Sukses

20 Makanan Aneh di Dunia, Unik dan Berbeda Setiap Negara

Makanan aneh di dunia yang membuat nafsu makan hilang.

Liputan6.com, Jakarta Makanan aneh di dunia memang cenderung dianggap unik dan ekstrem bagi sebagian orang Indonesia. Tentu saja hal ini disebabkan karena lidah dan kebiasaan konsumsi makanan setiap negara berbeda-beda.

Makanan yang tidak lazim dikonsumsi oleh orang Indonesia justru dianggap lazim oleh negara tetangga. Makanan aneh di dunia kebanyakan berasal dari bahan makanan yang tidak biasa disajikan di meja makan. Hal inilah yang membuat makanan ini dikategorikan sebagai makanan aneh, bahkan oleh kebanyakan orang.

Banyak orang pasti lebih suka mengonsumsi makanan yang enak dan mewah bukan? Tetapi jangan heran kalau makanan aneh di dunia ternyata banyak juga peminatnya.

Berikut kumpulan makanan aneh di dunia yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Makanan Aneh di Dunia

1. Balut

Balut merupakan makanan aneh yang terbuat dari telur yang sudah berembrio. Telur-telur ini memang sengaja dibiarkan hingga embrio di dalamnya mulai berwujud. Kemudian telur-telur ini dimasak ke dalam air mendidih. Cara memakannya dengan diberi garam sedikit. Dan makanan ini juga biasa digunakan untuk suatu upacara di daerah setempat (Filipina).

2. Haggis

Haggis merupakan makanan aneh yang terbuat dari jeroan yang berisikan paru-patu, hati, dan jantung domba. Jeroan tersebut dicincang dan dipadukan dengan berbagai macam rempah-rempah seperti garam, suet, oat, dan kaldu. Tampilannya juga cukup aneh karena sebelum direbus, satu kesatuan jeroan dan rempah-rempahnya dibungkus ke dalam lambung domba baru. Kemudian semuanya direbus kurang lebih 3 jam.

3. Black Pudding

Black pudding merupakan makanan aneh yang terbuat dari sosis dan darah. Bukan pudding manis tetapi puding gurih lebih tepatnya. Sosis ini akan dimasak dengan darah, lalu dibekukan. Makanan ini biasa digunakan untuk sarapan pagi.

3 dari 8 halaman

Makanan Aneh di Dunia

4. Surstromming

Surstromming merupakan makanan aneh yang terbuat dari ikan. Tetapi ikan yang dibusukkan di dalam kaleng dalam jangka waktu yang cukup lama. Menurut sebagian orang bau busuk dari makanan ini sangat membangkitkan selera.

5. Scrapple

Scrapple merupakan makanan aneh yang terbuat dari bagian tubuh babi. Makanan ini bagian dari pengisi roti. Pengisi ini dibuat semacam agar-agar yang dibuat dari bagian tubuh babi seperti bibir, moncong, atau bagian organ lainnya. Semua bagian dimasak sebentar lalu dituangkan dalam cetakan untuk mengeraskan dan dibuat semacam agar-agar.

6. Escamoles

Escamoles merupakan makanan aneh yang terbuat dari telur semut hitam raksasa Liometopum. Uniknya lagi, telur dari semut ini sulit untuk ditemukan karena semut ini juga sangat berbisa. Makanan ini biasa disantap dalam taco dengan guacamole.

4 dari 8 halaman

Makanan Aneh di Dunia

7. Casu Marzu

Casu Marzu merupakan keju domba susu yang telah sengaja terserang oleh larva casei Piophila atau lalat keju. Kemudian akan dihasilkan sarat-belatung bom kentut. Rasa makanan aneh ini cukup kuat dan membakar lidah.

Larvanya sulit dicerna bahkan terkadang bisa hidup cukup lama di usus untuk berkembang biak. Larva ini bisa berusaha menembus dinding perut dan menyebabkan muntah dan diare berdarah.

8. Baby Mice Wine

Baby Mice Wine merupakan makanan aneh yang terbuat dari bayi tikus yang difermentasi. Hidangan ini biasa dijadikan hidangan pencuci mulut dan sering disebut anggur bayi tikus. Rasanya seperti bensin mentah. Dan di Cina dan Korea biasa digunakan untuk pengobatan tradisional.

9. Pacha

Pacha merupakan makanan aneh yang terbuat dari kepala kambing. Kepala kambing ini biasa didapat saat umat Muslim merayakan hari raya kurban atau Idul Adha. Pada hari itu banyak sekali daging hewan kurban yang dibagi-bagikan kepada masyarakat dan salah satunya adalah daging kambing.

Daging kambing ini biasa diolah menjadi sate, gulai, dan sop kambing. Tapi di Iraq ada satu olahan kambing yang cukup ekstrim bagi kita yaitu Pacha. Pacha adalah olahan kepala kambing yang direbus terlebih dahulu hingga matang. Dan kemudian disantap untuk hidangan hari raya kurban.

5 dari 8 halaman

Makanan Aneh di Dunia

10. Bola Mata Ikan Tuna

Di Jepang, bola mata ikan Tuna yang masih mentah atau yang sudah diolah, di santap sebagai “cemilan” di saat senggang. Hal ini disebabkan karena bola mata ikan Tuna dipercaya dapat menambah stamina. Tentu saja agar pengonsumsi bisa lebih produktif menjalani aktivitas sehari-hari.

11. Burger Cindil

Makanan aneh ini merupakan burger dengan daging anak tikus. Memilih anak tikus karena menurut sebagian orang, cindil atau anak tikus yang baru lahir di percaya bisa menambah stamina dan membuat tubuh lebih fit. Bahkan cindil juga dipercaya memiliki kandungan protein yang tinggi. Makanan ini biasa dikonsumsi oleh penduduk China.

12. Plasenta Janin Manusia

Plasenta manusia juga termasuk bahan makanan yang cukup populer. Hal ini disebabkan karena beberapa orang meyakini plasenta bayi dapat mencegah depresi dan gangguan kehamilan selanjutnya. Makanan aneh ini biasa dikonsumsi di Amerika, Eropa, Meksiko, Hawai, dan China.

6 dari 8 halaman

Makanan Aneh di Dunia

13. Serangga Goreng

Makanan aneh selanjutnya adalah Kecoa Goreng. Ada yang terbuat dari kecoa, jangkrik, bahkan Kalajengking. Makanan ini bahkan biasa dijadikan sebagai kudapan favorit oleh sebagian orang. Cara mengolahnya juga cukup mudah, bisa digoreng dengan mentega atau minyak wijen.

14. Sup Kelalawar

Sup yang terbuat dari kelelawar ternyata juga banyak sekali penggemarnya. Hal ini disebabkan karena banyak yang meyakini sup dapat meningkatkan gairah dan stamina. Serta mampu mencegah dan mengatasi penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dan jantung.

15. Kepala Salmon Fermentasi

Makanan aneh ini biasa disebut dengan ‘kepala bau’. Kepala ikan salmon diolah dengan fermentasi. Dan makanan aneh ini merupakan masakan tradisional di Alaska.

Cara memasaknya juga cukup mudah. Kepala ikan salmon dipotong, kemudian dikubur dalam tanah selama beberapa minggu sampai membusuk. Terakhir kepala ikan salmon ini dihancurkan dan dihaluskan sampai seperti puding lalu disajikan.

7 dari 8 halaman

Makanan Aneh di Dunia

16. Ulat Mopane

Ulat Mopane merupakan makanan aneh khas Zimbabwe. Perlu diketahui juga kalau penduduk Zimbabwe ini sangat sangat menyukai ‘Cacing Mopane’. Caing ini berbentuknya mirip dengan ulat besar dari spesies Belina Gonimbrasia, biasa disebut ngengat kaisar atau Worms. Disebut cacing Mopane karena memakan daun dari pohon Mopane.

Di Zimbabwe cacing ini biasa diolah kering, renyah seperti keripik kentang atau dimasak basah dengan saus. Cara membuatnya juga tidak kalah unik, pertama dengan mengumpulkan cacing dalam ember, kemudian cacing diremas untuk dikeluarkan isi perutnya, terakhir dikeringkan. Seorang ahli nutrisi dari Zimbabwe, Marlon Chidemo juga mengatakan cacing ini tinggi nutrisi dan memiliki kandungan protein tiga kali dari protein daging sapi.

17. Hasma

Di negara China, banyak orang yang percaya bahwa hasma adalah makanan penutup yang sempurna. Makanan aneh ini terbuat dari saluran reproduksi katak. Saluran reproduksi katak ini biasa dijual dalam bentuk kering dan bisa mengembang atau membengkak 10-15 kali saat diberi air. Memasaknya hanya cukup dengan menambahkan gula saja.

18. Cockscomb/Jengger Ayam

Makanan aneh ini terbuat dari bagian atas kepala ayam jantan atau biasa disebut jengger ayam. Di beberapa negara makanan aneh ini termasuk dalam masakan tradisional. Begitu juga dengan hidangan Italia yang disajikan dengan saus.

 

8 dari 8 halaman

Makanan Aneh di Dunia

19. Sannakji

Di Korea, ada makanan aneh tetapi banyak sekali yang menyukainya. Terbuat dari bayi gurita dan dinikmati ketika bayi gurita masih hidup. Sannakji ini disajikan dengan minyak wijen dan lalu dipotong-potong sesuai keingginan pelanggan.

20. Tikus Panggang

Tikus panggang merupakan salah satu makanan aneh yang terbuat dari tikus dan bumbu panggang. Menggunakan cita rasa rempah dengan paduan daging tikus sawah dapat tercipta cita rasa yang khas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.