Sukses

8 Cara Menggoreng Kerupuk Agar Mekar Sempurna dan Lebih Renyah

Cara menggoreng kerupuk harus dilakukan dengan teknik penggorengan yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Cara menggoreng kerupuk agar mekar sempurna bagi sebagian orang mungkin bukanlah hal yang mudah. Hal ini harus memperhatikan penggunaan minyak goreng, penggunaan wajan, panas api kompor, hingga langkah menggoreng yang tepat.

Sebagai salah satu pelengkap sajian makan, adanya kerupuk membuat makan makin nikmat. Kadang, kurang lengkap rasanya makan nasi dan lauk kalau tak ada kerupuk. Namun, sering kali kamu mendapatkan saat menggoreng kerupuk malah tidak mekar atau mengembang. Hal ini tentunya mengurangi kenikmatannya.

Cara menggoreng kerupuk dilakukan dengan teknik penggorengan yang tepat. Walaupun terlihat mudah, sebenarnya menggoreng kerupuk juga perlu persiapan dan pemahaman terlebih dahulu agar mendapatkan rasa paling nikmat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/9/2020) tentang cara menggoreng kerupuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menggoreng Kerupuk Agar Mekar Sempurna

Jemur Kerupuk

Untuk mendapatkan kerupuk yang nikmat, kamu perlu menjemurnya terlebih dahulu sebelum digoreng. Hal ini dilakukan supaya kerupuk lebih kering dan mudah mekar saat digoreng. Kerupuk mentah yang alot karena tersimpan di tempat lembab dan tidak dijemur kembali dapat membuat kerupuk tetap alot meski sudah digoreng.

Pilih Wajan yang Tepat

Memilih penggorengan yang tepat juga sangat penting dalam cara menggoreng kerupuk. Wajan cekung merupakan penggorengan tepat untuk kerupuk agar kerupuk bisa mekar dengan baik. Selain memilih penggorengan yang tepat, gunakan juga minyak baru untuk menggoreng kerupuk.

Pastikan Panas Api Tepat

Selain itu, memastikan panas api kompor tepat juga sangat berpengaruh dalam cara menggoreng kerupuk agar mekar sempurna. Jangan menggoreng kerupuk saat panas api belum maksimal. Jangan pula menggoreng kerupuk saat panas api berlebihan.

Kamu harus memastikan bahwa panas api tepat, hingga membuat minyak goreng tidak terlalu dingin maupun tidak terlalu panas. Minyak yang terlalu dingin akan membuat kerupuk sulit mekar, sementara minyak yang terlalu panas akan membuat kerupuk cepat matang tapi keras dan tidak mau mekar.

3 dari 4 halaman

Cara Menggoreng Kerupuk Agar Mekar Sempurna

Goreng Satu per Satu Sambil Ditekan

Cara menggoreng kerupuk agar mekar sempurna juga dipengaruhi oleh jenisnya. Untuk jenis kerupuk yang lebar, seperti opak dan kerupuk udang, sebaiknya digoreng satu per satu. Jadi tidak langsung dimasukkan sekaligus, cukup satu per satu saja. Saat menggoreng juga perlu sambil ditekan-tekan agar tidak sampai menggelembung.

Goreng Secara Bertahap dengan Suhu Stabil

Sedangkan untuk jenis kerupuk yang kecil seperti kerupuk aci, cara menggoreng kerupuk agar mekar sempurna bisa dilakukan secara bertahap. Bisa dengan cara segenggam demi segenggam. Tapi jangan sampai kebanyakan.

Jika kebanyakan, kerupuk justru akan sulit untuk mengembang. Api kompor juga perlu diperhatikan, pastikan suhunya stabil. Jangan sampai keluar asap dari minyak goreng yang menandakan suhunya terlalu tinggi.

Dua Kali Tahapan Menggoreng

Selain itu, kalau ukuran kerupuknya tebal, misalnya kerupuk ikan Palembang, cara menggoreng kerupuk ini juga berbeda. Kalau ingin hasilnya mekar sempurna, gorenglah dengan dua kali tahapan.

Tahap pertama, goreng kerupuk dengan api kecil sampai mekar, lalu tiriskan sebentar. Tahap kedua, goreng kembali kerupuk dengan minyak yang sudah dalam kondisi panas. Dengan begitu kerupuk akan mengembang dan tidak bantat.

4 dari 4 halaman

Cara Menggoreng Kerupuk Agar Mekar Sempurna

Aduk Kerupuk dengan Tepat Saat Digoreng

Cara menggoreng kerupuk agar mekar sempurna selanjutnya adalah mengaduknya dengan tepat. Aduk kerupuk atau bolak-balik kerupuk dengan tepat agar kerupuk matang sempurna dan renyah keseluruhan. Gunakan minyak dengan jumlah yang cukup banyak agar kerupuk bisa terendam sempurna di wajan dan matang dengan baik.

Segera Angkat Kerupuk yang Matang Kemudian Tiriskan

Setelah menerapkan semua cara menggoreng kerupuk tersebut, segera angkat kerupuk yang telah matang dan mekar. Tiriskan di atas wadah yang sudah dilapisi tisu atau kertas agar minyak yang tersisa di kerupuk terserap oleh tisu maupun kertas.

Kemudian, diamkan kerupuk beberapa saat lalu simpan di wadah tertutup saat kerupuk sudah dingin. Menyimpan kerupuk saat masih dalam kondisi panas justru akan membuat kerupuk tidak lagi renyah dan baunya tidak enak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini