Sukses

Tak Lepaskan Lensa Kontak Saat Mandi, Pria Ini Alami Kebutaan

Pria 29 tahun ini akhirnya alami kebutaan setelah gunakan lensa kontak saat mandi.

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan lensa kontak memang menjadi pilihan untuk tampil praktis dan modis bagi orang yang menggunakan kacamata. Selain bisa membantu penglihatan tanpa kacamata, tampilan modis lensa kontak juga diminati masyarakat.

Akan tetapi menggunakan lensa kontak secara tidak tepat dapat mengakibatkan kerusakan pada mata yang berujung pada kebutaan lho. Maka dari itu penggunaan lensa kontak harus berhati-hati dan selalu memperhatikan kebersihan ketika menggunakannya.

Seperti kejadian yang menimpa salah seoarang pria asal Inggris. Pria ini harus mengalami kebutaan pada mata sebelah kanannya setelah gunakan lensa kontak secara tidak tepat.

Berikut kisah pria yang gunakan lensa kontak yang akibatkan kebutaan seperti Liputan6.com lansir dari Worldoffbuzz, Senin (15/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gunakan Lensa Kontak Sejak Tahun 2013

Nich Humphreys, pria berusia 29 tahun ini telah mengenakan kacamata sejak berusia 4 tahun. Namun dirinya mulai menggunakan lensa kontak bulanan yang setiap kali ia beli dengan harga Rp 400 ribuan dari tahun 2013.

Sejak saat itulah dirinya gunakan lensa kontak lima hari dalam seminggu dan hari lainnya gunakan kacamata. Pada Januari 2018, setelah sekian lama gunakan lensa kontak, dirinya menemukan goresan di matanya ketika bangun tidur dan tidak bisa melihat dari mata kanannya.

Mulai dari sinilah penglihatannya memburuk sepanjang minggu. Setelah itu dia pergi ke optik yang mengatakan kepadanya bahwa dirinya memiliki bisul pada matanya dan merujuknya ke Rumah Sakit Royal Shrewsbury.

Dokter mengatakan kepadanya bahwa ia telah mengidap Acanthamoeba keratitis (AK), infeksi kornea yang disebabkan oleh organisme mikroskopis yang ditemukan dalam air. Dan ini dimungkinkan karena ia mandi sambil mengenakan lensa kontaknya pada kesempatan yang tak terhitung jumlahnya.

 

3 dari 4 halaman

Tetap Gunakan Lensa Kontak Saat Mandi

Pria ini sering memakai lensa kontaknya saat mandi di pagi hari sebelum berangkat kerja.

"Pada suatu pagi seperti biasa saya bangun, lalu pasang lensa saya dan pergi ke gym sebelum bekerja, saya pun akan mandi sebelum menuju ke kantor," katanya pada Shropshire Star.

Dirinya tidak mengetahui akan bahaya gunakan lensa kontak saat mandi.

“Aku tidak memikirkannya saat itu. Saya tidak pernah diberitahu untuk tidak memakai lensa kontak di kamar mandi, tidak ada peringatan pada kemasan dan petugas optik saya tidak pernah menyebutkan risiko," ungkapnya.

Memang kejelasan dalam penyebab penyakitnya pun belum diketahui sebenarnya.

“Saya memberi tahu dokter bahwa saya telah membaca beberapa cerita horor tentang hal itu dan bertanya apakah mata saya perlu dilepas. Dia hanya menatapku dan berkata, "Itu bisa jadi kemungkinan." Saat itulah aku menyadari itu serius," kata Nick.

 

4 dari 4 halaman

Diberikan obat tetes oleh dokter

Dia kemudian diresepkan obat tetes mata desinfektan selama tiga minggu, yang tampaknya meningkatkan penglihatannya. Namun, pada Maret 2018, Nick terkejut menemukan bahwa dia benar-benar buta di mata kanannya.

Dirinya pun menyesal, karena pernah memakai lensa kontak secara sembarangan, walaupun dirinya telah berhati-hati.

"Aku bisa jujur ​​mengatakan jika aku punya ide sedikit pun bahwa ini adalah kemungkinan kecil, aku tidak akan pernah memakai lensa kontak. Sangat penting bahwa orang-orang di luar sana tahu bahwa ini adalah kenyataan dan itu bisa terjadi karena sesuatu yang sederhana seperti memakainya saat mandi, ” katanya dilansir dari worldoffbuzz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.