Sukses

10 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi memiliki kandungan nutrisi yang melimpah.

Liputan6.com, Jakarta Buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Buah memiliki banyak nutrisi dan ragam antioksidan yang dapat membantu melindungi gusi maupun jaringan mulut lainnya dari kerusakan sel ataupun infeksi bakteri.

Berbagai buah-buahan seperti apel, jeruk, stroberi, anggur, dan buah lainnya perlu kamu konsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini tentunya diikuti dengan kebiasaan baik lainnya seperti menyikat gigi secara rutin dan berkonsultasi dengan dokter 6 bulan sekali.

Buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi perlu dikonsumsi secara rutin. Selain itu, supaya kesehatan gigi dapat lebih optimal lagi, jangan lupa untuk mengombinasikan konsumsi buah-buahan tersebut dengan kebiasaan menyikat gigi dengan cara yang tepat dan dilakukan secara rutin.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/1/2021) tentang buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jeruk dan Apel

Jeruk

Buah jeruk merupakan buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi karena jeruk kaya vitamin C. Orang yang kekurangan vitamin C mungkin mengalami gusi berdarah, yang dapat menyebabkan gigi tidak stabil.

Pastikan kamu mengonsumsi jeruk karena kandungan nutrisi buah ini juga mampu mengatasi penyakit gusi agar tidak bertambah parah, karena dapat mengurangi peradangan. Buah-buahan segar dapat menyehatkan gusi, membantu membersihkan gigi, dan meningkatkan produksi air liur.

Apel

Buah apel memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga sangat baik untuk kesehatan gigi. Dengan adanya gerakan mengunyah saat kamu mengonsumsi buah ini, produksi air liur (saliva) juga akan menjadi lebih banyak sehingga mampu menetralkan keasaman mulut. Hal ini dapat berguna mencegah terjadinya gigi berlubang.

Tekstur dari buah apel yang sedikit kasar juga dapat ‘menggosok’ dan membersihkan permukaan gigi dari sisa makanan, termasuk plak yang menempel. Buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi ini juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga membantu mencegah gusi dan jaringan sekitarnya dari kerusakan dan infeksi bakteri.

3 dari 6 halaman

Stroberi dan Cranberry

Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C, yang sangat berguna untuk kesehatan pembuluh darah. Buah satu ini dapat meredakan peradangan, sehingga mampu menjaga kesehatan gusi kamu. Tidak hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam stroberi juga sangat berguna untuk produksi kolagen, suatu protein yang mampu melawan penyakit periodontal. Buah ini pun dipercaya dapat mencerahkan warna gigi berkat kandungan asam malat yang ada di dalamnya.

Cranberry

Buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi berikutnya adalah cranberry. Buah ini mengandung antosianin dan kaya akan polifenol, yang dapat mencegah pembentukan plak gigi sehingga mengurangi risiko gigi berlubang. Cranberry juga efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, terbentuknya plak gigi, serta mencegah radang gusi dan kerusakan gigi.

4 dari 6 halaman

Anggur dan Kismis

Anggur

Anggur sangat kaya antioksidan, yang dapat melawan bakteri penyebab penyakit periodontal. Buah berwarna ungu ini juga mengandung fungsi antosianin untuk mencegah menempelnya plak pada permukaan gigi. Bahkan, beberapa penelitian mengasumsikan bahwa anggur memiliki manfaat untuk mengurangi risiko kanker mulut.

Kismis

Kismis adalah anggur yang sudah dikeringkan. Mengonsumsi kismis dapat membantu dalam mendapatkan gigi dan gusi yang sehat. Senyawa fitokimia yang terdapat dalam kismis dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi. Selain itu, rasa manis yang dihasilkan kismis tidak mengandung pemanis buatan sehingga baik untuk dijadikan camilan sehari-hari.

5 dari 6 halaman

Pir dan Kiwi

Pir

Buah pir memiliki manfaat dalam menetralkan asam di dalam mulut. Dengan kondisi tersebut, mulut akan selalu segar sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak dan mengancam kesehatan gigi.

Kiwi

Buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi selanjutnya adalah kiwi. Kiwi adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C. Buah ini terbukti dapat membasmi bakteri di mulut dan meningkatkan asupan kolagen untuk mendukung kesehatan gusi kamu.

6 dari 6 halaman

Semangka dan Timun

Semangka

Semangka mendukung gigi dan gusi yang sehat, karena kaya akan serat. Kadar air yang tinggi pada buah yang baik untuk menjaga kesehatan gigi ini juga memicu produksi air liur. Hal ini dapat membuat mulut kamu terlindung dari partikel sisa makanan dan bakteri.

Di samping itu, semangka juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat untuk mencegah penyakit gusi, menghambat pembentukan plak dan karang gigi.

Timun

Timun adalah buah yang renyah dan kaya akan serat. Buah ini memiliki kadar air yang tinggi, sehingga membantu melapisi mulut agar tidak kering. Mengunyah mentimun akan menghasilkan air liur untuk membantu menghilangkan bakteri jahat di mulut.

Itulah beberapa buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut secara rutin setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini