Sukses

8 Manfaat Kismis untuk Ibu Hamil, Konsumsi dengan Tepat

Kismis bisa memberi manfaat bagi ibu hamil.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga asupan nutrisi sehat sangat penting selama kehamilan. Selama kehamilan, ibu tak hanya memenuhi asupan untuk dirinya, tapi juga untuk janin yang dikandungnya. Maka dari itu, makanan bernutrisi tinggi dibutuhkan di masa-masa ini.

Salah satu makanan yang bisa melengkapi kebutuhan nutrisi selama kehamilan adalah kismis. Buah kering ini kaya akan nutrisi seperti kalium, kalsium dan fosfor yang menunjang pertumbuhan janin. Kismis menjadi alternatif camilan yang sehat dan nikmat. 

Kismis menawarkan banyak manfaat bagi ibu dan bayi. Kismis aman dikonsumsi dalam jumlah sedang. Kismis mengandung vitamin dan mineral yang sehat. Mereka juga bebas lemak dan kolesterol, kaya antioksidan tinggi, dan sumber serat yang sangat baik.

Semua nutrisi dalam kismis diperlukan selama kehamilan. Berikut manfaat kismis untuk kehamilan, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Rabu(30/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Kuatkan gigi

Kismis kaya akan kalsium serta asam oleanolic yang keduanya dapat membantu melindungi gigi. Karena ketidakseimbangan hormon, gigi bisa rusak selama kehamilan. Merawat mulut sangat penting dan juga berperan penting dalam mencegah mual.

Konsumsi kismis selama kehamilan dapat membantu melindungi gigi dari gigi berlubang dan kerusakan. Ini juga mencegah bau mulut yang menyebabkan bakteri dan masalah mulut lainnya. Gusi bengkak atau gingivitis adalah kondisi umum lainnya selama kehamilan.

3 dari 10 halaman

Cegah sembelit

Banyak wanita menderita sembelit dan masalah pencernaan lainnya selama kehamilan. Kismis kaya akan serat dan memiliki sifat pencahar lainnya, sehingga membantu meredakan sembelit.

Buah kering ini menyerap air dan menciptakan kecenderungan pencahar yang memudahkan buang air besar. Makan kismis dapat mencegah sekaligus menyembuhkan sembelit ringan.

4 dari 10 halaman

Cegah anemia

Selama kehamilan, wanita cenderung mengalami anemia karena memberikan nutrisi untuk janin yang sedang tumbuh. Kismis mengandung Vitamin B kompleks, zat besi dan beberapa mineral yang meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Ini membantu mencegah anemia dan mencegah kelemahan dan masalah lain selama fase ini.

Kismis juga sangat tinggi zat besi. Zat besi sangat penting karena membantu mengatur aliran darah, memelihara kesehatan jantung, dan memastikan bahwa sumber sel darah pembawa oksigen yang sehat melewati paru-paru. Anemia defisiensi zat besi merupakan keluhan umum selama kehamilan. Kismis juga mengandung vitamin C yang baik yang membantu menurunkan risiko anemia.

5 dari 10 halaman

Sehatkan pencernaan

Selama kehamilan, tubuh wanita berjuang untuk memecah makanan. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan banyak masalah pencernaan, tetapi kismis membantu mengaturnya. Kandungan serat yang tinggi pada kismis juga membantu meningkatkan fungsi pencernaan di dalam tubuh.

Serat dalam kismis membantu membersihkan saluran pencernaan dan membuang bahan limbah dan zat beracun dari tubuh. Kandungan magnesium dan kalium dalam kismis juga mengurangi keasaman dan memudahkan pencernaan makanan.

6 dari 10 halaman

Cegah kanker

Karena tubuh mengalami begitu banyak perubahan selama kehamilan, maka tubuh lebih rentan terhadap masalah serius seperti kanker. Antioksidan yang ditemukan dalam kismis melawan radikal bebas yang ada di tubuh yang merupakan penyebab utama pembentukan tumor kanker.

Kismis adalah sumber luar biasa dari fitonutrien, seperti fenol dan polifenol. Jenis nutrisi ini dianggap sebagai antioksidan. Antioksidan membantu menghilangkan radikal bebas dari darah dan dapat mencegah kerusakan pada sel dan DNA. Ini dapat mencegah penyakit seperti kanker, jantung, dan stroke.

7 dari 10 halaman

Tinggi energi

Kismis dikenal sebagai sumber glukosa alami yang sangat baik. Karena tubuh mengalami begitu banyak perubahan selama kehamilan, dibutuhkan energi untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi. Kismis dapat memberi dukungan energi ekstra selama kehamilan.

Kismis juga memperkuat sistem kekebalan ibu dan membantu mengatasi perubahan yang dialaminya. Ini memberikan kekuatan fisik yang sangat dibutuhkan selama persalinan dan melahirkan.

8 dari 10 halaman

Tingkatkan fungsi penglihatan bayi

Janin sangat bergantung pada ibu untuk semua kebutuhannya, termasuk pertumbuhan organnya. Mengonsumsi kismis selama kehamilan membantu janin yang sedang tumbuh mengembangkan penglihatan yang baik. Kandungan vitamin A dalam kismis membantu dalam perkembangan penglihatan.

Kismis mengandung polifenol, yaitu antioksidan yang dapat melindungi sel-sel di mata.

9 dari 10 halaman

Kuatkan tulang bayi

Kismis mengandung banyak kalsium dan zat besi. Makan kismis, saat hamil, membantu memperkuat tulang bayi. Salah satu mineral terpenting dalam tubuh adalah kalsium. Mineral ini bertanggung jawab untuk kesehatan tulang dan gigi.

Faktanya, kalsium dua kali lebih penting bagi wanita hamil karena sangat penting untuk perkembangan tulang bayi di dalam rahim. Ini memastikan kepadatan tulang bayi tetap pada tingkat normal dan berkembang dengan tepat.

10 dari 10 halaman

Porsi kismis untuk ibu hamil

Kismis aman dikonsumsi selama kehamilan dalam jumlah sedang. Segenggam kismis sehari bisa dikonsumsi selama kehamilan. Meskipun kismis memiliki nilai gizi yang tinggi dan menawarkan manfaat kesehatan, kismis bisa berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Ini karena kismis mengandung gula yang cukup tinggi. Jika Anda menderita diabetes gestasional atau masalah medis lainnya, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencari alternatif alami lain selain kismis.

Cara lain untuk mengonsumsi kismis dengan aman adalah dengan merendam segenggam kismis dalam air dingin selama satu jam. Tiriskan rendaman kismis dan kismis siap dikonsumsi dengan kadar gula yang rendah.

Anda juga bisa menambahkan kismis ke air mendidih, dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Anda bisa mengonsumsi airnya dalam jumlah kecil sepanjang hari. Kismis juga bisa dicampurkan bersama kacang-kacangan sebagai camilan sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.