Sukses

Wisata Hutan Mangrove Surabaya, Lokasi dan Tiket Masuk

Wisata hutan mangrove Surabaya bisa jadi alternatif rekreasi keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Wisata hutan mangrove Surabaya bisa jadi alternatif rekreasi keluarga. Tak hanya sebagai perlindungan bagi kawasan pesisir, hutan mangrove kini menjadi potensi wisata yang eksotis. Wisata hutan mangrove Surabaya ini menawarkan rimbunan pohon mangrove yang tumbuh di sepanjang garis pantai.

Wisata hutan mangrove Surabaya merupakan salah satu pesona alam di Kota Pahlawan. Wisata hutan mangrove Surabaya kini dikembangkan pemerintah sebagai wana rekreasi bagi warga yang ingin melepas penat. Fasilitas yang ditawarkan di wisata hutan mangrove Surabaya ini sudah tergolong lengkap dan terawat.

Ada dua destinasi wisata hutan mangrove Surabaya. Keduanya dapat dengan mudah dijangkau. Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan ini.

Lokasi dan tiket masuk ke kawasan mangrove Surabaya ini juga sangat terjangkau. Berikut ulasan mengenai wisata hutan mangrove Surabaya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Ekowisata Mangrove Wonorejo

Wisata hutan mangrove Surabaya yang jadi andalan kota ini adalah Ekowisata Mangrove Wonorejo. Mangrove Wonorejo merupakan kawasan konservasi bakau yang sekaligus dikelola sebagai ekowisata. Tempat ini cocok bagi Anda yang bosan dengan keriuhan kota.

Ekowisata Mangrove Wonorejo memiliki luas lebih dari 800 hektare. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di sini. Terdapat pendopo, kantin, tempat memancing, hingga jogging track dengan panjang sekitar 2 kilometeryang dapat dinikmati para pengunjung.

3 dari 7 halaman

Flora dan fauna di Ekowisata Mangrove Wonorejo

Lebih dari setengah jenis bakau yang ada di Indonesia tumbuh subur di kawasan ini. Vegetasi asli yang tumbuh di daerah ini didominasi oleh bakau, api-api, pidada, dan buta-buta. Beberapa jenis tumbuhan lain juga ditemukan di kawasan wisata hutan mangrove Surabaya ini seperti ketapang dan nipah.

Selain mangrove, terdapat pula 83 spesies burung eksotik dan langka seperti bambangan kuning, cangak merah, perkutut Jawa, dan punai gading. Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan kepiting rawa di akar pohon mangrove. Ada pula monyet berekor panjang yang hidup bebas di kawasan ini.

4 dari 7 halaman

Lokasi dan tiket masuk

Ekowisata Mangrove Wonorejo berada di pantai bagian timur Surabaya. Kawasan ekowisata ini tak jauh dari pusat kota, tepatnya berada di Jalan Raya Wonorejo, Rungkut, Surabaya.

Untuk dapat masuk ke kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo pengunjung tidak dikenai biaya alias gratis. Namun, bagi yang ingin merasakan sensasi menyusuri hutan bakau dengan perahu, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Pengunjung bisa menyusuri muara Sungai Brantas dengan perahu untuk mengetahui kekayaan hayati yang dimiliki hutan ini dengan waktu sekitar 20 menit. Selain perahu pengunjung juga bisa menyewa speedboat dengan kapasitas 6 orang dengan biaya sekitar Rp 300.000.

Wisata mangrove dibuka pada hari Sabtu dan Minggu juga hari libur dan buka mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Sedangkan pada hari kerja, pengunjung harus menghubungi pihak pengelola wisata mangrove terlebih dahulu jika ingin melakukan kunjungan studi bagi pelajar.

5 dari 7 halaman

Wisata Mangrove Gunung Anyar

Secara administratif, Wisata Mangrove Gunung Anyar memang berada di Kabupaten Sidoarjo. Namun, wisata ini menjadi pilihan favorit warga Surabaya untuk menikmati kesejukan hutan mangrove. Wisata Mangrove Gunung Anyar serupa dengan Mangrove Wonorejo.

Pembangunan Wisata Mangrove Gunung Anyar terus dikembangkan usai dicanangkannya rencana pembuatan Kebun Raya Mangrove di Surabaya. Beragam fasilitas rekreasi tersedia di kawasan ini. Pengunjung dapat menikmati kawasan hutan mangrove berpadu dengan fasilitas yang ada.

6 dari 7 halaman

Aktivitas yang bisa dilakukan di Wisata Mangrove Gunung Anyar

 

Di kawasan ini terdapat jogging track sepanjang 20 meter yang terbuat dari bambu dan disusun memanjang melintasi kawasan pohon mangrove. Pengunjung bisa jogging santai menikmati hijaunya hutan mangrove ditemani kicauan burung yang merdu.

Di sepanjang kawasan ini terdapat spot foto dengan lansekap hijaunya hutan bakau yang banyak dicari pengunjung. Tempat foto ini berupa lingkaran bambu yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Ada pula gazebo yang berada di tengah hutan bakau tempat pengunjung bisa bersantai. Di ujung timur Kebun Raya mangrove di Surabaya, terdapat terdapat menara pandang setinggi 12 meter yang bisa digunakan unuk melihat kawasan mangrove dari ketinggian.

Terdapat pula wisata perahu yang membawa pengunjung berkeliling hutan mangrove. Pengunjung juga bisa belajar tentang konservasi mangrove.

7 dari 7 halaman

Lokasi Wisata Mangrove Gunung Anyar

 

Wisata Mangrove Gunung Anyar berada tak jauh dari Mangrove Wonorejo. Wisata Mangrove Gunung Anyar berlokasi di Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Wisata Mangrove Gunung Anyar dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan bermotor.

Wisata Mangrove Gunung Anyar buka dari pukul 08.00-17.00 WIB. Untuk dapat memasuki kawasan ini Anda tak dikenakan tiket masuk alias gratis. Cukup membayar parkir kendaraan yang dibawa. Tapi, bagi yang ingin ikut menaiki perahu, dikenakan biaya tambahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.