Sukses

Tanpa Dijemur, Ini Cara Mudah Goreng Kerupuk Udang Agar Mekar dan Matang Sempurna

Dengan cara ini, menggoreng kerupuk udang dijamin akan mekar dan matang sempurna. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali olahan kerupuk tradisional dari berbagai daerah seperti kerupuk ikan atau kerupuk kulit sapi. Selain itu, ada juga kerupuk udang yang tidak kalah nikmat.

Kerupuk udang memiliki tekstur yang gurih dan renyah sehingga dapat menggugah selera makan. Belum lagi kerupuk udang dapat diolah dari tepung tapioka dan beberapa racikan bumbu, menjadikannya cukup kaya rasa.

Meskipun begitu, membuat kerupuk udang tidaklah semudah yang dibayangkan. Karena teknik memasak yang keliru, kerupuk udang bisa gosong dan tidak mekar, sehingga jadi tidak enak.

Padahal ada cara yang lebih mudah untuk menggoreng kerupuk udang supaya mekar dan matang sempurna. Tutorial ini dibagikan oleh pemilik kanal YouTube/Budhe Ellys Wijayanti, yang dirangkum pada Jumat (19/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Siapkan Mejikom

Pertama-tama, siapkan mejikom yang masih berfungsi dengan baik. Setelah itu, keluarkan panci dari mejikom, karena nanti kerupuk udang akan langsung diletakkan di dalam mejikom tersebut.

3 dari 10 halaman

Hangatkan Kerupuk dalam Mejikom

Masukkan semua kerupuk udang mentah ke dalam mejikom, lalu tutup. Setel mejikom ke dalam mode warm, lalu tunggu sampai satu jam. Jangan sampai setel mode cook karena nanti kerupuk udang bisa hangus.

Kerupuk udang mentah sendiri bisa ditemui dengan mudah di pasar tradisional atau olshop yang dibanderol sekitar 30-60 ribuan per kilo.

4 dari 10 halaman

Biarkan Panas Kerupuk Menghilang

Setelah dihangatkan selama 1 jam, matikan mejikom lalu keluarkan kerupuk dan letakkan dalam baskom. Biarkan kerupuk udang tersebut di ruangan terbuka sampai panasnya menghilang. Namun, jangan juga dibiarkan terlalu lama.

5 dari 10 halaman

Goreng Kerupuk Udang

Jika kerupuk udang sudah tidak terlalu panas, goreng kerupuk udang satu per satu ke dalam wajan berisi minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang.

Selama menggoreng, jangan lupa untuk membolak-balik kerupuk agar bisa matang lebih merata. Dengan begitu pula kerupuk udang bisa lebih mekar. Agar tidak gosong, jangan goreng terlalu lama.

6 dari 10 halaman

Apakah Kerupuk Udang Harus Dijemur Dulu?

Ada beberapa kerupuk udang mentah yang tidak perlu dijemur lagi, dan itu akan lebih bagus. Biasanya, kerupuk dijemur di bawah sinar matahari agar kelembaban yang terkandung dari udara atau lingkungan sekitar dapat dihilangkan, memungkinkan kerupuk mengembang secara sempurna ketika digoreng.

7 dari 10 halaman

Berapa Lama Menjemur Kerupuk?

Lebih baik menjemur kerupuk di bawah sinar matahari terlebih dahulu sebelum mengolahnya. Karena, kerupuk yang disimpan dalam waktu lama cenderung menjadi lembab, terutama di negara dengan iklim seperti Indonesia. Anda dapat mengeringkan kerupuk di bawah sinar matahari selama satu hari penuh.

8 dari 10 halaman

Apakah Kerupuk Harus Digoreng 2 Kali?

Untuk mendapatkan hasil yang mekar sempurna, akan lebih baik jika digoreng dua kali. Pertama, goreng kerupuk menggunakan api kecil hingga mencapai kematangan, kemudian tiriskan sejenak. Selanjutnya, lakukan penggorengan kedua dengan menggunakan minyak yang telah dipanaskan. Dengan cara ini, kerupuk akan mengembang dengan baik dan tidak menjadi bantat.

9 dari 10 halaman

Apakah Aman Menggoreng Kerupuk Pakai Pasir?

Kerupuk pasir aman dikonsumsi umumnya karena bahan pembuatannya yang dianggap aman, seperti tepung tapioka, garam, dan bawang putih. Proses pengolahannya juga tidak memakai minyak, tetapi memanaskan pasir sesuai dengan namanya.

10 dari 10 halaman

Apa yang Menyebabkan Kerupuk Melempem?

Jika dibiarkan terbuka di udara, terutama kerupuk yang dikemas dalam kaleng dan terbuat dari tepung tapioka, cenderung akan menjadi lembek. Kerupuk yang terbuat dari tapioka memiliki kadar air rendah, sehingga rentan menjadi lembek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.