Sukses

Arti Kata Gaul Gabut dan Istilah Lainnya yang Sering Digunakan Anak Muda

Arti kata gaul gabut mungkin sudah tidak asing lagi bagi anak muda.

Liputan6.com, Jakarta Arti kata gaul gabut mungkin sudah tidak asing lagi bagi anak muda. Gabut adalah suatu ungkapan yang kerap kali diucapkan anak muda zaman sekarang. Gabut adalah singkatan dari Gaji Buta. Maknanya yaitu seseorang yang menerima gaji namun tidak melakukan sebagian atau seluruh pekerjaannya.

Sekarang ini, istilah gabut sudah memiliki makna yang makin meluas, tidak hanya sekadar makan gaji buta seperti makna awalnya. Bahkan, kata satu ini sudah dipakai berbagai kalangan dalam keseharian, mulai dari anak muda hingga orang tua.

Arti kata gaul gabut dapat juga dimaknai sebagai sebuah keadaan seseorang yang bingung ingin melakukan aktivitas apa dan tidak memiliki kerjaan tertentu pada saat itu.

Kata gabut maupun kata gaul lainnya sering kali digunakan masyarakat saat ini dalam keseharian, terutama dalam aktivitas yang tidak formal. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/7/2021) tentang arti kata gaul gabut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti Kata Gaul Gabut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, arti kata gaul gabut merupakan gabungan dari dua kata yaitu gaji buta. Gaji buta didefinisikan sebagai seseorang yang bekerja namun tidak melaksanakan tugas-tugasnya tapi tetap menerima gaji.

Namun, makna kata tersebut perlahan berkembang setelah banyaknya anak muda zaman sekarang menggunakannya. Arti kata gaul gabut adalah sebuah kata yang menggambarkan perasaan yang tidak jelas dan tidak tahu harus berbuat apa. Arti kata gaul gabut sering dipakai oleh anak muda zaman sekarang dalam berinteraksi.

Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari saat berkomunikasi, arti kata gaul gabut ini juga sangat sering digunakan untuk update status di Instagram story dan media sosial lainnya.

Tak heran arti kata gaul gabut harusnya sudah dimengerti semua orang, baik anak muda dan orang tua karena sangat sering digunakan dalam percakapan yang tidak formal.

Arti kata gaul gabut tentunya sudah kamu pahami sebagai salah satu kata yang sering digunakan, namun selain itu masih banyak bahasa gaul lainnya yang perlu kamu ketahui.

3 dari 6 halaman

Arti Kata Gaul Lainnya

- Ghosting

Kata Ghosting semakin populer digunakan anak muda Indonesia. Bahkan, tahun lalu istilah ini menjadi salah satu kata yang banyak dicari di mesin pencarian Google di Indonesia. Ghosting bisa berarti hantu yang dapat menghilang secara tiba-tiba.

Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali. Orang yang melakukan ghosting, yang biasanya adalah orang dekat kamu, tiba-tiba menghilang tanpa kabar dan tidak bisa dihubungi lagi. 

- Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

- Ngab

Ngab merupakan kebalikan dari Bang. Kata ini memang memiliki makna Bang, yang merupakan kata sapaan untuk kakak laki-laki. Kata ini sering digunakan di media sosial untuk memanggil seseorang.

- Halu

Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Halu atau halusinasi adalah pengalaman sensorik yang tampak nyata, namun hal tersebut diciptakan oleh pikiran. Halu dalam bahasa gaul bisa menggambarkan seseorang yang berpikir atau berkata terlalu tinggi tapi tak bisa dibuktikan kebenarannya.

- Kepo

Kepo merupakan singkatan dari knowing every particular object. Dalam KBBI, kepo didefinisikan sebagai rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Istilah ini dilontarkan pada orang yang terlalu penasaran terhadap sesuatu.

4 dari 6 halaman

Arti Kata Gaul Lainnya

- Baper

Baper sering digunakan dalam situasi seseorang menganggap serius setiap perkataan orang. Istilah baper kerap muncul pada pasangan yang sedang PDKT, emosi, atau dalam situasi iba.

Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul ini merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain. Orang yang baper sering menggunakan emosi di tiap momen yang ia lalui.

- Mager

Mager adalah istilah gaul yang merupakan singkatan dari 'Males gerak.' Mager bahkan sudah masuk dalam KBBI, lho. Menurut KBBI mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apapun.

Mager menggambarkan seseorang yang enggan atau tidak bersemangat melakukan aktivitas apapun. Orang yang mager bisanya malas untuk bergerak dan tidak ingin melakukan apapun.

- Nolep

Kata ini merupakan plesetan dari kata bahasa inggris yatu No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.

- Gaje

Gaje adalah singkatan gaul istilah dari gak jelas atau enggak jelas. Gaje menggambarkan situasi dimana keadaan tidak jelas atau tidak menentu. Arti gaje bisa merujuk pada situasi tertentu atau seseorang yang tidak jelas apa maunya.

- Sabi

Sabi merupakan pembacaan Bisa yang dibalik. Kata ini memang memiliki makna Bisa dan cukup sering digunakan di media sosial maupun kehidupan sehari-hari anak muda.

5 dari 6 halaman

Arti Kata Gaul Lainnya

- Bucin

Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

- Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

- Receh 

Receh merupakan sebutan untuk guyonan yang kurang lucu tapi bisa bikin tersenyum.

- Gercep

Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya. Gercep adalah tanggapan yang cepat oleh seseorang terhadap sesuatu.

6 dari 6 halaman

Arti Kata Gaul Lainnya

- Kicep

Kicep merupakan kondisi dimana seseorang tidak bisa membalas perkataan lawannya. Di KBBI, kicep diartikan sebagai "diam karena takut atau gelisah."

- Komuk

Komuk adalah singkatan gaul istilah dari kondisi muka. Kata komuk digunakan dalam bahasa kehidupan pergaulan sehari-hari kalangan anak muda untuk menggambarkan kondisi wajah seseorang.

- Mantul

Mantul adalah singkatan gaul istilah dari mantap betul.

- Santuy 

Santuy merupakan bahasa gaul dari Santai. Menggambarkan seseorang yang santai menghadapi apapun.

- Japri

Japri adalah singkatan gaul istilah dari jalur pribadi. Biasanya kata japri digunakan seseorang saat saling berkirim pesan secara pribadi, SMS, WhatsApp dan pesan obrolan di media sosial lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.