Sukses

8 Manfaat Olahraga Panahan untuk Kesehatan, Anjuran Nabi Muhammad SAW

Manfaat olahraga panahan didapatkan dari berbagai gerakan yang dilakukan saat praktik.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat olahraga panahan untuk kesehatan bisa kamu pertimbangkan sebagai rutinitas mingguan. Jenis olahraga yang dianjurkan Rasulullah ini merupakan olahraga yang membutuhkan ketangkasan, konsentrasi, dan juga ketepatan bidikan.

Selain perlunya fisik yang sangat kuat agar dapat menarik tali busur panah tersebut, agar mampu membidik tepat sasaran juga dibutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi yang berasal dari kemampuan mengendalikan diri. 

Bahkan, ketika perang di masa Rasulullah, memanah merupakan sebuah ‘kekuatan’ yang membantu umat Islam dalam mencapai kemenangan. Kekuatan yang dimaksud tersebut dicantumkan Allah SWT dalam firmannya di Al-Quran surat Al-Anfal ayat 60, yang memiliki arti:

“Dan bersiap-siaplah kamu untuk menghadapi mereka (musuh) dengan kekuatan yang kamu sanggup…”

Arti dari ‘kekuatan’ yang ada pada surat tersebut lalu ditafsirkan oleh Rasulullah yaitu:

“Ketahuilah bahwa yang dimaksud ‘kekuatan’ itu adalah memanah, beliau ucapkan kata-kata itu hingga tiga kali.” (HR. Muslim)

Manfaat olahraga panahan didapatkan dari berbagai gerakan yang dilakukan saat praktik. Walaupun banyak orang melihat panahan sebagai olahraga yang minim gerakan, nyatanya aktivitas ini dapat menguatkan otot tubuh atas hingga menyehatkan organ jantung. Berikut Liputan6.com rangkum dari KlikDokter dan berbagai sumber lainnya, Minggu (4/4/2021) tentang manfaat olahraga panahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Panahan untuk Kesehatan

Menguatkan Tubuh Bagian Atas

Manfaat olahraga panahan yang pertama adalah dapat menguatkan tubuh bagian atas. Olahraga panahan menempatkan tekanan pada otot-otot kedua lengan serta dada, bahu, dan punggung.

Seperti angkat beban, tekanan ini akan ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan anak panahnya. Dengan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan tali busur, dapat menguatkan otot tubuh bagian atas.

Menyehatkan Jantung, Otot, dan Kaki

Dalam pertandingan, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km saat melakukan pengecekan hasil tembakan. Meski aktivitas berjalan ini dilakukan dalam interval pendek, efek kumulatif dari berjalan di seluruh kompetisi dapat meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot, dan kekuatan kaki.

Kamu akan mendapatkan beberapa manfaat olahraga panahan ini bahkan selama latihan, karena kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk berjalan mengambil kembali panah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Panahan untuk Kesehatan

Melatih Keseimbangan

Keseimbangan sangat penting untuk keberhasilan dalam memanah karena kamu harus dapat menahan tubuh saat membidik dan bersiap melepas tembakan. Berlatih memanah membantu kamu mendapatkan kontrol atas keseimbangan saat sedang fokus membidik target. Semakin banyak berlatih, semakin otot inti terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh.

Melatih Fokus

Manfaat olahraga panahan selanjutnya adalah melatih fokus. Fokus penting untuk kesuksesan sebagai pemanah, dan mengembangkan fokus dapat berdampak positif pada kesehatan mental.

Semakin terfokus pada target, semakin mudah bagi kamu untuk menjernihkan pikiran dan membidik secara tepat, baik dalam praktik maupun dalam pertandingan. Keterampilan ini juga akan membantu kamu menghadapi situasi-situasi stres dan menekan dalam hidup.

4 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Panahan untuk Kesehatan

Melatih Kesabaran

Olahraga panahan atau memanah juga membantu melatih kesabaran. Olahraga ini sebenarnya bukan tentang kecepatan, tetapi ketepatan anak panah membidik sasaran dengan jarak yang terbilang jauh. Ketepatan membutuhkan waktu dan kamu sudah pasti harus punya kesabaran yang tinggi untuk memaksimalkan akurasi bidikan.

Relaksasi

Saat melepaskan anak panah dan melihatnya tepat mengenai sasaran, kamu akan merasakan adanya kelegaan yang luar biasa. Manfaat olahraga panahan satu ini bisa membantu mengurangi stres dan membuat kamu merasa lebih rileks.

Meski membutuhkan banyak fokus dan konsentrasi, tetapi ada perasaan menyenangkan ketika kamu memanah dan selalu tepat sasaran.

5 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Panahan untuk Kesehatan

Melatih Koordinasi

Koordinasi paling utama dalam memanah adalah mata dan tangan. Olahraga panahan melatih tangan untuk bekerja bersama saat melakukan tugas yang berbeda, yaitu membidik dan menembakkan panah berdasarkan apa yang mata lihat. Semakin banyak berlatih, semakin baik koordinasi mata dan tangan kamu.

Meningkatkan Percaya Diri

Dalam panahan, kamu bisa bersaing dengan yang lain atau melawan diri sendiri. Akan tetapi, olahraga ini bukan hanya tentang melepaskan busur panah. Meningkatkan performa dengan latihan yang rutin dan disiplin juga membangun kepercayaan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini