Sukses

Apa Itu Roleplayer di Media Sosial? Cari Tahu Arti dan Cara Bermainnya

Ketahui informasi terkait apa itu roleplayer, lengkap dengan cara bermain dan istilah-istilah yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan remaja masa kini tak bisa terlepas dari media sosial. Selain digunakan untuk bersosialisasi dan berbagi konten, media sosial juga menjadi wadah rekreasi yang menarik bagi anak muda. Salah satu cara untuk mencari kesenangan di media sosial adalah dengan bermain menjadi roleplayer. Lantas, apa itu roleplayer?

Apa itu roleplayer atau yang sering disebut dengan RP menjadi pertanyaan yang banyak ditemui di berbagai media sosial seperti Whatsapp, Twitter, Facebook, Telegram, Instagram, Line, dan sebagainya. Secara singkat, roleplayer merupakan kegiatan bermain peran yang dilakukan secara virtual. biasanya , seseorang akan memerankan karakter yang diinginkan seperti sosok artis atau idola mereka.

Jika bermain roleplayer, seseorang akan menyerupai karakter dan identitas idola yang diperankan. Di sisi lain, mereka juga harus tetap menjaga kerahasiaan identitas pribadi mereka. Bermain roleplayer dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan. Jika anda tertarik, maka ketahui lebih banyak informasi terkait apa itu roleplayer, lengkap dengan cara bermain dan istilah-istilah yang ada.

Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Roleplayer?

Pertanyaan apa itu roleplayer santer terdengar saat sedang berselancar di dunia maya. Roleplayer atau biasa disebut sebagai RP adalah istilah yang merujuk pada kegiatan bermain peran. Seringkali mengambil karakter dari acara TV, film, buku, atau selebriti, dan beraksi sebagai mereka. Dalam dunia roleplayer, seseorang berakting seakan-akan sedang berperan menjadi sosok yang dipilihnya, mereka berusaha meniru sikap, gaya bicara, hingga aktivitas sehari-hari dengan detail.

Roleplayer umumnya terbagi menjadi beberapa genre, saat ini yang paling populer adalah genre Korea dan Western. Kedua genre ini kemudian dibagi lagi menjadi kelompok karakter seperti penyanyi, aktor, boyband, hingga girlband. Sebagai contoh, seseorang yang bermain roleplayer sebagai penyanyi akan memperkenalkan sosok penyanyi yang mereka perankan dan mencoba menirukan karakter dan sifatnya. Mereka juga perlu mengetahui kegiatan sehari-hari penyanyi tersebut, seperti debut single, mini konser, dan lain sebagainya.

Seseorang yang melakukan roleplayer biasanya memiliki tujuan utama untuk bersenang-senang. Aktivitas ini dapat menjadi media yang tepat untuk melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Kesimpulannya, dalam dunia roleplayer, orang yang berpartisipasi akan bertindak dan bersosialisasi seolah-olah mereka benar-benar menjadi idola yang mereka perankan.

 

 

3 dari 4 halaman

Cara Bermain Roleplayer

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa apa itu roleplayer adalah seseorang yang memilih dan memainkan suatu peran tertentu. Bermain roleplayer di sosial media memiliki beberapa langkah, meskipun platform yang digunakan berbeda, namun aturan dalam permainan roleplayer secara garis besar akan serupa. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk bermain roleplayer di media sosial:

Pilih tokoh untuk dijadikan role play

Tentukan siapa tokoh yang ingin Anda tiru atau perankan dalam dunia roleplayer. Anda dapat mengambil karakter dari acara TV, film, buku, atau selebriti populer. Pastikan Anda memiliki minat dan pengetahuan yang cukup tentang mereka.

Buat akun roleplayer

Buat akun di platform media sosial pilihan Anda, misalnya Twitter, Instagram, Telegram, atau Line. Gunakan nama dan foto yang sesuai dengan karakter yang akan diperankan.

Temukan grup roleplayer

Cari grup atau komunitas roleplayer di media sosial yang sesuai dengan karakter. Bergabunglah dengan grup tersebut untuk berinteraksi dengan roleplayer lain dan mendapatkan teman baru.

Perkenalkan diri

Setelah bergabung dengan grup, perkenalkan diri Anda sebagai karakter yang sedang diperankan. Gambarkan karakter, latar belakang, minat, dan kebiasaan sesuai dengan idola yang ditirukan.

Interaksi dengan roleplayer Lain

Mulailah berinteraksi dengan roleplayer lain, lakukan percakapan, balas komentar, atau berpartisipasi dalam skenario roleplaying yang dibuat oleh komunitas.

Jalankan tugas dan kebiasaan karakter

Lakukan tugas, kegiatan, dan kebiasaan sesuai dengan karakter yang diperankan. Misalnya, jika memerankan seorang penyanyi, maka anda bisa membagikan video menyanyi, mempromosikan lagu baru, atau berbagi momen di balik panggung.

Jaga kerahasiaan

Selalu ingat untuk menjaga kerahasiaan dan memisahkan identitas pribadi dari karakter yang diperankan. Hindari mengungkapkan informasi pribadi atau mengambil peran karakter terlalu jauh hingga mengganggu kehidupan nyata.

Bersenang-senang

Nikmati proses menjadi roleplayer. Buat cerita, skenario, atau event yang melibatkan karakter dan roleplayer lainnya. Jangan takut untuk berimprovisasi dan mengeksplorasi karakter yang sedang diperankan.

4 dari 4 halaman

Berbagai Istilah dalam Roleplayer

Dalam dunia roleplayer, terdapat berbagai istilah yang akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Beberapa istilah yang banyak digunakan dalan dunia roleplayer adalah sebagai berikut:

FC (Face Claim)

Merujuk pada gambar atau foto orang yang digunakan untuk mewakili penampilan visual karakter roleplayer. FC dapat menjadi selebriti, model, atau orang biasa yang sesuai dengan penampilan karakter.

OTP (One True Pairing)

Pasangan karakter yang dianggap paling cocok atau diharapkan bersatu dalam hubungan romantis oleh roleplayer. OTP sering menjadi fokus dukungan dan kisah dalam roleplaying.

IC (In Character) dan OOC (Out of Character)

IC merujuk pada interaksi atau pesan yang dilakukan sebagai karakter yang sedang diperankan, sementara OOC merujuk pada interaksi atau pesan di luar peran karakter, sebagai diri sendiri.

NSFW (Not Safe For Work)

Merujuk pada konten atau materi yang tidak pantas untuk dilihat atau dibagikan di lingkungan kerja atau publik. Istilah ini digunakan untuk memberi peringatan terhadap konten dewasa atau sensitif.

Newbie

Istilah untuk seseorang yang baru memulai dalam dunia roleplaying. Newbie biasanya masih belajar dan mengenal aturan serta konvensi yang berlaku dalam permainan roleplaying.

Muse

Merujuk pada sumber inspirasi atau motivasi bagi seorang roleplayer untuk mengembangkan karakter mereka. Muse bisa datang dari karakter fiksi, musik, film, atau sumber lainnya yang mengilhami ide-ide dalam roleplaying.

Plot (Alur Cerita)

Merupakan rencana atau konsep cerita yang dijalankan dalam permainan roleplaying. Plot dapat melibatkan konflik, perkembangan karakter, atau petualangan yang mengarah pada perkembangan cerita.

Ship (Relationship)

Merujuk pada harapan atau dukungan terhadap hubungan romantis antara dua karakter dalam roleplaying. Roleplayer dapat melakukan ship antara karakter mereka sendiri atau dengan karakter roleplayer lainnya.

LRP (Left Role Player)

Istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang telah meninggalkan atau berhenti bermain roleplaying. LRP dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti kelelahan, kehilangan minat, atau keterbatasan waktu.

AU (Alternate Universe)

Merupakan konsep di mana karakter atau cerita diubah atau ditempatkan dalam konteks dunia atau waktu alternatif. Roleplayer dapat bermain dalam AU untuk mengeksplorasi versi alternatif dari karakter yang mereka perankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.