Sukses

7 Doa Mau Pergi untuk Berbagai Macam Tujuan, Termasuk Pergi Haji

Membaca doa mau pergi sangat dianjurkan bagi kita agar di sepanjang perjalanan, kita selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Agama Islam adalah agama yang sangat menyeluruh. Artinya, Islam mengatur segala aspek dalam hidup kita, bahkan mengatur hal-hal yang paling sederhana seperti ketika henda bepergian. Hal ini ditujukkan dengan anjuran untuk membaca doa mau pergi.

Membaca doa mau pergi sangat dianjurkan bagi kita agar di sepanjang perjalanan, yakni ketika meninggalkan rumah hingga sampai tujuan, langkah kita selalu dilindungi oleh Allah SWT. Di samping itu, dengan membaca doa mau pergi juga diharapkan bahwa perjalanan yang kita lakukan menghasilkan keberkahan dan manfaat.

Membaca doa mau pergi juga dapat menghindarkan kita dari kemungkinan-kemungkinan terburuk, apa lagi jika kita melakukan perjalanan jauh. Oleh karena itulah penting bagi kita sebagai orang yang beriman untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dengan membaca doa mau pergi.

Ada beberapa bacaan doa mau pergi yang bisa kita amalkan setiap hendak meninggalkan rumah berdasarkan kepentingan perjalanannya. Berikut adalah sejumlah bacaan doa mau pergi seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (24/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Mau Pergi secara Umum

Doa mau pergi yang pertama adalah doa mau pergi secara umum. Doa mau pergi ini tidak disebutkan secara spesifik apa yang kita harapkan selama meninggalkan rumah. Yang jelas dalam doa meu pergi ini mengandung penyerahan diri kepada Allah SWT. Adapun bacaan doa mau pergi yang singkat ini adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

Meski bacaan doa tersebut relatif singkat jika dibandingkan dengan doa mau pergi lainnya, namun bacaan itu sudah cukup bagi seseorang untuk mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa: 'Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah', maka dikatakan kepadanya: kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya.” (HR. Tirmidzi; hasan shahih. Hadits senada diriwayatkan juga oleh Abu Daud).

Doa Mau Pergi Jauh

Perjalanan jauh tentu memiliki lebih banyak kemungkinan buruk terjadi, entah itu hambatan berupa kendaraan yang bermasalah, atau ancaman dari orang-orang yang jahat. Oleh karena itu penting bagi kita untuk membaca doa mau pergi jauh. Berikut adalah bacaan doa mau pergi jauh,

اللهمَّ الطفْ بي في تيسيرِ كلِّ عسيرٍ فإن تيسيرَ كلِّ عسيرٍ عليك يسيرُ وأسألُك اليسرَ والمعافاةَ في الدنيا والآخرةِ

Allahummalthuf bi fi taisiri kulli 'asir fa inna taisira kulli 'asirin 'alaika yasir, wa as alukal yusra wal mu'afata fid dunya wal akhirati.

Artinya: "Ya Allah, lunakkanlah kepadaku dalam memudahkan setiap sesuatu yang sulit karena memudahkan setiap sesuatu yang sulit bagi-Mu sangat mudah, dan aku memohon kepada-Mu kemudahan dan kesehatan di dunia dan akhirat."

3 dari 5 halaman

Doa Mau Pergi Berkendara

Ketika mau pergi ke suatu tempat, entah itu jauh atau dekat, beberapa dari kita ada yang menggunakan kendaraan. Pergi dengan menggunakan kendaraan tentu memiliki kelebihan dapat mempersingkat waktu perjalanan. Meski demikian, tentu ada saja kemungkinan yang bisa terjadi dengan perjalanan kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca doa mau pergi dengan kendaraan, bacaannya sebagai berikut,

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhanalladzi sakhkhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami-lah kami akan kembali."

Doa Mau Pergi agar Perjalanan Terasa Singkat

Perjalanan jauh tentu membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal itu kadang membuat kita merasa bosan bahkan tidak sabar untuk cepat sampai. Untuk mengatasi itu, kita bisa membaca doa mau pergi yang dapat membuat perjalanan jauh terasa lebih dekat. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut,

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waathwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

4 dari 5 halaman

Doa Istirahat di Tengah Perjalanan

Ketika melakukan perjalanan jauh, baik itu pulang kampung atau kunjungan kerja, tidak jarang kita berhenti untuk beristirahat. Ketika melakukan istirahat itu, hendaknya kita juga membaca doa. Membaca doa ketika istirahat di tengah perjalanan bisa menghindarkan kita dari rintangan maupun tindakan kejahatan. Adapun bacaan doanya sebagai berikut,

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A'udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa khalaq.

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya."

Doa Mau Pergi agar Tidak Tersesat

Jika kita mau pergi ke tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya, kemungkinan tersesat pasti ada. Bahkan meski sudah memanfaatkan Google Maps saja, kita masih bisa tersesat. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, penting bagi kita untuk membaca doa mau pergi agar tidak tersesat. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Allahumma inni a’uzubika an adhilla aw udholla aw azilla aw uzalla aw udzlima aw udzlama aw ajhal aw ujhala ‘alayya.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku menzalimi, atau aku dizalimi, atau kebodohanku atau aku dibodohi.”

5 dari 5 halaman

Doa Mau Pergi Menunaikan Ibadah Haji

Jangankan dalam urusan duniawi, melakukan perjalanan untuk ibadah tentunya perlu mengawalinya dengan berdoa, apalagi jika kita meu pergi menunaikan ibadah haji. Doa mau pergi naik haji ini penting untuk kita amalkan agar ibadah haji kita diterima oleh Allah SWT.

Adapun bacaannya sebagai berikut,

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa adkhilnī biraḥmatika fī 'ibādikaṣ-ṣāliḥīn

Artinya: "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.