asam sitrat juga dapat digunakan untuk mengeksfoliasi kulit sehingga kulit tampak cerah dan bersih.

Menggunakan Pepaya Halus

Buah pepaya juga dapat membuat kulit tampak bercahaya secara alami. Agar kulit Otolovers terlihat lebih bersinar, kalian bisa memanfaatkan pepaya dan lemon. Kalian harus menghaluskan pepaya matang dan mencampurkannya dengan 1 cangkir perasan lemon.

Jika kedua buah ini telah tercampur rata, kalian bisa menggunakan untuk memijat kulit tangan selama beberapa menit dan diamkan hingga 30 menit kemudian bilas sampai bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Menggosokkan Mentimun 2-3 Hari Sekali

 

Selain digunakan sebagai lalapan, kandungan vitamin A dalam mentimun juga dapat mengontrol produksi melanin. Tak hanya itu, mentimun juga berkhasiat untuk menghidrasi kulit dan membuat kulit tangan menjadi lembut sehingga awet muda tanpa kerutan.

Kegunaan timun tidak hanya untuk masker mata dan lalapan, namun, timun juga dapat dijadikan sebagai alat pembersih kotoran yang ada di kulit tangan sehingga kulit tangan akan tampak cerah.

Mencampurkan Pisang, Gula, dan Madu Sebagai Scrub

Untuk mengatasi kulit yang belang, Otolovers dapat memanfaatkan campuran pisang, gula, dan madu sebagai scrub alami. Untuk membuat scrub alami ini, prosesnya terbilang cukup mudah. Otolovers hanya perlu mencampurkan pisang, madu, dan gula secukupnya. 

Jika telah tercampur dengan rata, oleskan secara merata pada area tangan yang belang dan diamkan selama 30 menit. Apabila telah mencapai 30 menit lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air bersih. 

Demikian, cara mengatasi tangan yang belang akibat menaiki sepeda motor. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard