Sukses

8 Tips Memulai Karier sebagai Atlet Esports, Raih Impian Menjadi Gamer Profesional

Berikut tips untuk memulai karier sebagai atlet esports.

Liputan6.com, Jakarta Untuk saat ini, bermain video game tampaknya tidak bisa lagi disebut sebagai hobi yang membuang-buang waktu. Kenyataannya ada banyak karier yang terbuka dari hobi bermain video game, misalnya saja atlet esports.

Beberapa video game bahkan sudah masuk sebagai salah satu cabang olahraga di perhelatan internasional, seperti halnya SEA Games. Kenyataan ini jelas membuat kita tidak bisa memandang remeh hobi bermain video game.

Kenyataannya ada banyak para atlet yang berhasil mencetak banyak prestasi yang dimulai dari hobi bermain video game. Di Indonesia sendiri dukungan terhadap esports sangat positif, mulai dengan banyak diadakannya kompetisi dan turnamen, serta dibentuknya organisasi pemerintah yang bertugas mengakomodir kebutuhan dari dunia esports di Indonesia yaitu IeSPA.

Lalu bagaimana cara untuk dapat membangun karier sebagai atlet esports? Berikut tips untuk memulai karier sebagai atlet esports, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (13/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pilih Game yang Bisa Kamu Kuasai

Memilih jenis game yang bisa kamu kuasai menjadi hal penting sebagai langkah pertama untuk memulai karir sebagai atlet esports. Sebab ada banyak sekali jenis game yang semuanya memerlukan keterampilan masing-masing, seperti halnya MOBA, FPS, Fighting, Sports, atau yang lainnya. Langkah awal ini yang akan menjadi penentu seberapa besar kesempatanmu untuk masuk ke dalam dunia esports.

Selain itu, kamu juga perlu tahu game-game seperti apa yang termasuk dalam kategori esports. Mencari informasi tentang hal ini juga sangat penting sebelum memutuskan untuk memilih game yang mana yang ingin kamu tekuni.

2. Latihan

Setelah menentukan game seperti apa yang ingin kamu tekuni, langkah berikutnya adalah latihan dengan tekun. Tidak ada cara lain untuk meningkatkan kemampuan agar dapat bersaing dengan pemain lain, selain dengan cara latihan.

Buatlah jadwal latihan untuk memotivasi diri agar lebih disiplin. Jangan lupa untuk mempelajari berbagai strategi dan ilmu lainnya yang bisa diterapkan dalam game tersebut.

Setelah itu, kenali dan pelajari game tersebut dengan mendalam. Pelajari mekanisme permainan, strategi, karakter, dan berbagai hal terkait yang dapat memberikan keunggulan Anda dalam kompetisi. Tonton pertandingan profesional, pelajari taktik yang digunakan oleh pemain terbaik, dan cari tahu tren dan perkembangan terbaru dalam game tersebut.

3 dari 5 halaman

3. Bangun Jaringan dan Bergabung dengan Komunitas

Bangun jaringan dengan pemain lain dan bergabunglah dengan komunitas eSport. Bergabung dengan komunitas dapat membuka pintu kesempatan baru, memperluas pengetahuanmu tentang industri, dan memberikan kesempatan untuk berlatih dan bermain dengan pemain yang lebih baik.

Jalinlah hubungan yang baik dengan pemain lain, pelatih, dan profesional di industri untuk mendapatkan saran dan dukungan yang berharga.

4. Gabung atau Bentuk Tim

Dengan membangun jaringan atau terlibat dengan komunitas, kamu memiliki kesempatan untuk membentuk atau bergabung dengan sebuah tim. Setelah gabung atau membentuk tim, tingkatkan reputasimu dengan mengikuti dan memenangkan banyak kompetisi dan turnamen dari berbagai level.

Cobalah untuk mengikuti turnamen antar komunitas atau warnet game online. Ini bisa semakin mengasah kemampuan sekaligus menambah pengalaman.

Seiring dengan reputasi yang meningkat, maka skill dan kompetensi sebagai atlet esports semakin lama, akan semakin dikenal. Bukan tidak mungkin akan ada tim esports profesional yang berminat untuk merekrutmu.

4 dari 5 halaman

5. Dukung dengan Alat yang Mumpuni

Setelah kemampuan meningkat, tentu butuh dukungan lain yang dapat meningkatkan permainanmu. Skill yang sudah dilatih juga perlu didukung juga oleh alat tempur main game yang mumpuni seperti keyboard, mouse, mousepad, dan headset.

Tidak perlu mahal, yang penting nyaman digunakan dan memenuhi standar. Pastikan dulu Kamu membaca banyak review produk sebelum memutuskan untuk membeli perlengkapan gaming.

6. Tingkatkan Statistik Permainan

Statistik permainan sering dijadikan acuan seberapa jauh level atau skill permainan Kamu. Para perekrut calon atlet esport pun sering menggunakan statistik tersebut untuk mengukur apakah gamer cocok direkrut sebagai atlet esport profesional. Jadi, pastikan Kamu selalu lakukan evaluasi dan tingkatkan statistik permainan.

5 dari 5 halaman

7. Tingkatkan Kemampuan Bekerja Sama dalam Tim

Bukan hanya skill individu, kemampuan kerjasama tim juga perlu ditingkatkan. Ini bisa terwujud melalui komunikasi dan kedisiplinan yang baik. Dengan begitu tim Kamu mampu membentuk strategi sekaligus kiat jitu setiap bermain game.

8. Jaga Kondisi Fisik dan Mental

Meski kamu hendak meniti karir sebagai atlet esports, bukan berarti kamu bisa mengabaikan kesehatan. Sebab kesehatan ini juga akan memengaruhi karir jangka panjang.

Tetaplah aktif secara fisik dengan rutinitas latihan atau olahraga lainnya untuk menjaga kebugaran dan ketahanan. Selain itu, penting untuk memperhatikan pola makan yang seimbang dan istirahat yang cukup untuk memastikan tubuh dan pikiran tetap sehat.

Demikian adalah sejumlah tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai karir sebagai atlet esports atau sebagai gamer profesional. Jika semua tips tersebut dilakukan secara konsisten, impian untuk berkarir di dunia esports jelas bukan hanya sekadar impian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.