Sukses

Jam Berapa Sekarang di Korea Selatan? Ini Perbedaan Waktunya dengan Indonesia

Simak perbedaan waktu antara negara Indonesia dan Korea Selatan yang dapat dilihat dari zona waktunya.

Liputan6.com, Jakarta Jam berapa sekarang di Korea Selatan? Sebelum menjawab pertanyaan jam berapa sekarang di Korean Selatan, maka anda perlu memahami Indonesia dan Korea Selatan memiliki perbedaan waktu rata-rata 0-2 jam tergantung pada zona waktu yang dibandingkan.

Hal ini karena Indonesia memiliki tiga zona waktu yaitu WIB (GMT+7), WITA (GMT+8), dan WIT (GMT+9). Sedangkan negara Korea Selatan hanya memiliki satu zona waktu yakni GMT+9. Zona waktu tersebut yang akan menentukan jam berapa sekarang di Korea Selatan.

Dengan memahami jam berapa sekarang di Korea Selatan, maka anda akan lebih mudah mengetahui waktu di Korea Selatan sesuai dengan zona waktu yang dibandingkan dari negara Indonesia.

Agar lebih paham, berikut Liputan6.com ulas mengenai jam berapa sekarang di Korea Selatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jam Berapa di Korea Selatan Disesuaikan dengan Waktu Indonesia

Mengetahui jam berapa sekarang di Korea Selatan, maka harus memahami perbedaan waktu antara Indonesia dan Korea Selatan atau Korsel. Perbedaan waktu Indonesia dan Korea Selatan adalah rata-rata 0-2 jam tergantung pada zona waktu yang dibandingkan.

Indonesia adalah negara yang terletak di Asia Tenggara, sedangkan Korea Selatan maupun Korea Utara terletak di Asia Timur. Melihat letaknya yang berbeda tentu ada perbedaan waktu yang cukup signifikan.

Selain itu, Indonesia memiliki tiga zon waktu, yakni WIB (UTC+7), WITA (UTC+8), dan WIT (UTC+9). Sedangkan negara Korea Selatan hanya memiliki satu zona waktu yakni UTC+9 atau juga disebut dengan Korean Standard Time atau yang disingkat dengan SKT. Zona waktu tersebut yang akan menentukan jam berapa sekarang di Korea Selatan.

Sederhananya, waktu di Korea Selatan lebih cepat sekitar 2 jam bila dibandingkan dengan Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB). Contohnya, jika saat ini pukul 12.00 pagi di Korea Selatan, di bagian WIB Indonesia adalah pukul 10.00 pagi (perbedaan waktu 2 jam).

Jika dibandingkan dengan Indonesia bagian WITA, selisih perbedaan waktunya menjadi 1 jam. Namun, bila dibandingkan dengan Indonesia bagian WIT, tidak ada perbedaan waktu antara Korea Selatan dan Indonesia. Dengan kata lain akan menunjukkan waktu yang sama.

Berikut ini contoh dari pertanyaan jam berapa sekarang di Korea Selatan yang disesuaikan dengan zona waktu di Indonesia, yakni:

  1. Antara Korea dengan Waktu Indonesia Barat selisih 2 jam di mana Korea lebih cepat sehingga kalau di daerah WIB pukul 12.00 siang, di Korea sudah pukul 14.00 siang.
  2. Antara Korea dengan Waktu Indonesia Tengah selisih 1 jam di mana Korea lebih cepat sehingga kalau di daerah WITA pukul 12.00 siang, di Korea sudah pukul 13.00 siang.
  3. Antara Korea dengan Waktu Indonesia Timur tidak ada perbedaan waktu karena sama-sama UTC+09:00, sehingga kalau di daerah WIT pukul 12.00 siang, di Korea juga pukul 12.00 siang.
3 dari 4 halaman

Penyebab Terjadinya Perbedaan Waktu Indonesia dan Korea Selatan

Adanya perbedaan waktu Indonesia dan Korea Selatan dipengaruhi oleh letak astronominya yang terlihat secara signifikan. Selain itu, rotasi bumi atau perputaran bumi pada porosnya juga bisa menjadi penyebab terjadinya perbedaan waktu antara Indonesia dan Korea Selatan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, zona waktu di Korea Selatan yakni UTC+9. UTC merupakan Universal Time Coordinated atau Koordinasi Waktu Universal. Ini adalah waktu yang ada di garis bujul nol sebagai garis meridian utama. Untuk negara Korea terletak di UTC+9 dan standar waktu ini tidak hanya berlaku di Korea Selatan, tetapi juga di Korea Utara.

Meski begitu, jika dibandingkan dengan zona waktu di Indonesia yang dilihat dari Waktu Indonesia Timur justru tidak ada perbedaan waktu sama sekali. Sebab sama-sama UTC+09. Hal ini akan lebih memudahkan wisatawan untuk melihat waktu antara di Indonesia dan Korea Selatan.

4 dari 4 halaman

Waktu Standar Korea Selatan

Waktu Standar Korea merupakan zona waktu standar di Korea Utara dan Selatan yang sama dengan UTC+9 (artinya jika tengah malam (pukul 00:00) UTC, maka Waktu Standar Korea adalah 09:00 pagi). Zona waktu di Korea Selatan dan Utara juga disebut dengan Korean Standard Time atau yang disingkat dengan SKT. Zona waktu tersebut yang akan menentukan jam berapa sekarang di Korea Selatan.

Dikutip dari laman time.is, negara Korea Selatan pernah mencoba menerapkan waktu musim panas namun kebijakan tersebut tidak lagi berlaku sekarang. Negara ini tidak memiliki waktu musim panas sejak 1988. Hal ini karena negara Korea Selatan meskipun memiliki empat musim sekaligus, namun saat musim dingin tidak terjadi perubahan waktu dengan musim panas. Sedangkan pengidentifikasi zona waktu IANA untuk Korea Selatan adalah Asia atau Seoul. Waktu Standar Korea sama dengan Waktu Standar Jepang, Waktu Indonesia Timur, dan Waktu Yakutsk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.