Sukses

15 Cara Membasmi Tikus di Musim Hujan, Cegah Penyakit

Tikus termasuk hewan pembawa penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Cara membasmi tikus bisa mencegah penyakit yang disebabkan oleh hewan pengerat ini. Tikus termasuk hewan merugikan di rumah. Ia bisa mengerat barang-barang dan meninggalkan kotoran.

Kotoran dari tikus menjadi penyebab penyakit berbahaya seperti PES dan Hantavirus. Cara membasmi tikus tentunya penting diketahui. Ada banyak cara membasmi tikus yang ampuh dilakukan. 

Salah satu cara membasmi tikus adalah memasang racun. Tapi, racun bisa saja termakan oleh hewan peliharaan atau bahkan terjangkau oleh anak. Ini sebabnya, penting mengetahui cara membasmi tikus yang aman.

Cara membasmi tikus ini terbilang aman karena tak menggunakan racun tikus. Berikut cara membasmi tikus, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(19/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara membasmi tikus

Memelihara kucing

Cara membasmi tikus yang aman dan ampuh adalah memelihara kucing. Jika tidak ada anggota keluarga yang memiliki alergi kucing, memelihara kucing mungkin merupakan cara termudah untuk menyingkirkan tikus. Kucing merupakan predator yang baik untuk memburu tikus.

Gunakan minyak esensial

Bau kuat minyak peppermint dan minyak cengkeh bisa membantu dalam cara membasmi tikus. Basahi bola kapas dengan minyak esensial ini dan letakkan di area yang menarik tikus seperti laci, lemari, dan pintu masuk rumah. Meskipun baunya saja tidak akan cukup untuk menghilangkan tikus sepenuhnya, cara ini dapat digunakan bersama dengan metode lain.

3 dari 8 halaman

Cara membasmi tikus

Perangkap jepret

Perangkap jepret merupakan cara membasmi tikus yang umum digunakan. Jika digunakan dengan benar, perangkap tikus ini membunuh tikus dengan cepat, menjadikannya cara yang efisien untuk memusnahkan seluruh populasi. Ada berbagai jenis jebakan jepret, termasuk bar, kerang, dan perangkap tersembunyi.

Lem tikus

Lem tikus bisa menjadi cara membasmi tikus yang efektif. Cukup taruh perangkap lem tikus di tempat yang sering dilalui tikus. Tikus akan menempel pada papan lem perekat.

4 dari 8 halaman

Cara membasmi tikus

Perangkap sangkar

Mirip dengan yang digunakan untuk mamalia yang lebih besar, perangkap ini menangkap, tetapi tidak membunuh tikus. Mereka adalah jenis perangkap sangkar tertentu dengan pintu yang diaktifkan pemicu, yang tidak akan dibuka kembali sampai melepaskan hewan pengerat yang ditangkap.

Larutan cabai

Umpan beracun mungkin tampak seperti solusi yang mudah, tetapi juga bisa berisiko. Racun dapat membuat hewan peliharaan dan anak-anak sakit di rumah, jadi lebih aman menggunakan umpan dan perawatan yang tidak beracun. Cobalah larutan cabai pekat. Cara membasmi tikus ini adalah dengan menyemprotkan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, tetapi tempat yang sering dikunjungi tikus, seperti di bawah kompor atau di belakang lemari.

5 dari 8 halaman

Cara membasmi tikus

Bawang putih

Bawang putih bisa ditanam sebagai cara pembasmi tikus. Anda juga dapat menggunakan bawang putih sebagai pengusir tikus tanpa benar-benar menanamnya jika mau. Buat bubur bawang putih dari empat atau lima siung, dan tambahkan ke satu liter air. Semprotkan di sekitar halaman atau di mana pun tikus berkeliaran.

Sage

Baik sage putih atau hijau dapat ditanam untuk mengusir tikus karena bau yang kuat dari kedua varietas. Sage bukan tanaman pilih-pilih dan akan tumbuh dengan baik di semua jenis tanah selama ada drainase yang layak, dan harus ada sinar matahari hampir sepanjang hari.

6 dari 8 halaman

Cara membasmi tikus

Daun mint

Ada banyak varietas mint yang berbeda, dan semuanya memiliki daun aromatik yang dapat mencegah serangga dan tikus. Spearmint mungkin yang terkuat. Seperti kebanyakan herbal abadi, mint tidak memerlukan kondisi pertumbuhan khusus dan akan tumbuh subur di tempat yang mendapat banyak sinar matahari.

Lavender

Minyak lavender merupakan penolak yang efektif untuk hewan pengerat, seperti tikus dan tikus, karena tidak menyukai baunya. Tikus sangat membenci aroma lavender, jadi jika Anda mengaplikasikannya dengan benar, ini mungkin cara yang baik untuk menakut-nakuti mereka dan menghindari perkembangannya.

Mengkudu

Buah mengkudu sangat bermanfaat sebagai cara membasmi tikus. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghancurkan buah mengkudu kemudian larutkan pada air. Semprotkan larutan tersbeut pada area yang sering dilalui oleh tikus atau semprotkan pada lubang tikus. Cara ini akan membuat tikus kabur dari rumah dan tidak berani datang lagi.

7 dari 8 halaman

Cara membasmi tikus

Tutup akses tikus

Setelah mengidentifikasi beberapa titik masuk yang digunakan tikus, seperti di bawah wastafel di sekitar pipa atau di bagian belakang lemari yang terdapat kabel, tutupi dengan selotip.

Bersihkan makanan hewan peliharaan

Pindahkan makanan anjing dan kucing ke wadah penyimpanan yang tertutup rapat dan kedap udara segera setelah membelinya. Sisa makanan hewan peliharaan bisa menjadi undangan bagi tikus. Makanan hewan peliharaan kering adalah mana dari surga bagi hewan pengerat, jadi simpanlah dalam wadah tertutup rapat di atas lantai.

8 dari 8 halaman

Cara membasmi tikus

Tutup tempat sampah

Cara membasmi tikus selanjutnya adalah menutup tempat sampah. Tong sampah dan tempat sampah yang disimpan di samping rumah atau garasi akan menjadi panggilan untuk tikus. Tutup rapat tempat sampah yang ada di dalam rumah. Atau jauhkan tempat sampah dari rumah. Letakkan di platform di atas tanah, dan sebagai pencegahan tambahan, kencangkan tutupnya dengan tali

Bersihkan lantai

Selalu sapu lantai dari remah makanan. Jangan pernah meninggalkan mangkuk makanan hewan yang belum dimakan di piring di lantai. Jika Anda memiliki burung peliharaan, sapulah benih-benih yang bertebaran di lantai di bawah kandang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.