Sukses

Lord Artinya Seseorang yang Memiliki Kekuasaan, Pahami Penggunaan Katanya

Kata lord artinya dalam bahasa Inggris adalah orang atau tuan yang memiliki wewenang, kendali, atau kuasa atas pihak lain.

Liputan6.com, Jakarta Lord artinya adalah salah satu kosa kata dalam bahasa Inggris yang sering dijumpai, termasuk di Indonesia. Orang Indonesia menggunakan kata lord artinya ini dalam perbincanan sehari-hari. Bahkan, istilah ini juga banyak muncul di film maupun serial bertema kerajaan.

Menurut Wikipedia, kata lord artinya dalam bahasa Inggris adalah orang atau tuan yang memiliki wewenang, kendali, atau kuasa atas pihak lain, selaku majikan, pemimpin, atau penguasa. Penggunaan kata lord ditujukan untuk seseorang yang berkuasa atau memiliki kekuasaan seperti anggota kerajaan.

Agar lebih paham, berikut Liputan6.com ulas mengenai arti lord dan penggunaan katanya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lord Artinya

Menurut Oxford Dictionary of English, etimologi kata "lord " dapat ditelusuri sampai ke kata "hlāford " dalam Bahasa Inggris Kuno, yang berasal dari kata "hlāfweard ", artinya "penjaga roti" atau "pengurus roti". Makna kata "hlāfweard " ini mencerminkan salah satu adat suku-suku Jermani, yakni kepala suku menyediakan makanan bagi para pengikutnya. Sebutan "lord " digunakan bagi kaum lelaki, sementara sebutan yang setara dengan "lord " bagi kaum perempuan adalah "lady ". Meski begitu, Ratu Elizabeth II menyandang gelar Lord of Mann dan para wali kota perempuan di Inggris menyandang gelar Lord Mayor. Artinya, sebutan lord tak terbatas pada jenis kelamin. Para perempuan yang disebutkan di atas bisa menjadi bukti bahwa gelar "Lord" tak selamanya untuk laki-laki.

Pada sistem feodalisme, kata lord memiliki arti yang luas, bebas, dan bervariasi. Seorang overlord adalah orang yang memiliki tanah yang dikelola oleh tuan tanah yang stratanya lebih rendah darinya. Istilah "landlord" pada masa kini adalah sebutan kehormatan yang bertahan dari pemakaian kata tersebut. Istilah tersebut merupakan sebutan kehormatan semata yang menunjukkan hubungan antara dua orang menurut strata dalam masyarakat. 

Sementara menurut Oxford Languages, arti lord adalah sesuatu atau seseorang yang memiliki kekuasaan, otoritas, atau pengaruh yang besar. Pendeknya, lord adalah seorang tuan atau penguasa.

Menurut Vocabulary, kata lord artinya adalah orang kuat yang bertanggung jawab, atau penguasa atau tuan. Kata lord menggambarkan seorang pria yang memegang otoritas atau pengaruh kuat di bidang tertentu, seperti CEO kaya yang dikenal sebagai penguasa kapitalisme.

3 dari 5 halaman

Penggunaan Kata Lord

Kata lord artinya sendiri memiliki makna yang luas. Hal ini tergantung dengan konteks yang sedang dibicarakan. Cara memaknainya pun bergantung pada konteks penggunaan. Supaya tidak salah dalam mengartikan atau menggunakannya, anda perlu memahami penggunaan kata lord adalah sebagai berikut:

a. Kebangsawanan

Istilah lord dalam konteks kebangsawanan punya beberapa padanan di budaya Eropa. Misalnya, terdapat istilah dari Prancis Mon Seigneur, kependekan dari Monsieur berasal langsung dari bahasa Latin seniorem, artinya "ketua, senior". Kata serapan lain pun muncul, seperti "Signore" di Italia dan "Senor" di Spanyol. Sementara itu, padanan lord di Jawa adalah "Gusti".

b. Feodalisme

Pada sistem feodalisme, kata lord artinya bebas, luas, dan bervariasi. Misalnya, ada istilah overlord yang digunakan sebagai sebutan untuk tuan yang tanahnya dikelola oleh tuan tanah yang stratanya lebih rendah. Selanjutnya, ada istilah "landlord" yang digunakan untuk sebutan kehormatan yang menunjukkan hubungan dalam strata masyarakat. Jika diurutkan, landlord tunduk kepada overlord, dan overlord tunduk kepada raja.

c. Agama

Dalam konteks agama, istilah lord digunakan sebagai gelar untuk Dewa atau Tuhan. Dalam bahasa Inggris, istilah lord sering digunakan untuk menerjemahkan kata "rabb" dari bahasa Arab. digunakan sebagai deferens untuk Allah SWT. Pemakaian kata lord dalam bahasa Inggris biasanya sering dipakai untuk konteks religius.

4 dari 5 halaman

Sinonim Kata Lord

Selain menggunakan kata lord dalam menyebutkan seseorang yang memiliki kekuasaan, anda juga bisa menggunakan alternatif kata lain, seperti:

  1. Baron = Baron
  2. Captain = Kapten
  3. Czar = Raja
  4. Tsar = Kaisar
  5. Tzar = Kaisar
  6. King = Raja
  7. Lion = Singa
  8. Magnate = Tokoh Terkemuka
  9. Mogul = Monggol
  10. Monarch = Raja
  11. Napoleon = Napoleon
  12. Prince = Pangeran
  13. Tycoon = Raja
  14. Aristocrat = aristokrat
  15. Captain = kapten
  16. Commandant = komandan
  17. Commander = komandan
  18. Count = menghitung
  19. Dad = ayah
  20. Don = mengenakan
  21. Governor = gubernur
  22. Leader = pemimpin
  23. Liege = bawahan
  24. Marquis = marquis
  25. Nobility = kaum bangsawan
  26. Noble = bangsawan
  27. Nobleman = bangsawan
  28. Overlord = tuan
  29. Parliamentarian = anggota parlemen
  30. Patrician = ningrat
  31. Peer = rekan
  32. Potentate = penguasa
  33. Royalty = royalti
  34. Ruler = peraturan
  35. Seigneur = bangsawan
  36. Sovereign = berdaulat
  37. Superior = unggul
  38. Man upstairs = pria di lantai atas
  39. Old man = pria tua
5 dari 5 halaman

Contoh Kalimat dari Kata Lord

Adapun contoh kalimat dari kata lord artinya tuan atau Dewa yang bisa anda ketahui, yakni:

a. He became a lord upon the death of his father.

(Dia menjadi raja setelah kematian ayahnya.)

b. As lords of the local real estate scene, they own nearly all of the city's prime pieces of property.

(Sebagai penguasa dunia real estat lokal, mereka memiliki hampir semua properti utama kota.)

c. He was Lord Chancellor from 1970 until 1974.

(Dia adalah Lord Chancellor dari tahun 1970 hingga 1974.)

d. We will come, if our own lords allow it.

(Kami akan datang, jika tuan kami sendiri mengizinkannya.)

e. He got the only A in the class and was lording it over his classmates.

(Dia mendapat satu-satunya nilai A di kelas dan menguasai teman-teman sekelasnya.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.