Sukses

18 Pengertian Uang Menurut Para Ahli dan Fungsi Dasarnya

Uang adalah alat tukar hingga alat pembayar utang.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu uang? Memahami uang adalah bagian dari harta atau kekayaan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan pengertian uang adalah alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah.

“Uang dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu,” dijelaskan.

Pengertian uang adalah alat tukar hingga alat pembayar utang. Hal ini diungap dalam buku berjudul Money, Debt and Economic Activity (1952) oleh Albert Geilord Hart. Pengertian uang adalah kekayaan yang bisa dipakai melunasi utang dalam jumlah tertentu pada waktu itu juga.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian uang dan fungsi dasarnya, Senin (7/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Uang Menurut Para Ahli

1. Pengertian Uang Menurut A. C. Pigou

Pengertian uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat tukar.

2. Pengertian Uang Menurut Denis Holme Robertson

Pengertian uang adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang dan jasa.

3. Pengertian Uang Menurut Rismsky K. Judisseno

Pengertian uang adalah satu media yang mampu untuk diterima yang dipaki oleh setiap pelaku ekonomi atau pun pelaku pasar uang dipakai untuk mempermudah ketika sedang bertransaksi.

4. Pengertian Uang Menurut Irma Rahmawati

Pengertian uang adalah suatu benda yang mampu untuk disetujui oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai alat penukaran dalam perdagangan.

5. Pengertian Uang Menurut Bank Indonesia (BI)

Pengertian uang adalah benda yang dapat ditukarkan dengan benda lain, dapat digunakan untuk menilai benda lain, dan dapat kita simpan. Selanjutnya, jangan lupa bahwa uang dapat juga digunakan untuk membayar utang di waktu yang akan datang.

6. Pengertian Uang Menurut Walker

Pengertian uang adalah semua hal yang bisa dilakukan oleh uang.

7. Pengertian Uang Menurut Mankiw

Pengertian uang adalah segala sesuatu yang dapat dipakai atau untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa maupun hutang, serta mempersingkat waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan perdagangan.

8. Pengertian Uang Menurut R. S. Sayers

Pengertian uang adalah segala sesuatu yang umum diterima bagi pembayaran utang.

9. Pengertian Uang Menurut H. Robertson

Pengertian uang adalah sesuatu yang umum dan bisa diterima untuk melakukan transaksi pembayaran barang maupun jasa.

3 dari 4 halaman

Pengertian Uang Menurut Para Ahli Selanjutnya

10. Pengertian Uang Menurut F.A Walker

Pengertian uang adalah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu. Dengan kata lain, uang adalah uang karena fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi-fungsi yang lain.

11. Pengertian Uang Menurut Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo

Pengertian uang adalah alat tukar yang diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang sah.

12. Pengertian Uang Menurut Albert Gailort Hart

Pengertian uang adalah kekayaan yang bisa dipakai melunasi utang dalam jumlah tertentu pada waktu itu juga.

13. Kasmir

Pengertian uang adalah alat untuk membayar terhadap barang yang akan dibeli atau diterima dari penjualan barang dan jasa.

14. Pengertian Uang Menurut Rolling G. Thomas

Pengertian uang adalah alat untuk membayar barang atau pun jasa, serta untuk melunasi utang.

15. Pengertian Uang Menurut George Simmel

Pengertian uang adalah mempunyai kemampuan dalam mentransformasikan serta mengubah dunia sosial terhadap dunia aritmatik dan digunakan sebagai sarana reifikasi paling murni.

16. Pengertian Uang Menurut George N. Halm

Pengertian uang adalah suatu alat yang dipakai dlam mempermudah serta memperlancar pertukaran serta untuk mengatasi segala kesulitan untuk melakukan barter atau transaksi.

17. Pengertian Uang Menurut Jack Weatherford

Pengertian uang adalah pertama kali diciptakan dan digunakan oleh orang-orang dari Kerajaan Lydia. Weatherford meyakini orang-orang Lydia sudah memakai uang itu sebagai alat tukar sejak sekitar tahun 1.000 SM.

18. Pengertian Uang Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian uang adalah alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu.

4 dari 4 halaman

Fungsi Uang

Apa saja yang menjadi fungsi dasar uang itu? Bank Indonesia (BI) dalam modul berjudul Uang: Pengertian, Penciptaan, dan Peranannya dalam Perekonomian oleh Solikin dan Suseno, dijelaskan memiliki empat fungsi dasar. Ini penjelasannya:

1. Alat Tukar

Fungsi uang adalah sebagai alat tukar. Apabila tidak ada uang maka transaksi hanya dilakukan dengan cara tukar-menukar antara barang yang satu dengan barang yang lain.  Adanya uang, seseorang dapat secara langsung menukarkan uang tersebut dengan barang yang dibutuhkannya kepada orang lain yang menghasilkan barang tersebut.

2. Alat Penyimpan Nilai

Fungsi uang adalah sebagai sebagai alat penyimpan nilai. Sesuai dengan sifatnya, manusia adalah mahluk yang gemar mengumpulkan dan menyimpan kekayaan dalam bentuk barang-barang yang berharga untuk dipergunakan di masa yang akan datang.

Barang-barang berharga tersebut pada umumnya berupa tanah, rumah, dan benda berharga lain. Walaupun kekayaan yang dapat disimpan beragam bentuknya, tidak dapat dipungkiri bahwa uang merupakan salah satu pilihan untuk menyimpan kekayaan.

3. Satuan Hitung

Fungsi uang adalah sebagai satuan hitung. Apabila tidak ada satuan hitung yang diperankan oleh uang, dapat dibayangkan kesulitan dalam melakukan penilaian terhadap suatu barang.

Tanpa satuan hitung seseorang mungkin akan menilai seekor sapi sama dengan dua ekor kambing dsb.

Adanya uang, tukar-menukar dan penilaian terhadap suatu barang akan lebih mudah dilakukan. Selain itu, dengan uang pertukaran antara dua barang yang berbeda secara fisik juga dapat dilakukan.

4. Alat Ukuran Pembayaran Tertunda

Fungsi uang adalah sebagai alat ukur pembayaran yang tertunda. Fungsi uang ini terkait dengan transaksi pinjam-meminjam. Uang merupakan salah satu cara untuk menghitung jumlah pembayaran pinjaman tersebut.

Lebih masuk akal untuk meminjamkan uang sebesar satu juta rupiah selama lima tahun, daripada meminjamkan satu ekor kambing dalam waktu yang sama mengingat keadaan kambing dalam lima tahun mendatang akan berbeda dengan keadaan kambing semula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.