Sukses

Doa Mempercepat Pembukaan Persalinan, Agar Dilancarkan Proses Kelahiran

Kumpulan doa mempercepat pembukaan persalinan yang direkomendasikan untuk dibaca saat menjalani persalinan.

Liputan6.com, Jakarta Menunggu kelahiran bayi adalah momen yang penuh harapan dan kegembiraan bagi setiap ibu hamil. Namun, saat persalinan terhambat atau memerlukan waktu yang lebih lama dari yang diharapkan, perasaan cemas dan kelelahan dapat menghampiri. Dalam situasi seperti ini, banyak ibu mencari cara untuk mempercepat proses pembukaan persalinan secara alami dan aman. 

Selain perawatan medis yang diberikan oleh tenaga medis, doa mempercepat pembukaan persalinan menjadi salah satu sarana yang diandalkan oleh banyak ibu untuk menghadirkan kelahiran dengan kelancaran dan keberkahan. Dimana doa mempercepat pembukaan persalinan memainkan peran penting dalam membantu ibu mengatasi kecemasan, ketakutan, dan memberikan ketenangan hati. 

Doa mempercepat pembukaan persalinan merupakan sarana spiritual yang dapat membantu ibu menghadapi proses persalinan dengan penuh keberkahan. Dengan menggabungkan perawatan medis yang adekuat, doa dapat menjadi pendukung yang kuat dalam melancarkan persalinan dan memohon perlindungan serta keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (6/6/2023). Kumpulan doa mempercepat pembukaan persalinan yang direkomendasikan untuk dibaca saat menjalani persalinan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kumpulan doa mempercepat pembukaan persalinan

Doa mempercepat pembukaan persalinan adalah salah satu cara yang dilakukan oleh banyak ibu untuk menghadapi proses melahirkan dengan harapan agar persalinan berjalan dengan lancar dan cepat. Berikut ini adalah beberapa doa yang dapat dibaca dalam rangka mempercepat pembukaan persalinan:

1. Doa Agar Ibu Hamil Cepat Kontraksi

Suami dapat membaca doa berikut ini agar istrinya dimudahkan dalam mengalami kontraksi yang cepat:

"حنة ولدت مريم ، مزيم ولدت عيسى ، أخرج أيها المؤلود بقدرة الملك المعبود. اللهم صل على سيدنا محمد سهل ويسر م تعسر"

(Haanah waladat Maryam, wa Maryam waladat 'Isa, ukhruj ayyuha al-maulud bi qudrati al-malik al-ma'bud. Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad sahhilan wa yassir ma ta'assar)

Artinya: "Hanah melahirkan Maryam, Maryam melahirkan Isa. Wahai anak yang akan dilahirkan, keluarlah dengan kekuatan Tuhan Yang Maha Menguasai, Yang Diibadahi. Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, permudahlah dan mudahkanlah apa yang sulit."

2. Membaca Ayat Kursi 

Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi dalam kitab al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalami Sayyid al-Abrar, halaman 298 menjelaskan bahwa saat persalinan berlangsung, suami dapat membaca Ayat Kursi satu kali dan Surat Al-A'raf ayat 54 sambil menunggu kelahiran bayi.

Berikut bacaan Ayat Kursi yang dapat dibaca sebagai doa agar persalinan cepat:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُههُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْددِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

(Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta'khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa biidznih, ya'lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai'im min 'ilmihii illaa bimaa syaa' wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya'uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal 'aliyyul 'adhiim)

Artinya: " Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah, melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

3 dari 5 halaman

3. Doa Permudah Persalinan Nabi Zakariya

Doa berikut ini merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW untuk memohon kemudahan dalam persalinan:

"بسم الله، إني أعوذ بك من الخبث والخبائث"

(Bismillah, inni a'udhu bika min al-khubthi wal-khaba'ith)

Artinya: "Dengan nama Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan jin laki-laki dan perempuan."

4. Membaca Surat Al-A'raf Ayat 54

Salah satu doa yang dianjurkan adalah membaca surat Al-A'raf ayat 54. Ayat ini mengandung pengingat tentang kekuasaan Allah sebagai pencipta langit dan bumi. Dalam melafalkan ayat ini, ibu diharapkan memohon kemudahan dalam proses persalinan. Berikut adalah bacaan surat Al-A'raf ayat 54:

إِنَّ رَبَّكُمُ الله الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ الله رَبُّ الْعَالَمِينَ

(Inna rabbakumulladzi kholaqas samawati wal ardla fi sittati ayyamin tsummastawa 'alal 'arsyi yughsyil lailan nahara yathlubuhu hatsitsan wasy syamsa wal qamara wan nujuma musakhkharatim bi amrihi ala lahul khalqu wal amru tabârokaLlahi rabbil 'alamin)

Artinya: "Sesungguhnya Tuhan kamu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. Lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Maha Suci Allah, Tuhan seluruh alam."

4 dari 5 halaman

5. Membaca Surat Al-Falaq dan An-Nas

Selain surat Al-A'raf ayat 54, ibu juga dapat membaca surat Al-Falaq dan An-Nas. Surat-surat pendek ini memiliki keutamaan dan kekuatan tersendiri dalam melindungi diri dari segala kejahatan dan gangguan. Membaca surat ini sebanyak satu kali diharapkan dapat membantu mempercepat proses persalinan. Berikut adalah bacaan surat Al-Falaq dan An-Nas:

Surat Al-Falaq Ayat 1-5:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّحَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

(Qul a'uudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil 'uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad)

Artinya: "Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh", dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki."

Surat An-Nas:

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ. مَلِكِ النَّاسِۙ. اِلٰهِ النَّاسِۙ. مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ. الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ. مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

(Qul a'uzu birabbin-nas. Malikin-nas. Ilahin-nas. Min syarril-waswasil-khannas. Allazi yuwaswisu fi ṣudurin-nas. Minal-jinnati wan-nas)

Artinya: "Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."

5 dari 5 halaman

6. Doa saat Akan Melahirkan

Selain membaca ayat-ayat suci Al-Quran, ibu juga dapat memanjatkan doa-doa pribadi saat akan melahirkan. Berikut ini adalah dua doa yang dapat dipanjatkan saat akan melahirkan:

Doa Pertama:

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ رَبَّنَآ اِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيْهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

(Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaitanaa wa hab lamaa min ladunka rahmatan innaka antal wahhabu. Rabbanaa innaka jaami'un naasi li yaumin laa raiba fiihi. Innallaaha laa yukhliful mii'aada)

Artinya: "Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau membengkokkan hati kami sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami. Dan karuniakanlah kepada kami limpahan rahmat dari sisi-Mu; sesungguhnya Engkau jualah Tuhan Yang melimpah-limpah pemberian-Nya. Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji."

Doa Kedua:

يَافَتَاحُ يَا رَحْمٰنْ يَا رَّحِيْمُ

(Yaa fattaahu yaa rahmaan ya rahiim)

Artinya: "Wahai Dzat pembuka pintu rahmat, wahai Dzat Yang Maha Pengasih, wahai Dzat Yang Maha Penyayang."

7. Doa Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, disarankan bagi ibu untuk kembali berdoa kepada Allah SWT. Berikut bacaan doa setelah melahirkan:

أُعِيْذُهُ بِالوَاحِدِ الصَّمَدِ مِنْ شَرِّ كُلِّ ذِى حَسَدٍ

(U'iidzuhuu bil waahidis shomadi min syarri kulli dzii hasadin)

Artinya: "Aku berlindung darinya dengan pertolongan Tuhan Yang Esa, yang ditumpukan segala kehendak kepada-Nya, dari segala yang mempunyai dengki."

Semoga doa-doa ini membantu ibu dalam menghadapi proses persalinan dan memberikan kelancaran serta keberkahan dalam momen yang berharga ini. Tetaplah berdoa dan percayalah kepada Allah SWT, yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.