Sukses

10 Minuman yang Bisa Nodai Gigi, Sebabkan Berwarna Kuning

Segera kurangi konsumsi minuman ini agar gigi tetap putih.

Liputan6.com, Jakarta Gigi kuning merupakan kondisi umum yang sering membuat kurang percaya diri. Gigi bisa terlihat lebih kuning atau gelap terutama seiring bertambahnya usia. Ini disebabkan oleh enamel luar gigi yang menipis, membuat dentin kuning di bawahnya menjadi lebih terlihat.

Terkadang warna kuning gigi bisa mengganggu penampilan. Perubahan warna gigi bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya makanan dan minuman. Makanan dan minuman tertentu bisa menodai gigi dan membuatnya tampak kuning.

Minuman termasuk yang bersentuhan langsung dengan gigi. Beberapa minuman tertentu bisa menodai gigi. Mengurangi konsumsi minuman tertentu bisa membantu mengurangi risiko gigi kuning.

Berikut minuman yang bisa menodai gigi dan membuatnya kuning, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(15/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Minuman yang Bisa Nodai Gigi

Kopi

Kopi mengandung tanin, sejenis polifenol yang dapat menyebabkan warna menempel pada gigi. Jika senyawa ini menempel, mereka dapat meninggalkan rona kuning yang tidak diinginkan. Hanya perlu satu cangkir kopi sehari untuk menyebabkan gigi bernoda. Selain itu, karena bersifat asam, kopi mengubah keseimbangan pH mulut, memungkinkan makanan asam yang dimakan setelahnya merusak gigi lebih cepat.

Teh

Seperti halnya kopi, teh mengandung tanin yang dapat menodai gigi. Selain itu, jenis teh tertentu bisa mengubah warna gigi dalam berbagai cara, Teh hijau membuat gigi terlihat abu-abu, sementara teh hitam membuat gigi terlihat kuning.

Kabar baiknya adalah ada cara sederhana untuk mengurangi kemampuan menodai gigi pada teh. Sebuah penelitian tahun 2014 menemukan bahwa menambahkan 2 persen susu ke dalam teh dapat secara signifikan mengurangi kemampuan teh untuk menodai gigi. Lebih khusus lagi, para peneliti menentukan bahwa kasein, protein dalam susu, bertanggung jawab untuk mencegah noda akibat teh.

3 dari 6 halaman

Minuman yang Bisa Nodai Gigi

Minuman bersoda yang gelap

Minum sebotol cola sarat gula secara rutin juga dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Itu karena minuman asam seperti soda bisa menyebabkan erosi enamel. Saat enamel terkikis, itu tidak hanya membuat gigi lebih rentan terhadap noda. Ini juga akan memungkinkan dentin gigi, yang secara alami lebih gelap dan lebih kuning dari enamel lebih terlihat.

Soda sangat berbahaya, karena apa pun yang berkarbonasi juga bersifat asam dan dapat mengikis gigi. Ini termasuk soda versi bebas gula juga.

Jus buah berwarna gelap

Blackberry, blueberry, delima, dan buah beri hitam lainnya mengandung pigmentasi gelap yang dapat menyebabkan noda pada gigi. Partikel organik kecil dalam buah ini dapat menembus pori-pori di email gigi dan tetap menempel. Itulah mengapa gigi bisa berubah menjadi ungu dan mungkin terus berubah menjadi keunguan setelah makan blueberry.

Seperti buah-buahan berwarna gelap, jus berpigmen gelap seperti cranberry, anggur, bit, delima, dan blueberry juga dapat mengubah warna gigi.

 

4 dari 6 halaman

Minuman yang Bisa Nodai Gigi

Jus jeruk

Jeruk, jeruk bali, dan lemon nikmat dikonsumsi baik sebagai buah maupun jus, dan dikemas dengan vitamin C. Buah jeruk seperti lemon dan jeruk nipis sangat asam dan dapat mengikis enamel gigi. Ini membuat aneka jus jeruk bisa menimbulkan gigi menguning dan terasa lebih sensitif.

Minuman berenergi

Menurut sebuah studi tahun 2012, minuman energi dan minuman olahraga dikaitkan dengan kerusakan enamel, yang berkontribusi pada noda. Studi ini juga menunjukkan bahwa minuman berenergi tampaknya memiliki keasaman yang lebih tinggi. Ini membuat minuman ini berpotensi menyebabkan gigi kuning.

5 dari 6 halaman

Minuman yang Bisa Nodai Gigi

Anggur

Makanan dan minuman yang bersifat asam seperti anggur merah dapat membuat kasar dan membuka pori-pori di dalam email gigi. Saat email menjadi lebih kasar dan luas permukaan keseluruhannya meningkat, hal ini dapat membuka jalan bagi warna yang ditemukan dalam makanan dan minuman menetap di permukaan gigi. Tanin dalam anggur juga menjadi penyebab gigi berubah kuning.

Minuman manis dan permen

Minuman manis dan permen, terutama yang berwarna gelap seperti cokelat, dapat menyebabkan noda ringan pada gigi. Jenis minuman manis ini seperti jus kemasan, soda, dan minuman kemasan lainnya. Selain itu, banyak permen jenis keras dan lengket mengandung pewarna berwarna yang dapat menempel di email.

6 dari 6 halaman

Minuman yang Bisa Nodai Gigi

Cokelat

Cokelat mengandung tanin, polifenol asam yang dapat menyebabkan noda sama seperti kopi dan teh. Namun, tanin dalam cokelat tak sebanyak kopi maupun teh. Perlu diingat, meskipun cokelat panas tidak memiliki keasaman dan tanin seperti yang dikandung beberapa minuman lain, cokelat panas masih mengandung kromogen yang dapat mengubah warna gigi.

Selain aspek pewarnaan gigi, cokelat panas juga penuh gula dan rasa manis yang lengket. Bakteri penyebab kerusakan gigi akan memakan gula yang menempel di gigi dan dapat membuat gigi berlubang.

Kecap

Saus berpigmen gelap seperti kecap juga dikenal dapat menodai gigi. Kecap salah satu penyebab paling buruk untuk menodai gigi, karena warna gelap pada kedelai dapat bertahan lama setelah makan. Kecap juga kaya akan natrium yang bisa mengikis enamel gigi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.