Sukses

5 Makanan Khas Kutai Kartanegara yang Menggugah Selera, Wajib Dicoba

Makanan khas Kutai Kartenagara yang menggugah selera tentunya perlu kamu coba.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Kutai Kartanegara perlu kamu cicipi saat berkunjung. Apalagi dengan diumumkannya wilayah kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara sebagai ibu kota Pemerintahan Republik Indonesia, tentunya kamu perlu menjelajahi kuliner khas tempat ini.

Berbagai kuliner khas Kutai Kartanegara merupakan makanan-makanan tradisional yang sudah lama ada. Bahkan ada kuliner tradisional yang konon katanya telah ada semenjak zaman Kerajaan Kutai. Makanan-makanan ini tentunya sangat menggiurkan untuk dicoba.

Makanan khas Kutai Kartenagara yang menggugah selera tentunya perlu kamu coba. Keunikan dan ciri khas makanan Kutai Kartanegara ini tidak bisa kamu temukan pada makanan khas daerah lainnya. Jangan lupa untuk mencicipinya bila kamu berkungjung ke Kutai Kartanegara.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2019) tentang makanan khas Kutai Kartanegara. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Nasi Bekepor

Makanan khas Kutai Kartanegara yang pertama adalah Nasi Bekepor. Nasi ini semacam nasi liwet yang disajikan dengan lauk pauk, sambal, sayuran, dan nasi putih. Nasi ini termasuk populer dan dijual di warung-warung nasi di Kalimantan Timur. Nasi Bekepor umumnya disandingkan dengan sayur asam khas Kaltim. Sayur asam yang disebut juga sebagai sayur asam kutai ini diolah bersama ubi manis dan ikan air tawar, seperti patin atau gabus.

Konon, nasi bekepor merupakan warisan dari Kerajaan Kutai. Nasi tersebut hanya dihidangkan untuk anggota keluarga kerajaan saja. Saat itu, makanan berbahan beras ini tak bisa dinikmati oleh masyarakat biasa.

3 dari 6 halaman

Sate Payau

Sate payau adalah makanan khas Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang sudah cukup populer di kalangan wisatawan, khususnya bagi para pecinta kuliner. Sate Payau berbeda dengan sate pada umumnya karena terbuat dari daging rusa. Tetapi, makanan khas satu ini terbilang sudah langka, sebab rusa merupakan satu satwa yang dilindungi.

Walau demikian, makanan khas Kutai Kartanegara satu ini masih dapat ditemui di beberapa acara festival yang digelar di Kalimantan Timur. Sate payau memiliki struktur daging yang lembut serta empuk, bila dibanding dengan daging sapi atau kambing. Sate ini biasa dihidangkan bersama dengan bumbu kacang dan kecap.

4 dari 6 halaman

Sayur Asam Kutai

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Sayur asam Kutai merupakan salah satu makanan khas Kutai Kartanegara yang sering juga disandingkan dengan Nasi Bekepor. Berbeda dengan sayur asam pada umumnya, sayur asam Kutai berisi daging ikan gabus, kangkung, talas, dan jantung pisang batu. Bila kamu menyukai rasa kaldu ikan yang kuat, sayur asam Kutai ini solusi yang tepat untukmu.

5 dari 6 halaman

Sambal Raja

Selanjutnya, kamu juga bisa mencicipi makanan khas bertemakan sambal, yaitu sambal raja. Sambal Raja ini hanya ada di Kalimantan Timur. Bahan-bahannya terdiri dari kacang panjang yang dipotong kecil-kecil, terong ungu dipotong dadu, bawang merah potong, cabai merah dan rawit serta telur tebus yang dicincang-cincang.

Biasanya sambal raja ini dapar dinikmati dengan nasi hangat dan ikan goreng. Tentunya sambal raja dapat meningkatkan kelezatan makanmu.

6 dari 6 halaman

Gence Ruan

Gence Ruan mungkin masih aisng di telinga orang yang bukan berasal dari Kalimantan TImur. Gence Ruan ini adalah masakan rica-rica ala Kuta Kartanegara yang bahan baku utamanya adalah ikan haruan atau ikan gabus. Rempah pedas yang ada di atas daging ikan gabus yang gurih dan tebal akan jadi paduan sempurna yang menggugah selera makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini