Sukses

6 Dampak Buruk Kekurangan Vitamin A pada Anak, Bisa Ganggu Pertumbuhan

Dampak buruk kekurangan vitamin A pada anak bisa dicegah dengan asupan makanan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Dampak buruk kekurangan vitamin A pada anak bisa dicegah dengan asupan makanan sehat. Sebagai salah satu vitamin yang larut di dalam lemak, vitamin A memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah menjaga fungsi penglihatan, daya tahan tubuh, kesehatan kulit, hingga mencegah masalah kesehatan organ reproduksi.

Kekurangan vitamin A ini rentan dialami oleh anak-anak. Hal ini dapat memnimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah masalah pada penglihatan. Pemberian suplemen dan makanan sumber vitamin A sangat penting agar anak senantiasa terjaga kesehatannya.

Dampak buruk kekurangan vitamin A pada anak bisa menyebabkan masalah kesehatan dan juga kecantikan. Bahkan, hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan atau perkembangan anak terganggu. Oleh karena itu, orang tua wajib memperhatikan asupan vitamin A pada anaknya secara teratur.

Berikut Liputan6.com rangkum dari KlikDokter, Jumat (27/11/2020) tentang dampak buruk kekurangan vitamin A pada anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Buruk Kekurangan Vitamin A pada Anak

Masalah Penglihatan

Salah satu dampak buruk kekurangan vitamin A pada anak yang mungkin paling dikenal adalah gangguan penglihatan. Kekurangan vitamin A membuat seseorang dapat mengalami penyakit gangguan penglihatan berat, yang mana jika asupan vitamin A terpenuhi hal ini dapat dicegah.

Pada awal tahun 1990, World Health Organization (WHO) memperkirakan sekitar tiga juta anak-anak di seluruh dunia mengalami Xeroftalmia setiap tahunnya. Xeroftalmia adalah suatu bentuk gangguan penglihatan akibat kekurangan vitamin A. Gejalanya bisa berupa muncul bercak putih di mata (bercak Bitot), terjadinya rabun senja (sulit melihat di waktu senja), mata tampak keruh, serta mata kering.

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Terganggu

Secara keseluruhan, kekurangan vitamin A berakibat kepada terjadinya gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Kekurangan vitamin A yang dialami anak perempuan dapat meningkatkan risiko terserang anemia akibat kekurangan zat besi. Hal ini mengakibatkan, anak akan mengalami gangguan pertumbuhan.

Apabila kekurangan vitamin A dialami oleh wanita dewasa, dikhawatirkan dapat mengakibatkan gangguan proses kehamilan serta laktasi (menyusui). Selain itu, dampak buruk kekurangan vitamin A pada anak juga bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan tulang serta kelainan pertumbuhan sel dan jaringan tubuh.

3 dari 4 halaman

Dampak Buruk Kekurangan Vitamin A pada Anak

Kulit Kering

Kulit kering menjadi salah satu dampak buruk kekurangan vitamin A pada anak. Hal ini disebabkan karena vitamin A merupakan salah satu komponen penting untuk memperbaiki jaringan kulit. Vitamin ini membantu mengurangi peradangan apabila terjadi luka atau infeksi. Anak yang mengalami kekurangan vitamin A dalam jangka waktu lama dapat mengalami kondisi kulit kering dan memperburuk kondisi eksim yang dideritanya.

Penyebab Jerawat dan Breakout di Kemudian Hari

Berbagai penelitian menunjukkan, kadar vitamin A yang rendah di dalam tubuh berhubungan dengan munculnya jerawat. Jadi, dampak buruk kekurangan vitamin A pada anak bisa menyebabkan terjadinya jerawat dan breakout di wajah saat anak dewasa nanti.

4 dari 4 halaman

Dampak Buruk Kekurangan Vitamin A pada Anak

Masalah Kesuburan saat Dewasa Nanti

Dampak buruk kekurangan vitamin A pada anak selanjutnya adalah masalah kesuburan. Apabila kekurangan vitamin A pada anak berkelanjutan hingga dewasa, maka kesehatan kesuburannya bisa terdampak. Rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran dan cacat bawaan.

Meningkatkan Risiko Kematian Akibat Infeksi Berat

Dampak buruk kekurangan vitamin A bisa mengakibatkan anak mengalami infeksi berat hingga kematian, khususnya akibat infeksi campak dan diare. Infeksi berat seperti campak dan diare mudah menyerang balita karena sistem pertahanan tubuhnya masih belum sempurna.

Itulah beberapa dampak buruk kekurangan vitamin A pada anak. Jangan jangan biarkan anak mengalami kekurangan vitamin A. Anak harus mendapatkan vitamin A cukup agar kekebalan tubuhnya tetap kuat dan terhindar dari infeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.