Sukses

6 Jenis Warna Biru dan Namanya, Cocok untuk Desain Rumah

Jenis warna biru dan namanya untuk dekorasi rumah.

Liputan6.com, Jakarta Jenis warna biru dan namanya ini ada banyak sekali, serta cocok jika ingin dijadikan warna untuk desain rumah. Tujuannya agar bisa membawa suasana segar dan penuh semangat. Warna biru ini identik sekali dengan langit dan laut. Sehingga tak jarang banyak orang yang juga memadukan jenis warna biru ini dengan jenis warna lain, agar seolah sedang berada di langit ataupun laut.

Selain mampu memberikan ketenangan, warna biru juga selalu memberikan semangat baru bagi siapa saja yang melihatnya. Bahkan seringkali orang-orang yang memilih warna biru untuk dijadikan sebagai desain rumah, dikenal sebagai orang yang pantang menyerah, dan sangat menyukai tantangan. Namun sayangnya tidak banyak orang yang mengerti dan memahami jenis warna biru dan namanya ini.

Padahal mengetahui jenis warna biru dan namanya bisa sangat mempengaruhi desain rumah. Bahkan mereka memiliki fungsi keindahan dan ketenangan yang berbeda-beda. Meskipun ada sebagian orang yang menganggap warna biru ini tidak boleh digunakan untuk desain restoran atau rumah makan.

Begitu juga ada yang menganggap warna biru ini dengan kesan negatif. Seperti menggambarkan diri yang melankolik (pilu), kesedihan, merasa benar sendiri, rasa egois, curiga, depresi, keras kepala, takut, dan tidak percaya diri. Maka dari itu penting bagi kita mengetahui berbagai jenis warna biru dan namanya agar bisa lebih bijak dan pandai menerapkannya. Terutama untuk dekorasi rumah.

Berikut penjelasan mengenai jenis warna biru dan namanya untuk dekorasi rumah yang sudah Liputan6.com, Jumat (3/4/2020) rangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Jenis Warna Biru dan Namanya: Biru Gelap-Navy

Jenis warna biru gelap dengan nama navy ini cocok sekali jika dipadukan dengan warna cerah atau netral. Misalnya saja warna putih, cokelat muda, kuning muda, dan abu-abu muda. Namun bisa juga loh jika ingin memadukannya dengan sentuhan warna-warna gelap seperti hitam, cokelat tua, orange, atau juga kuning tua.

Perpaduan jenis-jenis warna ini akan membuat ruang interior rumah menjadi tampak elegan dan simpel. Pemilihan warna ini cocok diterapkan untuk ruang tamu, ruang belajar, atau juga ruang kerja.

3 dari 7 halaman

2. Jenis Warna Biru dan Namanya: Biru Gelap-Medium Blue

Jenis warna biru gelap dengan nama medium blue ini sangat cocok jika ingin dijadikan sebagai warna dominan. Pemilihan warna pada interior ruang untuk rumah seperti ini akan memberikan kesan berani dan mewah.

Namun perlu diperhatikan juga jika ingin menjadikan warna ini sebagai dominan, jangan sekali-kali menambahakan warna pendukung yang cerah mencolok seperti kuning, hijau daun, atau juga merah muda.

Akan lebih cocok jika warna ini dipadukan dengan warna yang tegas juga seperti hitam, cokelat tua, orange, merah, atau gunakan jenis warna biru terang. Warna biru terang ini dipilih agar warna biru gelap bisa lebih hidup dan tampak menawan.

4 dari 7 halaman

3. Jenis Warna Biru dan Namanya: Biru Gelap-Midnight Blue

Jenis warna biru gelap dengan nama midnight blue ini sebenarnya tidak terlalu cocok jika dijadikan warna dominan. Namun warna biru ini sangat cocok jika dijadikan sebagai warna pendukung yang dominan. Maksudnya warna biru ini bisa diterapkan pada benda-benda pendukung interior ruang pada rumah. Misalnya saja seperti pada karpet, toples, lampu, dan hiasan-hiasan lain.

Kesan yang diberikan dari warna ini adalah mewah dan menenangkan. Bahkan juga memberi kesan romantis yang cukup dalam. Nah warna ini juga lebih baik jika dipadukan dengan warna netral seperti putih cerah, putih tulang, abu-abu muda, atau juga abu-abu tua.

5 dari 7 halaman

4. Jenis Warna Biru dan Namanya: Biru Gelap-Royal Blue

Jenis warna biru gelap dengan nama royal blue ini sangat cocok untuk dekorasi kamar loh. Memberikan kesan menenangkan dan sangat menyejukkan. Bisa digunakan untuk cat tebok atau juga pada kasur dengan motif garis-garis atau juga kotak-kotak.

Warna biru ini juga cocok jika digabungkan dengan benda-benda berwarna hijau, cokelat, orange, kuning. Dan lebih cocok lagi jika dipadukan dengan warna putih dan abu-abu ya.

6 dari 7 halaman

5. Jenis Warna Biru dan Namanya: Biru Pucat-Light Steel Blue

Jenis warna biru pucat dengan nama light steel blue ini ternyata juga cocok jika dipadukan dengan warna gelap loh. Seperti abu tua, hitam, dan cokelat tua. Bahkan cocok dijadikan untuk dekorasi dapur rumah. Bisa terapkan pada cat tembok atau juga keramik tembok.

Kesan yang diberikan pada warna biru ini adalah kesejukan yang dibawa sampai ruang dapur. Sehingga akan membuat betah memasak dan betah berlama-lama di dapur.

7 dari 7 halaman

6. Jenis Warna Biru dan Namanya: Biru Terang-Light Cyan

Jenis warna biru terang dengan nama light cyan ini sangat cocok untuk dekorasi cat rumah yang dominan yang juga dipadukan dengan warna terang. Namun akan lebih cocok jika dipadukan dengan warna putih tulang atau warna putih terang.

Meskipun warna biru ini memberikan kesan yang cukup lawas, tetapi warna ini cukup menenangkan. Sehingga cocok untuk ditempatkan pada ruang keluarga atau juga ruang tamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini