Sukses

5 Manfaat Klentang Buah Kelor untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sayur klentang menjadi menu makanan yang sehat dan lezat.

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu suka makan sayur bening atau sayur asem, mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayur klentang. Klentang merupakan buah dari tanaman kelor yang memiliki warna hijau dan bentuknya segitiga memanjang.

Klentang mengandung banyak gizi seperti Vitamin C, fosfor, kalsium, besi, protein, serat, antibakteri yang bermanfaat untuk kesehatan, bahkan ampuh sembuhkan beberapa penyakit. Klentang juga kaya akan antioksidan serta memiliki sifat antiinflamasi alami.

Kelentang diketahui dapat mencegah penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit hati, gangguan pencernaan, masalah pernapasan, dan penyakit kulit.

Berikut 5 manfaat klentang untuk kesehatan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (30/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sumber Nutrisi

Klentang merupakan sumber nutrisi alami. Dalam satu buah klentang mengandung vitamin A, C, dan E serta mineral seperti kalsium, protein,dan kalium, yang merupakan sumber makronutrien penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sayur ini juga dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, seperti asma dan masalah pernapasan lainnya.

3 dari 6 halaman

2. Memperlancar ASI

Di Indonesia, klentang sering digunakan sebagai sayur karena memiliki rasa lezat dan mudah didapatkan. Di negara Eropa, klentang diolah menjadi minuman jus untuk membantu memperlancar produksi ASI.

Hal ini dikarenakan klentang berkhasiat untuk membuka atau melancarkan aliran pembuluh darah. Klentang tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui, tapi juga untuk semua orang, pria wanita, anak-anak hingga orang dewasa.

4 dari 6 halaman

3. Melawan Radikal Bebas

Klentang memiliki kandungan antiinflamasi yang melawan kerusakan penyebab radikal bebas. Terutama yang disebabkan karena stress aksidatif, kerussakan molekul sel dan peradangan.

Klentang mengandung beberapa antioksidan seperti flavonoid, asam askorbat dan polifenol dalam bijinya.

5 dari 6 halaman

4. Mencegah Diabetes

Klentang secara alami dapat membantu mencegah penyakit diabetes. Sayur ini memiliki vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan mata, menguatkan kornea dan mencegah peradangan.

Tak hanya itu, Vitamin C yang ada pada klentang ini dapat mencegah kerusakan pembuluh darah pada orang yang menderita diabetes tipe 1.

6 dari 6 halaman

5. Menyembuhkan Penyakit Perut

Klentang dikenal ampuh dalam menyembuhkan penyakit lambung seperti diare, disentri, sakit kuning dan kolera.

Sayur klentang bisa kamu jadikan obat alami untuk menyembuhkan penyakit perut tanpa menimbulkan efek samping.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini