Sukses

Dinamika adalah dalam Musik Mengungkap Perasaan, Begini Cara Menulisnya

Cara menulis tanda dinamika adalah dalam musik, diletakkan di awal, tengah, kesudahan, atau di mana saja.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu dinamika? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan dinamika adalah gerak dari dalam, tenaga yang menggerakkan, dan semangat. Bagaimana makna dinamika adalah dalam musik?

Memahami dalam modul berjudul Dinamika (Musik) yang dipublikasikan Universitas Krinadwipayana, dinamika adalah dalam musik berhubungan dengan perubahan. Dinamika adalah dalam musik berfungsi sebagai pengungkap perasaan. 

“Apakah itu riang, sedih, datar, atau sifat menyerang,” dijelaskan.

Dinamika adalah dalam musik menjadi tanda yang bisa diletakkan di awal, tengah, kesudahan, atau di mana saja dalam sebuah komposisi musik dan diperagakan hanya pada nada yang diberi tanda saja.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang dinamika, dinamika adalah dalam musik, tanda, dan cara menulisnya, Senin (28/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dinamika adalah dalam Musik

Memahami dinamika adalah dalam musik menjadi tanda volume pada sebuah nada. Istilah dinamika adalah dalam musik, bukan hal yang asing bagi para komposer.

Dinamika adalah dalam musik bagian dari kekuatan atau perubahan. Dalam jurnal yang diterbitkan Universiatas Pendidikan Indonesia, dinamika adalah secara etimologi berasal dari bahasa Yunani dari kata “dynamics” yang bermakna kekuatan.

Dalam modul berjudul Dinamika (Musik) yang dipublikasikan Universitas Krinadwipayana, dinamika adalah dalam musik tanda memainkan volume nada secara nyari atau lembut. Dinamika adalah dalam musik digunakan komposer untuk menunjukkan perasaan.

“Apakah itu riang, sedih, datar, atau sifat menyerang,” dijelaskan.

Asal usul istilah dinamika adalah dalam musik gambaran lembut, yakni piano dan gambaran nyaring, yakni forte. Memahami dinamika adalah dalam musik ditulis tandanya dengan kata-kata dalam bahasa Italia.

Dinamika adalah dalam musik menjadi tanda yang bisa diletakkan di awal, tengah, kesudahan, atau di mana saja dalam sebuah komposisi musik dan diperagakan hanya pada nada yang diberi tanda saja.

“Bila tanda dinamika tidak terlihat karenanya nada diperagakan dengan volume sedang,” dijelaskan.

Dinamika adalah dalam musik memiliki tanda mezzo-forte (mf), fortissimo (ff), piano (p), mezzo-piano (mp), pianissimo (pp), dan forte (f). Itu merupakan tanda dinamika yang paling sering digunakan dalam musik.

 

3 dari 4 halaman

Tanda Dinamika dalam Musik dan Artinya

Dinamika adalah dalam musik memiliki enam tanda dan arti yang berlainan. Masih melansir sumber modul yang sama, ini tanda dinamika adalah dalam musik dan artinya:

1. Tanda dinamika Pianissimo (pp) adalah dimainkan dengan sangat lembut.

2. Tanda dinamika Piano (p) adalah dimainkan dengan lembut.

3. Tanda dinamika Mezzo-piano (mp) adalah dimainkan dengan lebih kurang lembut.

4. Tanda dinamika Mezzo-forte (mf) adalah dimainkan dengan lebih kurang nyaring.

5. Tanda dinamika Forte (f) adalah dimainkan dengan nyaring.

6. Tanda dinamika Fortissimo (ff) adalah dimainkan dengan sangat nyaring.

Hal yang sama dijelaskan dalam buku berjudul Musik Bermain & Memahami oleh Erlangga, ada enam tanda dinamika adalah dalam musik yang perlu diketahui:

1. Tanda dinamika Pianissimo (pp), suara yang dihasilkan sangat lembut.

2. Tanda dinamika Piano (p), suara yang dihasilkan lembut.

3. Tanda dinamika Mezzo-piano (mp), suara yang dihasilkan agak lembut.

4. Tanda dinamika Mezzo-forte (mf), suara yang dihasilkan mezzo-forte agak nyaring.

5. Tanda dinamika Forte (f), suara yang dihasilkan nyaring.

6. Tanda dinamika Fortissimo (ff), suara yang dihasilkan sangat nyaring.

Dinamika adalah dalam musik menjadi tanda yang bisa diletakkan di awal, tengah, kesudahan, atau di mana saja dalam sebuah komposisi musik dan diperagakan hanya pada nada yang diberi tanda saja.

4 dari 4 halaman

Cara Menulis Dinamika dalam Musik

Bagaimana seorang komposer menuliskan dinamika adalah dalam musik yang menjadi bagian dari perubahan atau kekuatan? Masih melansir suber yang sama, seorang komposer akan menulis perubahan dinamika adalah dalam musik secara bertahap.

Cara menulis dinamika adalah dalam musik, memakai tanda crescendo (cresc.) dan decrescendo (decresc.). Tanda dinamika adalah dalam musik ini menunjukan bidang mana yang akan secara bertahap nyaring atau lembut.

1. cresc. untuk bertahap nyaring, dan

2. decresc. bertahap lembut.

Tanda crescendo pada musik dinamika adalah digambarkan dengan (<) panjang dan descrescendo pada musik dinamika adalah digambarkan dengan (>) panjang, biasa dikata juga dengan "penjepit rambut" (hairpin).

Hairpin biasanya berada di bawah paranada, namun bisa juga ditemukan di atas paranada terutama pada partitur vokal. Kemudian memahami tanda dinamika adalah dalam musik yang Cresc. dan decresc. diperagakan sampai kesudahan dari tanda itu sendiri. Sebutan lain dari decresc. merupakan diminuendo (dim.').

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.