Sukses

6 Cara Transfer Uang Lewat ATM Berbagai Bank, Mudah Dipraktikkan

Pahami perbedaan cara transfer uang lewat ATM berbagai Bank ini.

Liputan6.com, Jakarta Melakukan transaksi melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) memang dikenal lebih praktis daripada transaksi yang dilakukan secara tunai. Transaksi paling sering dilakukan oleh pengguna ATM adalah melakukan transfer, selain tarik tunai. Bagaimana cara transfer uang lewat ATM?

Pengguna ATM haru tahu, cara transfer uang lewat ATM adalah wajib menyiapkan kartu ATM yang akan digunakan dan mencari mesin ATM sesuai kartu yang dimiliki. Umumnya cara transfer uang lewat ATM setelah memasukkan kartu, masukkan PIN agar pengguna bisa langsung masuk ke halaman menu Transfer.

Pengguna yang sudah berhasil masuk menu Transfer, langsung saja masukkan nomor rekening tujuan dan nominal transfer yang diinginkan. Agar lebih memahami cara transfer uang lewat ATM, berikut Liputan6.com ulas langkah-langkahnya untuk ATM berbagai Bank dari berbagai sumber, Sabtu (6/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Transfer Uang Lewat ATM

1. Cara Transfer Uang Lewat ATM Secara Umum

- Masukkan kartu ATM yang dimiliki ke mesin ATM, pastikan posisi logo kartu ada di atas.

- Pilih jenis bahasa yang akan digunakan cara transfer uang lewat ATM.

- Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor PIN 6 digit.

- Cara transfer uang lewat ATM akan muncul beberapa pilihan jenis transaksi, klik tombol "Transfer".

- Pilih Bank Tujuan Transfer (misal pilih BRI  untuk transfer uang ke sesama rekening BRI).

- Lihat pilihan daftar kode bank untuk melihat kode bank tujuan transfer.

- Jika sudah menemukan kode bank, cara transfer uang lewat ATM pilih "Kembali".

- Lalu cara transfer uang lewat ATM, masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan.

- Pilih "BENAR" untuk proses selajutnya.

- Cara transfer uang lewat ATM selanjutnya, masukkan nomor referensi (kosongkan bila tidak ada) langsung klik selajutnya saja.

- Masukkan jumlah nominal yang akan di transfer.

- Transaksi akan di proses dan dalam hitungan detik, layar ATM menunjukkan Data Tujuan Transfer yang berupa keterangan Bank, nama, nomor rekening tujuan, dan jumlah uang transferan.

- Cek kembali informasi tersebut, jika sudah benar cara transfer uang lewat ATM selanjutnya pilih "Ya" jika ada informasi yang salah pilih "Tidak".

- Lalu akan muncul keterangan: Transaksi Anda berhasil dilaksanakan.

- Selesai Transaksi, kartu ATM akan keluar dari mesin ATM. Pastikan selalu Anda mengambilnya kembali sebelum Anda meninggalkan lokasi ATM.

2. Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

- Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM, cara transfer uang lewat ATM pertama ini pastikan kartu tidak terbalik.

- Pilih bahasa yang memudahkan Anda bertransaksi.

- Cara transfer uang lewat ATM berikutnya, isi nomor PIN ATM.

- Pilih menu Transfer. Masukkan nomor rekening tujuan. Setelah itu, cara transfer uang lewat ATM adalah pilih "Benar".

- Bila transfer ditujukan ke rekening bank lain, masukkan kode bank terlebih dahulu lalu diikuti dengan nomor rekening tujuan. Setelah memasukkan nomor rekening tujuan, cara transfer uang lewat ATM pilih "Benar".

- Masukkan nominal yang ingin ditransfer ke rekening tujuan. Pilih Benar.

- Cara transfer uang lewat ATM berikutnya, masukkan nomor referensi (opsional)

- Konfirmasi ulang semua detail transaksi yang ditampilkan, lalu pilih “Ya”.

- Jika cara transfer uang lewat ATM berhasil, Anda akan menerima bukti transaksi berupa struk dan kartu ATM akan keluar dari mesin.

3. Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA

- Masukkan kartu ATM BCA ke mesin ATM, pastikan cara transfer uang lewat ATM pertama ini untuk kartu tidak terbalik.

- Masukkan PIN ATM. Setelah itu akan muncul menu transaksi. Pilih "Menu Transaksi Lainnya".

- Pilih menu "Transfer dan Ke Rek BCA". Lanjutkan cara transfer uang lewat ATM dengan masukkan nomor rekening BCA yang dituju.

- Masukkan nominal yang akan ditransfer.

- Setelahnya, cara transfer uang lewat ATM akan muncul menu konfirmasi dan ketik "Ya" atau "OK" jika informasi yang muncul di layar sudah sesuai.

- Transaksi selesai.

3 dari 3 halaman

Cara Transfer Uang Lewat ATM Selanjutnya

4. Cara Transfer Uang Lewat ATM Bersama

- Masukkan kartu ATM ke mesin ATM (pastikan terdapat logo ATM Bersama di mesin maupun di belakang kartu ATM).

- Cara transfer uang lewat ATM Besama, mulai pilih bahasa yang hendak digunakan.

- Isi kode sandi atau PIN, cara transfer uang lewat ATM selanjutnya pastikan jari Anda tidak terlihat orang lain ketika melakukannya.

- Pilih menu Transfer. Cara transfer uang lewat ATM selanjutya masukkan nomor rekening tujuan. Apabila rekening tujuan berbeda bank, masukan kode transfer terlebih dahulu di depan rekening tujuan.

- Pastikan kode bank dan nomor rekening tujuan sudah sesuai. Isi jumlah nominal yang akan ditransfer melalui mesin ATM Bersama.

- Masukkan nomor referensi (opsional). Cara transfer uang lewat ATM selanjutnya, periksa kembali apakah nomor rekening sudah sesuai dengan identitas pemilik rekening.

- Pilih “Transaksi Lainnya” jika ingin melanjutkan ke transaksi berikutnya atau pilih “Selesai” jika sudah selesai bertransaksi.

- Cara transfer uang lewat ATM Bersama selesai dan pastikan mengambil kembali kartu ATM dari mesin ATM Bersama.

5. Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI

- Masukkan kartu ATM dengan posisi sesuai petunjuk di mesin sebagai cara transfer uang lewat ATM pertama.

- Pilih bahasa. Gunakan bahasa Indonesia jika tidak terbiasa menggunakan ATM dengan bahasa Inggris.

- Masukkan PIN, lalu pilih Menu Lain, lalu cara transfer uang lewat ATM adalah pilih "Transfer".

- Pilih ke rekening BNI dan masukkan nominal yang hendak ditransfer.

- Saat muncul halaman konfirmasi, cara transfer uang lewat ATM adalah cek kembali data dan informasi yang ada, kemudian tekan "Ya" jika sudah benar.

- Apabila transaksi berhasil, struk akan keluar dari mesin ATM. Cara transfer uang lewat ATM selesai dan jangan lupa cabut kartu ATM dari mesin.

6. Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain

- Masukan kartu ATM. Sama seperti transfer uang lewat ATM kesesama BRI, Anda harus memastikan untuk memasukan kartu ATM pada slot yang tersedia.

- Pilih bahasa. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan. Untuk mempermudah prosesnya Anda bisa memilih menggunakan bahasa Indonesia. Tunggu sesaat hingga memunculkan menu pilihan lanjutkan.

- Setelah itu cara transfer uang lewat ATM, klik pilihan lanjutkan yang ada pada bagian pojok bawah layar. Masukkan pin. Langkah selanjutnya ialah memasukan pin pada mesin ATM.

- Pilih transfer pada menu. Tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan menu di layar mesin ATM. Setelah menu muncul, Anda hanya perlu untuk meng-klik pilihan transfer.

- Pilih tujuan transfer Bank Lain. Setelah itu, pada layar mesin ATM akan menampilkan pilihan tujuan transfer yang Anda inginkan. Anda bisa meng-klik pada pilihan tujuan transfer bank lain.

- Masukan kode bank. Setelah itu Anda harus memasukan kode bank tujuan. Apabila Anda tidak hafal dengan kode bank tersebut, Anda bisa melihatnya dengan memilih pilihan daftar kode bank.

- Masukan nomor rekening. Jika Anda telah memasukan kode bank yang diminta, cara transfer uang lewat ATM hanya perlu memasukan nomor rekening tujuan.

- Masukan nominal uang. Kemudian, Anda hanya perlu menuliskan jumlah nominal uang yang akan Anda transfer. Setelah itu pilih benar.

- Konfirmasi. Tunggu beberapa saat hingga mesin ATM menampilkan konfirmasi pembayaran atas nama si penerima dan juga nominal uang yang akan ditransfer. Jika seluruh informasi telah benar, Anda bisa melanjutkan proses transaksi dengan memilih Ya pada layar.

- Tunggu struk bukti transfer. Setelah memilih Ya pada layar, Anda hanya perlu menunggu sesaat hingga proses transfer dilakukan. Setelah itu tunggu hingga bukti transfer atau struk keluar dari mesin ATM.

- Keluarkan kartu ATM. Jika cara transfer uang lewat ATM selesai, jangan lupa untuk mengeluarkan kartu ATM dengan memilih pilihan tidak ingin melakukan transaksi pada layar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.