Sukses

Sekarang Jam Berapa di Amerika? Pahami Sesuai Zona Waktunya

Indonesia dan Amerika memiliki perbedaan waktu rata-rata lebih dari 10 jam.

Liputan6.com, Jakarta Sekarang jam berapa di Amerika? Sebelum menjawab pertanyaan sekarang jam berapa di Amerika, pahami Indonesia dan Amerika memiliki perbedaan waktu rata-rata lebih dari 10 jam.

Memahami sekarang jam berapa di Amerika juga dipengaruhi pembagian zona waktu Indonesia dan Amerika. Apa saja zona waktu di Indonesia dan Amerika?

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, zona waktu di Indonesia adalah WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur).

Sementara zona waktu Amerika adalah EST (Eastern Standard Time), CST (Central Standard Time), MST (Mountain Standard Time), dan PST (Pasific Standard Time).

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara menjawab sekarang jam berapa di Amerika sesuai pembagian zona waktunya, Selasa (8/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekarang Jam Berapa di Amerika?

Mengetahui sekarang jam berapa di Amerika harus memahami perbedaan waktu antara Indonesia dan Amerika. Perbedaan waktu Indonesia dan Amerika adalah rata-rata lebih dari 10 jam. Indonesia 10 jam lebih awal daripada Amerika.

Apa yang menyebabkan perbedaan waktu ini?

Adanya perbedaan waktu Indonesia dan Amerika dipengaruhi oleh letak astronominya. Sekarang jam berapa di Amerika, jawabannya dihitung dengan rentang perbedaan waktu selama 10 jam. Belum lagi, Indonesia dan Amerika memiliki perbedaan zona waktu berbeda di setiap daerahnya.

Menurut teori heliosentris, adanya siang dan malam adalah bagian dari akibat perputaran bumi pada porosnya. Perputaran bumi pada porosnya menyebabkan efek gerakan semu matahari, seakan-akan matahari bergerak dari timur ke barat.

Dalam pergerakannya, secara astronomis bumi selalu berputar pada porosnya selama rentang waktu 23.54 jam (digenapkan menjadi 24 jam). Sehingga dengan kombinasi pergerakan mengelilingi matahari mengakibatkan terjadinya fenomena alam pergantian siang dan malam dan perbedaan waktu.

Apa saja zona waktu di Indonesia dan Amerika?

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, zona waktu di Indonesia adalah WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur).

Sementara zona waktu Amerika adalah EST (Eastern Standard Time), CST (Central Standard Time), MST (Mountain Standard Time), dan PST (Pasific Standard Time).

3 dari 3 halaman

Sekarang Jam Berapa di Amerika Sesuai Zona Waktunya?

1. EST (Eastern Standard Time)

Di mana saja wilayah di Amerika yang menggunakan zona waktu EST? Memahami sekarang jam berapa di Amerika dengan zona waktu EST adalah lokasinya ada di daerah pantai bagian timur.

Perbedaan zona waktu EST dan Indonesia sekitar 12-14 jam. Maka menghitung sekarang jam berapa di Amerika bisa dengan mengkalkulasikannya dengan rentan perbedaan zona waktu tersebut.

- Sekarang jam berapa di Amerika EST dengan WIB adalah selisih 12 jam.

- Sekarang jam berapa di Amerika EST dengan WITA adalah selisih 13 jam.

- Sekarang jam berapa di Amerika EST dengan WIT adalah selisih 14 jam.

2. CST (Central Standard Time)

Di mana saja wilayah di Amerika yang menggunakan zona waktu CST? Memahami sekarang jam berapa di Amerika dengan zona waktu CST adalah lokasinya ada di daerah bagian Teluk Meksiko.

Perbedaan zona waktu CST dan Indonesia sekitar 13-15 jam. Maka menghitung sekarang jam berapa di Amerika bisa dengan mengkalkulasikannya dengan rentan perbedaan zona waktu tersebut.

- Sekarang jam berapa di Amerika CST dengan WIB adalah selisih 13 jam.

- Sekarang jam berapa di Amerika CST dengan WITA adalah selisih 14 jam.

- Sekarang jam berapa di Amerika CST dengan WIT adalah selisih 15 jam.

3. MST (Mountain Standard Time)

Di mana saja wilayah di Amerika yang menggunakan zona waktu MST? Memahami sekarang jam berapa di Amerika dengan zona waktu MST adalah lokasinya ada di daerah sekitar pegunungan Rocky.

Perbedaan zona waktu MST dan Indonesia sekitar 14-16 jam. Maka menghitung sekarang jam berapa di Amerika bisa dengan mengkalkulasikannya dengan rentan perbedaan zona waktu tersebut.

- Sekarang jam berapa di Amerika MST dengan WIB adalah selisih 14 jam.

- Sekarang jam berapa di Amerika MST dengan WITA adalah selisih 15 jam.

- Sekarang jam berapa di Amerika MST dengan WIT adalah selisih 16 jam.

4. PST (Pasific Standard Time)

Di mana saja wilayah di Amerika yang menggunakan zona waktu PST? Memahami sekarang jam berapa di Amerika dengan zona waktu PST adalah lokasinya ada di daerah Samudera Pasifik dan Nevada.

Perbedaan zona waktu PST dan Indonesia sekitar 15-17 jam lebih awal. Maka menghitung sekarang jam berapa di Amerika bisa dengan mengkalkulasikannya dengan rentan perbedaan zona waktu tersebut.

- Sekarang jam berapa di Amerika PST dengan WIB adalah selisih 15 jam.

- Sekarang jam berapa di Amerika PST dengan WITA adalah selisih 16 jam.

- Sekarang jam berapa di Amerika PST dengan WIT adalah selisih 17 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.