Sukses

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Origami, Mudah dan Menyenangkan

Cara membuat kincir angin dari kertas origami bisa diikuti dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kincir angin dari kertas origami tidaklah sulit. Hal ini tentunya dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan selama di rumah. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya bersama teman-teman sebagai keterampilan untuk hiasan.

Kertas origami berwarna-warni yang nantinya dijadikan kincir angin ini tentunya disukai banyak anak-anak. Selain karena warnanya, kincir angina dari kertas origami ini cocok sekali dijadikan dekorasi dalam ruangan ataupun di pekarangan agar terlihat makin indah.

Cara membuat kincir angin dari kertas origami bisa diikuti dengan mudah. Dengan membuat kincir angin dari kertas origami tentunya juga akan mengasah keterampilan dan kreatifitas kamu. Perlu diperhatikan, kamu tetap harus berhati-hati dalam membuatnya, terutama saat menggunakan gunting.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/7/2020) tentang cara membuat kincir angin dari kertas origami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Origami (Alat dan Bahan)

Cara membuat kincir angin dari kertas origami ini bisa kamu ikuti di rumah. Jika perlu bantuan, kamu bisa meminta tolong papa mama atau kakak untuk melakukan bagian yang agak sulit dilakukan.

Sebagai cara membuat kincir angin dari kertas origami, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan dan bahan-bahannya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk berhati-hati agar tangan kamu tidak terluka dan kincir angin yang kamu buat memiliki bentuk yang indah.

Alat dan bahan:

-  Kertas Origami

-  Penggaris

-  Pensil atau pulpen

-  Pewarna untuk kertas seperti spidol, krayon, atau cat

-  Lem kertas

-  Jarum pentul

-  Tongkat kayu kecil

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Origami (Gambar Pola)

Sebagi cara membuat kincir angin dari kertas origami pertama, kamu perlu membuat gambarnya terlebih dahulu agar lebih mudah. Setelah selesai menggambar pola, kamu bisa menggunting sesuai dengan pola tersebut, sehingga prosesnya akan semakin mudah dan rapi.

Sebagai cara membuat kincir angina dari kertas origami, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat pola persegi yang memiliki ukuran 17,5 x 17,5 cm dengan menggunakan penggaris di sebuah kertas yang kosong. Garis kertas tersebut menggunakan pensil, lalu gunting kertas mengikuti garis sesuai pola yang telah dibuat.

2. Gambar empat persegi pada kertas yang sudah dipotong ukurannya menjadi 17,5 x 17,5 cm. Gunakan penggaris untuk membagi wilayah kertas dengan area yang tepat. Bagian tengah kertas harus berada pata titik 8,75 cm.

3. Gunakan pensil untuk membuat garis lipat ini, tujuannya agar tidak meninggalkan bekas goresan yang susah untuk dihapus. Warnai keempat bidang yang telah dibagi tadi dengan cat atau bisa juga menggunakan kertas warna lain dengan cara menempelkan kertas warna tersebut dengan menggunakan lem.

4. Usahan keempat bidang tersebut menggunakan warna yang berbeda, ya. Selain menggunakan kertas warna, kamu juga bisa menggunakan lapisan alumunium, sehingga kincir angin tampak berkilau saat terkena pancaran sinar.

5. Tunggu kertas yang diwarnai tadi mengering sempurna, agar saat dilipat kertas tidak mudah robek.

6. Kalau kertas yang diberi warna tadi sudah selesai, selanjutnya membuat garis diagonal dari setiap sudut kertas menuju pada bagian tengah. Buatlah garis secara mirip antar sudut kertas dengan melewati bagian tengah sampai mencapai sudut yang berlawanan.

7. Buatlah gambar garis di setiap sudut kertas hingga ke jarak 3 cm dari titik tengah. Ulangi proses ini pada setiap sudut yang ada, sehingga pada kertas terdapat 4 garis yang terpusat pada titik tengah.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Origami (Gunting)

Setelah selesai dengan menggambar pola, cara membuat kincir angin dari kertas origami selanjutnya adalah menggunting dan menambahkan tiangnya.

Sebagai cara membuat kincir angina dari kertas origami, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Gunting kertas mengikuti garis yang telah dibuat tadi, jangan mengguntingnya terlalu panjang. Sisakan jarak sekitar 3 cm dari titik tengah. Setelah itu berikan label di setiap garis misalnya, A, B, C, dan D. Setiap potongan segitiga memiliki satu huruf sebagai tanda.

2. Menambahkan tiang untuk kincir angin

3. Setelah itu lipat kertas pada sisi yang sudah diberi tanda A, B, C, dan D tadi ke tengah persegi. Gunakan jari kamu untuk menahan lipatan, setelah itu masukkan jarum pentul tepat di pusat lipatan A, B, C, dan D semuanya bertumpuk menjadi satu. Kemudian pasang sebuah manik kecil pada ujung jarum yang tajam.

4. Setelah itu letakkan kincir yang sudah jadi, lalu ambil tiang kayu kecil yang telah kamu siapkan. Basahi kayu dengan menggunakan air, lalu tekan jarum pada kayu tadi sampai menancap. Pastikan jarum menancap pada kayu dengan kuat.

5. Sekarang, kincir angin kertas sudah jadi dan siap untuk dimainkan atau dijadikan dekorasi di rumah.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kincir Angin dari Sampah Plastik

Selain cara membuat kincir angin dari kertas origami, kamu juga bisa menerapkannya dengan menggunakan sampah plastik. Ini tentunya akan lebih mudah dan juga membuat kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai.

Alat dan bahan:

- Tutup botol plastik

- Sedotan plastik

- Batang lidi

- Kardus bekas

- Lakban

- Gunting

- Steples

Cara Membuat Kincir Angin dari Plastik Bekas:

1. Membuat bagian kincir angin

2. Ambil tutup botol bekas yang telah disiapkan tadi. Kemudian potong pinggirannya menjadi empat bagian, sampai menjadi nampak mekar pada tutup botolnya.

3. Kemudian ambil kardus bekas, buatlah pola baling-baling. Buatlah baling yang aerodinamis agar memudahkan kincir berputar dengan cepat. Jangan lupa untuk mengukur bagian bawah baling dengan tutup botol, ya.

4. Setelah menggambar pola, gunting atau potong pola tersebut. Lalu cetak tiga baling lainnya pada kardus dan potong dengan cara yang sama. Setelah baling-baling selesai dibuat, beri lubang pada bagian tengah tutup botol yang sudah dipotong tadi.

5. Kamu bisa menggunakan kunting atau benda tajam lainnya untuk memberi lubang pada tutup botol. Setelah itu pasang baling-baling yang sudah dibuat tadi ke tutup botol. Gunakan steples untuk merekatkannya.

6. Pasang Baling-baling pada lidi

7. Masukkan batang lidi yang sudah disiapkan tadi ke lubang tengah tutup botol. Agar tidak lepas, kamu tambahkan lakban pada bagian depan kincir anginnya.

8. Masukkan sedotan ke lidi tadi. Lalu tambahkan ikatan karet pada bagian ujungnya agar kincir tidak jatuh dari sedotan. Kamu juga bisa memberikan warna pada kincir angin tersebut sesuai dengan selera, ya.

9. Kincir angin dari bahan sampah plastik sudah selesai. Kamu bisa bermain dengan kincir angin buatan sendiri. Selain cara membuatnya yang mudah, di sini kamu juga turut menjaga lingkungan karena telah memanfaatkan bahan-bahan untuk dijadikan benda bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini