Sukses

6 Manfaat Bunga Mawar untuk Wajah, Kulit Semakin Cantik

Manfaat bunga mawar untuk wajah dapat mendukung perawatan kecantikan kamu

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bunga mawar untuk wajah didapatkan terutama dari air mawar. Air mawar ini dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan ini akan menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar.  

Berdasarkan hasil dari beberapa riset kesehatan, air mawar mengandung senyawa phenolic, yaitu bahan aktif yang bersifat antioksidan. Air mawar juga diketahui memiliki efek antibakteri, antiseptik, dan antivirus, serta mampu mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Manfaat bunga mawar untuk wajah dapat mendukung perawatan kecantikan kamu. Apalagi, air mawar ini dapat melembapkan kulit, menghambat penuaan dini, meredakan peradangan, hingga dapat juga mengatasi jerawat pada wajah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/2/2020) tentang manfaat bunga mawar untuk wajah

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghambat Pertumbuhan Jerawat dan Sebagai Pelembap Alami

Menghambat Pertumbuhan Jerawat

Manfaat bunga mawar untuk wajah yang pertama adalah dapat mengurangi jerawat. Jerawat sudah bukan rahasia lagi menjadi masalah kulit wajah yang banyak dikeluhkan, baik itu pada perempuan maupun laki-laki.

Apalagi, air mawar memiliki pH yang sedikit asam, sehingga mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit. Kebanyakan produk kecantikan kulit memiliki pH tinggi (basa) yang dapat menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, psoriasis, atau keriput. Dengan begitu, menggunakan manfaat bunga mawar untuk wajah tentunya lebih efektif dan alami.

Air mawar juga mengandung antiseptik dan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk merasakan manfaat bunga mawar untuk wajah ini, gunakan air mawar sebagai toner pada pagi dan malam hari, terutama setelah wajah dibersihkan. Caranya, basahi kapas dengan air mawar lalu usapkan ke seluruh bagian wajah.

Sebagai Pelembap Alami

Salah satu manfaat bunga mawar untuk wajah yang paling utama adalah melembapkan kulit. Air mawar mengandung pelembap alami serta antioksidan yang dapat mencegah kulit kering.

Caranya agar kulit tidak kering dan kusam, serta senantiasa terlihat segar adalah dengan menggunakan air mawar sebagai toner atau pembersih wajah alami. Selain itu, kamu juga bisa menyemprotkan air mawar ke bagian kulit tubuh lainnya, seperti tangan dan kaki.

Jadi, manfaat air mawar ini tidak hanya baik untuk wajah, bahkan juga baik untuk bagian kulit lainnya.

3 dari 4 halaman

Mencegah Penuaan Dini dan Meredakan Peradangan

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat bunga mawar untuk wajah yang berikutnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Suatu penelitian menunjukkan bahwa air mawar dapat menghambat penuaan dini dengan cara mengurangi munculnya garis halus dan kerutan di wajah.

Hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidan dan zat pelembap dalam air mawar. Selain itu, efek antioksidan pada air mawar juga diduga mampu menangkal radikal bebas dan menghambat kerusakan kulit yang dapat membuat kulit lebih cepat tua dan keriput.

Walaupun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai salah satu manfaat bunga mawar untuk wajah ini, karena studi klinisnya masih terbatas.

Meredakan Peradangan

Manfaat bunga mawat untuk wajah juga dapat meredakan peradangan.Ekstrak mawar mengandung polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Kandungan pada air mawar ini diketahui dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga diduga dapat meredakan gejala penyakit eksim dan rosacea.

Cara menggunakannya, kamu bisa mengoleskan kapas yang sudah dibahasi air mawar pada area kulit yang bermasalah. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini tidak hanya pada kulit wajah saja.

4 dari 4 halaman

Mencerahkan Kulit Wajah dan Mengatasi Masalah Mata

Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat bunga mawar untuk wajah lainnya adalah untuk mencerahkan kulit. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin A dan E yang bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah. Selain itu, sifat antioksidan dari air mawar mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

Mengatasi Berbagai Masalah Mata

Mengatasi berbagai masalah mata juga bisa menjadi salah satu manfaat bunga mawar untuk wajah. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengompres mata dengan kapas yang sudah dibasahi air mawar, lalu diamkan selama sekitar 20 menit.

Dengan menerapkan cara tersebut, kamu dapat mengatasi berbagai keluhan pada mata seperti mata lelah.

Selain menyegarkan, air mawar juga memiliki efek relaksasi atau menenangkan. Karena itu, air mawar juga cocok digunakan sebagai campuran air untuk berendam dengan air hangat.

Itulah beberapa manfaat bunga mawar untuk wajah. Agar hasilnya maksimal, kamu harus menerapkan perawatan dengan air mawar secara rutin. Pada umumnya air mawar aman digunakan pada kulit wajah.

Namun jika kamu memiliki kulit yang sensitif atau alergi terhadap kandungan dalam air mawar, sebaiknya hindari penggunaannya atau berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan air mawar untuk wajah.

Pastikan juga untuk menggunakan produk air mawar sesuai petunjuk yang terdapat pada label kemasan produk. Jika muncul keluhan di kulit setelah menggunakan air mawar, hentikan penggunaan dan konsultasikan ke dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini