Sukses

Contoh Mind Mapping Simple tapi Menarik, Ketahui Fungsi dan Cara Membuatnya

Berikut adalah sejumlah contoh mind mapping simple tapi menarik, lengkap dengan penjelasan cara membuatnya.

Liputan6.com, Jakarta Contoh mind mapping simple tapi menarik tentu ada banyak sekali dan bersifat subjektif bagi setiap orang. Artinya, bisa jadi contoh mind mapping yang satu bisa menarik bagi seseorang, tapi tidak menarik bagi orang lain.

Apalagi cara kerja seseorang dalam memahami suatu konsep berbeda-beda. Yang jelas, selama mind mapping bisa membantu seseorang sehingga dapat lebih mudah memahami suatu konsep yang sulit dan rumit, makan mind mapping tersebut sudah termasuk mind mapping yang baik.

Melihat contoh mind mapping simple tapi menarik tentu sangat penting. Sifat simple dari mind mapping ini akan sangat memengaruhi apakah suatu konsep yang cenderung rumit dan sulit ini nantinya akan bisa dipahami atau tidak. Sedangkan sifat menarik ini juga penting sehingga orang lain dapat dengan betah menyimaknya.

Berikut adalah sejumlah contoh mind mapping simple tapi menarik, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (30/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa itu mind mapping?

Sebelum lebih jauh membahas contoh mind mapping simple tapi menarik, penting bagi kita untuk memahami apa yang dimaksud dengan mind mapping. Mind mapping sendiri merupakan sebuah istilah yang terbentuk dari dua kata dalam bahasa Inggris, yakni "mind" dan "mapping."

Mind berarti pikiran, sedangkan mapping berarti pemetaan atau memetakan. Pikiran yang dimaksud bukan hanya sekedar pikiran seseorang sebagai pribadi, namun lebih merujuk pada buah pikiran, ide, gagasan, maupun konsep.

Lalu mengapa pikiran perlu dipetakan? Tentu saja jawabannya adalah agar lebih mudah dipahami. Suatu konsep, ide, ataupun gagasan, jika masih ada di dalam pikiran tentu akan lebih sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, untuk dapat membuatnya lebih mudah untuk dipahami, konsep, gagasan, ide, yang sifatnya begitu abstrak itu dibuat menjadi lebih konkret dulu, entah itu dengan cara diungkapkan dengan kata-kata maupun ditulis.

Namun, ide atau yang diungkapkan dengan bentuk kata-kata lisan dan tulisan, bagi sebagian besar orang masih saja terasa sulit untuk dipahami. Karena itulah, ditemukan metode untuk memahami suatu ide, gagasan, buah pikiran, atau konsep, dengan cara mind mapping.

Mind mapping adalah sebuah cara baru untuk mencatat ide atau gagasan yang kamu miliki dan pertama kali dipopulerkan oleh Tony Buzan yang merupakan seorang penulis dan bintang televisi dari Inggris.

Jika ide atau konsep menjadi lebih mudah dipahami, maka itu juga akan menjadi lebih mudah juga untuk diingat.

3 dari 5 halaman

Fungsi Mind Mapping

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mind mapping adalah metode atau cara untuk mencatat atau mengingat ide, gagasan, atau konsep agar mudah dipahami dan diingat. Oleh karena itu, contoh mind mapping simple tapi menarik juga harus dapat memenuhi tujuan tersebut, yakni agar suatu konsep jadi lebih mudah dipahami dan diingat.

Agar contoh mind mapping simple tapi menarik dapat memenuhi tujuan tersebut, mind mapping setidaknya harus dapat memenuhi sejumlah fungsi antara lain sebagai berikut,

  1. menyusun informasi secara efektif
  2. meningkatkan pemahaman membaca
  3. meningkatkan produktivitas
  4. menginspirasi kreativitas
  5. meningkatkan daya ingat dan daya ingat
4 dari 5 halaman

Manfaat Mind Mapping

Secara umum, mind mapping memiliki manfaat, yakni untuk memudahkan seseorang dalam memahami suatu konsep yang rumit, serta mengingat pemahaman tersebut. Di samping itu, masih ada sejumlah manfaat mind mapping lain yang bisa kamu rasakan, antara lain sebagai berikut,

1. Membantu menemukan solusi terbaik dengan cepat

Contoh mind mapping simple tapi menarik seharusnya dapat membantu seseorang untuk menemukan suatu solusi dengan cepat. Otak memproses informasi visual 60.000 kali lebih cepat daripada teks—dan alat bantu visual meningkatkan pembelajaran hingga 400 persen. Jadi, dengan mengatur pemikiran dan ide secara visual, seperti mind mapping, otak akan dapat memproses informasi lebih cepat dan lebih efektif. Ini akan mengarah ke solusi yang lebih baik dan lebih kreatif dalam kerangka waktu yang lebih singkat.

2. Menyimpan informasi

Retensi informasi adalah bagian penting dari brainstorming yang efektif. Mind mapping membantu menyimpan informasi lama setelah menyelesaikan sesi brainstorming.

3. Membuat kolaborasi lebih efektif

Mind mapping adalah teknik visual. Ini membuat setiap anggota tim dapat dengan mudah melihat pemikiran dan ide rekan kerja mereka dan menambahkan ide mereka sendiri ke dalam peta. Dan jika sebuah topik di peta memicu sebuah ide, mereka dapat dengan cepat mengambil penanda, menarik garis dari topik itu, dan menambahkan ide mereka ke peta.

4. Meningkatkan produktivitas

Mind mapping dapat membantu menemukan solusi yang lebih baik dan lebih kreatif, membantu menyimpan informasi penting dengan lebih mudah, dan berkolaborasi dengan lebih baik. Berkat manfaat tersebut, mind mapping juga bisa membuatmu lebih produktif.

5. Membantu menghafal

Mind mapping adalah teknik yang mirip dengan lokus untuk mengingat dan mengingat informasi. Pada dasarnya, mereka akan mengembangkan visual mental untuk hal-hal yang perlu mereka ingat, memungkinkan mereka mengingat sejumlah besar informasi. Visual dalam mind mapping lebih mudah disimpan dalam memori daripada jenis format representasional lainnya.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Mind Mapping

Melihat contoh mind mapping simple tapi menarik tentunya akan memudahkan kita untuk membuat mind mapping. Ada sejumlah cara yang bisa kita gunakan untuk membuat contoh mind mapping simple tapi menari, yakni sebagai berikut.

1. Cara Manual

  1. Cara membuat mind mapping manual yang menarik adalah mulailah dengan menyiapkan alat tulis. Berupa bolpoin, spidol, hingga pensil warna untuk menulis.
  2. Kemudian cara membuat mind mapping manual yang menarik adalah siapkan kertas polos untuk medianya. Guna memudahkan prosesnya, siapkan juga penggaris.
  3. Cara membuat mind mapping manual yang menarik, tentukan topik utama atau judul. Kemudian, lanjutkan cara membuat mind mapping manual dengan menuliskan sub topik atau sub judul.
  4. Pada cara membuat mind mapping manual yang menarik bagian penulisan sub topik, gunakan kata yang singkat padat dan jelas, jangan terlalu panjang. Usahakan pula kata yang mewakili ini unik, sehingga mudah diingat.
  5. Cara membuat mind mapping manual yang menarik selanjutnya, buat lagi turunan dari sub topik agar memahami mind mapping lebih mudah dilakukan.
  6. Sentuhan akhir dari cara membuat mind mapping manual yang menarik adalah memberikan warna atau gambar unik untuk menjadikannya menyenangkan dibaca.

2. Cara Membuat Mind Mapping dengan Ms Word

  1. Cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik, mulai buka blank document di Microsoft Word. Agar lebih mudah menggambarkan mind mapping, ganti orientasi kertas menjadi landscape dengan pilih Layout > Orientation > Landscape.
  2. Tempatkan konsep utama atau topik utama di bagian paling tengah, cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik manfaatkan tools seperti Shapes untuk membuat visualisasinya. Tools yang bisa digunakan terletak pada grup Illustrations di tab Insert.
  3. Cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik, mulai pilih Insert > Illustrations > SmartArt. Beberapa bentuk SmartArt bisa dijadikan mind mapping yang bagus. Selain memanfaatkan Smart Art, cobalah manual dengan memadukan garis, panah, dan bentuk di sana.
  4. Cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik, rentangkan dan hubungkan shape konsep utama dengan garis dan panah dengan konsep lainnya.
  5. Garis digunakan untuk menghubungkan konsep utama ke konsep-konsep lainnya. Text Book digunakan untuk menyisipkan keterangan berupa tulisan. Shape digunakan untuk membuat bentuk seperti lingkaran, oval, persegi, dan lainnya.
  6. Kemudian cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik, bisa menyisipkan gambar melalui Insert > Pictures. Lalu cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik, dapatkan pula gambar secara online melalui Insert > Online Pictures.
  7. Mulai modifikasi shape yang telah dibuat seperti mengubah warna, transparansi, garis, atau tampilan sudur. Klik kanan pada bentuk yang dipilih dan pilih Format Shape.
  8. Selesaikan cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik, dengan menyisipkan diagram untuk mengilustrasikan konsep. Cukup buka Insert > Chart > pilih jenis diagram yang ingin dibuat.

3. Cara membuat mind mapping dengan Canva

  1. Cara membuat mind mapping di Canva yang menarik, mulai buka dokumen, masuk ke akun Canva atau daftar gratis menggunakan profil Facebook atau Google.
  2. Pilih templat untuk mulailah kreasi dengan templat peta pikiran yang dirancang secara profesional. Cara membuat mind mapping di Canva yang menarik, filter untuk warna, bahasa, tema, atau gaya untuk mendapatkan hasil yang lebih tepat.
  3. Tambahkan lebih banyak fitur dan elemen. Cara membuat mind mapping di Canva yang menarik bagian ini, bentuk, garis, kotak teks, ikon, dan grafik lainnya untuk memetakan pemikiran.
  4. Kemudian cara membuat mind mapping di Canva yang menarik, gunakan palet warna Canva untuk memberi kode warna pada desain dan menjaga semuanya tetap hidup.
  5. Jika ingin memberikan presentasi, cara membuat mind mapping di Canva yang menarik dapat menggunakan alat Animate untuk memilih bagaimana setiap fitur menampilkan dirinya sendiri.
  6. Sesuaikan desain, cara membuat mind mapping di Canva yang menarik atur ulang tata letak atau dapatkan inspirasi dari template yang berbeda untuk menyesuaikan yang telah dipilih, menambahkan kombinasi bentuk yang berbeda atau menggunakan skema warna yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.