Sukses

10 Fungsi GPS Locker, Memiliki Tingkat Akurasi Lokasi yang Lebih Tinggi

Mengenal sepuluh fungsi GPS Locker yang sedang populer digunakan oleh driver online.

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan aplikasi GPS Locker sedang menjadi perbincangan hangat. Menilik fungsi GPS Locker yang punya tingkat akurasi lebih tinggi untuk mendeteksi lokasi dibanding GPS biasa.

GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System. Bila diamati dari namanya, fungsi GPS Locker yang utama adalah mengunci lokasi. Benar, GPS locker sangat berguna memberikan navigasi tanpa tersesat dan mempertahankan pelacakan di lokasi minim sinyal sekalipun. 

Untuk saat ini fungsi GPS Locker banyak dipakai oleh driver online. Memudahkan peralihan satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Mampu melacak permintaan order yang dekat dengan lebih cepat dan akurat.

Berikut Liputan6.com ulas fungsi GPS Locker dari berbagai sumber, Jumat (5/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Istilah GPS

GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System, merupakan teknologi yang berguna untuk menunjukkan lokasi sesuatu. Teknologi ini banyak terpasang pada berbagai macam kendaraan yang berguna untuk menunjukkan arah atau navigasi.

Kini, GPS sudah tersedia pada smartphone atau ponsel pintar. Teknologi GPS dirancang dengan memanfaatkan satelit yang ada di luar angkasa. Satelit ini akan mengirimkan sinyal untuk mendeteksi keberadaan seseorang atau lokasi suatu tempat tertentu.

GPS melibatkan 3 elemen untuk menjalankan fungsinya, yaitu satelit, segmen pengguna, dan segmen kontrol. Pada dasarnya, cara kerja GPS sendiri mengandalkan pengukuran jarak atau jangkauan, yaitu antara penerima dengan satelit.

3 dari 6 halaman

Fungsi GPS Locker

GPS Locker adalah salah satu aplikasi penguat sinyal GPS. Berbeda dengan GPS biasa karena fungsi GPS Locker memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi.

Bahkan di tempat yang minim sinyal sekalipun, fungsi GPS Locker bisa menangkap lokasi melalui perangkat yang digunakan. Fungsi GPS Locker membuat segala macam lokasi mudah dijangkau tanpa khawatir tersesat.

Berikut fungsi GPS Locker:

1. Fungsi GPS Locker adalah menjaga sinyal GPS tetap terkunci saat beralih aplikasi dan layar perangkat mati.

2. Fungsi GPS Locker adalah membantu mendapatkan kunci sinyal GPS dengan cepat.

3. Fungsi GPS Locker adalah memperbaiki akurasi GPS pengguna.

4. Fungsi GPS Locker adalah membantu meningkatkan sinyal GPS di tempat yang susah sinyal.

5. Fungsi GPS Locker adalah memudahkan proses saat sedang bermain game dengan navigasi GPS.

4 dari 6 halaman

Fungsi GPS Locker untuk Driver Online

1. Fungsi GPS Locker untuk driver online adalah mengunci lokasi driver agar tidak berpindah-pindah.

2. Fungsi GPS Locker untuk driver online adalah mampu melacak permintaan order yang dekat dengan lebih cepat dan akurat.

3. Fungsi GPS Locker untuk driver online adalah lebih akurat daripada mengandalkan GPS biasa.

4. Fungsi GPS Locker untuk driver online adalah mendeteksi lokasi seseorang dengan lebih stabil.

5. Fungsi GPS Locker untuk driver online adalah memiliki fungsi navigasi yang dapat mengarahkan driver ke tujuan tanpa tersesat.

5 dari 6 halaman

Cara Memperkuat Sinyal Tanpa GPS Locker

Pastikan GPS Berada di Modus 'High Accuracy'

Untuk mendapatkan sinyal GPS terbaik, pengguna harus menyiapkan sedikit kapasitas baterai dari biasanya. Sebab, kamu harus mengaktifkan sinyal GPS dalam modus 'High Accuracy'.

Cara melakukannya adalah cukup masuk ke menu 'Setting' dan pilih 'Location' untuk memastikan layanan lokasi aktif. Setelah itu pilih mode 'High Accuracy' yang terletak di bagian bawah pilihan 'Location'.

Pastikan Sinyal GPS Selalu Aktif

Salah satu masalah yang kerap dialami ketika berganti aplikasi adalah sinyal GPS seringkali dimatikan untuk menghemat baterai. Sebagai contoh, ketika kamu membuka aplikasi yang membutuhkan sinyal GPS, saat berganti aplikasi lain terkadang sinyal akan dimatikan.

Untuk itu, selalu pastikan sinyal GPS berada dalam keadaan aktif. Jika kesulitan memantau sinyal GPS aktif atau tidak, kamu bisa memasang aplikasi GPS untuk memastikan sinyal tetap menyala. Namun perlu diingat cara ini juga boros baterai.

Cari Tahu Masalah di Hardware atau Software GPS

Cara paling baik untuk mengetahui ada masalah dengan GPS adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store dan bisa diunduh dengan gratis.

Tampilan antarmuka masing-masing aplikasi akan berbeda, untuk itu pastikan melihat tampilan informasi aplikasi yang digunakan. Apabila memang ada masalah hardware, coba konsultasikan dengan layanan purna jual dari perangkatmu.

6 dari 6 halaman

Cara Memperkuat Sinyal Tanpa GPS Locker

Refresh Data GPS

Kadang kala perangkat akan 'terjebak' pada satelit tertentu meskipun berada jauh dari jangkauan. Hal ini tentu membuat GPS tak mampu menangkap lokasi terbaru dengan tepat.

Untuk mengatasinya, coba pasang aplikasi untuk pengaturan sinyal seperti GPS Status & Toolbox. Lewat aplikasi ini, kamu dapat mengemballikan data GPS sehingga pengaturan sinyal akan kembali ke awal.

Gunakan Penerima GPS Eksternal

Apabila beberapa cara di atas tak mampu menyelesaikan masalah sinyal GPS, coba gunakan uang lebih untuk membeli perangkat GPS eksternal.

Perangkat ini biasanya terhubung melalui Bluetooth dan dapat diisi ulang dengan charger yang sama dari smartphone-mu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini